Membangun Karakter Anak Usia Dini melalui Karya Sastra

Kharidatuz Zahra', Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Anak merupakan penentu masa depan bangsa. Sebagai upaya untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang berkarakter baik maka, mengajarkan perilaku baik kepada anak sejak usia dini sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini menunjukkan pengaruh karya sastra pada anak usia dini untuk pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi pustaka (library research) dengan menganalisis sumber data. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari artikel jurnal yang sudah diterbitkan dalam jurnal nasional. Penelitian ini menghasilkan stimulus pada anak usia dini melalui karya sastra dalam membangun karakter. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai moral yang disampaikan melalui karya sastra memiliki peran penting dalam proses pengembangan karakter anak usia dini.

Kata kunci—Anak usia dini, karakter, sastra

 

 

Abstract— Children are the determinants of the nation's future. As an effort to realize the quality of human resources with good character, teaching good behavior to children from an early age is very necessary. The purpose of this research is to show the influence of literature on early childhood for character building. This study uses a qualitative method of library research by analyzing data sources. This study uses secondary data from journal articles that have been published in national journals. This research produces a stimulus in early childhood through literary works in building character. The conclusions from this study indicate that moral values conveyed through literary works have an important role in the process of developing early childhood character.

Keywords— Early childhood, character, literature


Keywords


Early childhood, character, literature

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Antara, P. A. (2019). Implementasi pengembangan karakter anak usia dini dengan pendekatan holistik. Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 17-26. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2

Astuti, C. W. (2015). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1). https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/34/38

Cawelti, J. G. (1969). The concept of formula in the study of popular literature. Journal of Popular Culture, 3(3), 381. https://www.proquest.com/openview/3283564b8ac257419e4e8388c7cb3487/1?pq-origsite=gscholar&cbl=1819044

Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2

Ginanjar, M. H. (2017). Keseimbangan peran orang tua dalam pembentukan karakter anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.27

Hanafi, H. (2017). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI DONGENG. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 3(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/viewFile/9514/6190

Hapidin, H., & Yenina, Y. (2016). Pengembangan model permainan tradisional dalam membangun karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201-212. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.01

Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal pendidikan karakter, 4(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752

Isnanda, R. (2015). Peran pengajaran sastra dan budaya dalam pembentukan karater siswa sekolah dasar. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 174-182. https://doi.org/10.33654/sti.v2i2.405

Juanda, J. (2018). Revitalisasi nilai dalam dongeng sebagai wahana pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 11-18. https://doi.org/10.31849/pb.v5i2.1611

Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 48-59. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112. file:///C:/Users/ACER%20A%20314/Downloads/8785-27883-1-PB-1.pdf

Mahendra, P. K. D., Hasanudin, C., & Mujahidin, A. (2022). SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL THE KING ETERNAL MONARCH 1. Vokal: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, 54-65. https://doi.org/10.33830/vokal.v1i2.3101.

Rahmawati, I. Y., Nurlianharkah, R., Hasanudin, C., & Fadlillah, M. (2021). Aktualisasi Whole Language sebagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 49-60. file:///C:/Users/ACER%20A%20314/Downloads/1797-4499-3-PB-1.pdf

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102. http://dx.doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06

Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(2), 77-85. https://doi.org/10.35706/judika.v6i2.1797

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Silahuddin, S. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 18-41. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/viewFile/1705/1243

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27. https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4/5

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan literasi pada anak usia dini dengan metode mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117-125. http://dx.doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45

Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan strategik pembentukan karakter anak usia dini di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 105-118. https://pdfs.semanticscholar.org/36c4/045bbe2e3de37d2752effafb2cd5a1b268a5.pdf

Wiyatmi, W. (1998). Peran Karya Sastra Sesagai Saizana Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). file:///C:/Users/ACER%20A%20314/Downloads/9030-22332-1-PB.pdf

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=zG9sDAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA78&ots=P8flfQJU1w&sig=Eqzit4SVa5_FKLlSjRQYp099XOA&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.