Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika

Indah Wahyuni, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak: Etnomatematika adalah sesuatu yang bisa digunakan untuk menggabungkan matematika degan budaya. Agar budaya dan matematika dapat berjalan beriringan dan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui apa saja peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika serta dapat mengubah stigma negativ peserta didik tentang matematika. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Metode studi (library research) sendiri adalah metode mengumpulkan, mempelajari,dan memahami  teori dari berbagai literature  yang ada pada sebuah penelitian. penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari artikel penelitian yang dipublikasi dan berkaitan dengan judul yang telah ditentukan. Data yang dikumpulkan menggunakan Teknik simak bebas libat, cakap, dan catat. Hasil penelitian ini dapat mengetahui peran penting etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Simpulan penelitian ini adalah dapat mengetahui peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika ialah etnomatematika dapat mengubungkan matematika dengan budaya, mengubah stigma negative tentang matematika, membuat peserta didik lebih antusias mengikuti pembelajaran matematika serta dapat melatih pendidik agar kreatif dan inovatif dalam penyampaian materi matematika dengan suatu kebudayaan yang ada.

Kata kunci: etnomatematika, pembelajaran matematikaivering mathemat

Abstract: Ethnomathematics is something that can be used to combine math with culture. So that culture and math can go hand in hand and are more easily understood by students. The purpose of this research is used to find out what role ethnomathematics plays in learning mathematics and can change the negative stigma of students about mathematics. The research method used is the study method (library research) itself is a method of collecting, studying, and understanding theories from various existing literature on a study. this research is secondary data derived from published research articles and related to the predetermined title. The data collected using the technique of listen engagement-free, talk, and take notes. The results of this study can determine the important role of ethnomathematics in learning mathematics. The conclusion of this study is that it can find out the role of ethnomathematics in learning mathematics, namely ethnomathematics can connect mathematics with culture, change the negative stigma about mathematics, make students more enthusiastic about learning mathematics and can train educators to be creative and innovative in delivering mathematics material with an existing culture.

Keyword: Ethnomathematics, Learning mathematics

 

 


Keywords


Ethnomathematics, Learning mathematics

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Andriono, R. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/6370.

Fajriyah, E. (2018, February). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 114-119). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589/9497.

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi etnomatematika dalam pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255-262. Doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107.

Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika (1995-2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 427-438.Retrieved from http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/276.

Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada gerabah mlaten. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438-453. Doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.257.

Putra, A. P. (2022). Peran Etnomatematika Dalam Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Intersections, 7(2), 1-9. https://doi.org/10.47200/intersections.v7i2.1312.

Ramadhani, A. (2023). Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(1), 53-68. Doi: https://doi.org/10.58355/competitive.v2i1.16.

Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika: Alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89-110. Retrived from https://www.jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/6.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY, 1(1), 14-118. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/18454275.pdf.

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40. Retrieved from http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.