Peran Evaluasi Pembelajaran di SMA

Moh Makinun Affan, Muhammad Rizki Fadhillah, Muhammad Sholehuddin

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran. Di setiap akhir pembelajaran. Pada masanya tentu kualitatif untuk belajar dimana masing-masing kualitas ini tidak mencukupi, jadi itu perlu penilaian pembelajaran harus digunakan untuk perbaikan sistem dan kualitas pembelajaran. Institusi pendidikan manapun anda harus mengetahui kekuatan, kelemahan dan hambatan dunia pendidikan. Kemudian lembaga pendidikan juga harus ada perencanaan atau strategi dalam evaluasi pendidikan. Jadi penulis mencoba menganalisis bagaimana kualitas dapat ditingkatkan dalam sistem pembelajaran di dunia pendidikan.  

Kata kunci— Evaluasi, Pembelajaran

 

 

Abstract— This study aims to describe the evaluation of learning. At the end of each lesson. At times it is certainly qualitative for learning where each of these qualities is not sufficient, so it is necessary that learning assessment should be used for the improvement of the system and quality of learning. Any educational institution you must know the strengths, weaknesses and obstacles in the world of education. Then educational institutions must also have a plan or strategy in educational evaluation. So the author tries to analyze how quality can be improved in the learning system in education.

Keywords— Evaluation, Learning


Keywords


Evaluation, Learning

Full Text:

PDF

References


Agus, F. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.

Awaludin, B. A. (2014). Kesiapan Kerja Siswa SMK Pengaruh Pengalaman Praktek, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan Dan Aspek Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Di SMK ,4(3), 164–180.

Cahya, S. B. (2015). Pengaruh Disiplin dan Partisipasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Melaksanakan Komunikasi Bisnis SMK Di Kecamatan Dawarbladong Dengan Percaya Diri sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Informasi dan Pemodelan Kimia, 3(9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar Edisi:1. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, NU, & Murti, TK (2018). Analisis biaya pendidikan dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap keputusan siswa memilih sekolah di smp negeri 1 karangrejo tahun ajaran 2017/2018 EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembellajarannya, 7(1), 33-39. http://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3839.

Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kemandirian Guru Dan Awaludin, BA Kepala Sekolah). Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaodih, N. (2009). Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022, June). Pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri), 1(1) (1-9). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1266.

Uno, Hamzah B., & Umar, Masri Kuadrat. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Widarto. (2011). Pengembangan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Vokasimelalui Clop-Work. Yogjakarta: Paramitra Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.