Manfaat Ilmu Matematika bagi Peserta Didik dalam Kehidupan Sehari-hari

Mila Sari, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Matematika adalah ilmu yang berisi tentang bilangan, pola, simbol yang juga merupakan ratu dan pelayan dari ilmu lainnya. Matematika masih sering dianggap sebagai pelajaran yang tidak terlalu penting oleh peserta didik. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memahami apa saja manfaat ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, yaitu dengan mencari dan menggabungkan data atau informasi dari berbagai sumber tentang topik yang dibahas. Data penelitian ini berupa data sekunder yang mana bersumber dari internet, artikel maupun buku yang sudah diterbitkan. Hasil dari penelitian ini yaitu 5 manfaat mempelajari matematika bagi peserta didik. Simpulannya adalah bahwa ilmu matematika merupakan ilmu yang sangat penting dan mempunyai manfaat yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci— Kehidupan sehari-hari, matematika, peserta didik

 

 

Abstract— Mathematics is a science that studies numbers, symbols that become queens and servants of other sciences. Mathematics is still often considered be a subject that is not too important for students. Therefore, the purpose of this study is to find out what are the benefits of mathematics in everyday life. The research method used is the literature study, namely by finding and collecting data or information from various sources about the topics discussed. The research data is secondary data sourced from the internet, published articles and books. The results of this study are 5 benefits of learning mathematics for students. The conclusion is that mathematics is an important science and has enormous benefits for everyday life.

Keywords— Everyday life, mathematics, students


Keywords


Everyday life, mathematics, students

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M., Rohani., Siregar, A. U., & Sabri. (2022). Pendidikan matematika realistik untuk membelajarkan kreativitas dan komunikasi matematika. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun self-confidence siswa melalui pembelajaran matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147-153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32. http://dx.doi.org/10.12962/j23373520.v2i1.2856

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157-166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166

Funny, R. A. (2021). Penguatan paradigma siswa SMK penerbangan terhadap peran dan kompetensi matematika bagi masa depan. Jurnal Anugerah, 3(2), 57-68. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3512

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Hikam, N. I. E., dkk. (2021). 30 karya esai matematika dalam kehidupan. Bogor: Guepedia.

Indriani, M. N., & Imanuel, I. (2018). Pembelajaran matematika realistik dalam permainan edukasi berbasis keunggulan lokal untuk membangun komunikasi matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika , 1 , 256-262. Retrived from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19596

Irpan, S. (2015). Praktek konsep-konsep matematika dasar dalam kegiatan jual beli di pasar Gunungsari Lombok Barat. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(2), 193-222. Retrived from http://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/35

Marliani, M. (2021). Matematika dalam aksiologi: Mathematics In Axiology. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 26-31. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2862

Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran tematik terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298-306. Retrived from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1249/pdf

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Jurnal Genta Mulia, 11(1), 6-12. Retrived from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/212

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya di sekolah dasar swasta plus Ar-Rahmaniyah. EDISI, 3(2), 289-298. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1353

Rahmah, Nur. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,1(2), 1-10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Simangunsong, V. H. (2021). Hubungan filsafat pendidikan dan filsafat matematika dengan pendidikan. Sepren, 3(1), 14-25. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.513

Siregar, N. F., & Nasution, E. Y. P. (2019). Pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skills. Curup Annual Conference on Math (CACM), 1(1), 21-26. Retrived from http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/cacm/article/view/10

Siswono, T. Y. E. (2012). Belajar dan mengajar matematika anak usia dini. Seminar Pendidikan Anak Usia Dini,1-9. Retrived from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kehidupan+yang+tidak+lepas+dari+matematika&oq=kehidupan+ya#d=gs_qabs&t=1685593836797&u=%23p%3D0A2EgWC2rbsJ

Situmorang, A. S., & Naibaho, T. (2020). Etnomatematika pada pembelajaran matematika tingkat SD. PROSIDING WEBINAR ETHNOMATEMATICS MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA PASCASARJANA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN, 51-57. Retrived from https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=dari+bangun+tidur+kita+sudah+berhubungan+dengan+matematika&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1685706459270&u=%23p%3DMN-dyl79D_YJ

Ulfah, E. N., & Meiningtyas, D. A. (2021). Penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran matematika berbasis Al Quran. 3(1), 205-210. Retrived from https://seminarmat.ump.ac.id/index.php/semadik/article/view/331

Yunianta, T. N. H. (2013). Seni berpikir kreatif dalam matematika. Satya Widya, 29(2), 120-126. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i2.p120-126


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.