Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tentang Pembelajaran Matematika

Bima Adi Saputra, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrakMinat adalah suatu hasrat setiap individu untuk mengikuti apa yang mereka inginkan dan ketahui, contoh minat terhadap mata pelajaran matematika menandakan bahwa kita suka dan cinta dengan pelajaran matematika.Penelitian ini punya tujuan agar siswa siswi yang jengkel,males,bosen,tidak suka matematika menjadi siswa siswi yang asik dalam matematika.Dalam penelitian ini saya memakai metode yang tepat yaitu pakai kuantitatif dan kualitatif tunggu saja saya sedang berusaha keras untuk menyelesaikan penelitian ini dengan baik dan benar.Hasil yang saya dapatkan dari penelitian ini yaitu agar belajar pelajaran matematika menjadi menyenangkan adalah dengan berbagai cara seperti pemberian hadiah, pembelajaran matematika melalui permainan, belajar melalui Vidio dan lain lain.Simpulan ternyata pembelajaran matematika tersebut mengasikkan bagi guru dan murid apabila kita bisa memakai cara yang tepat agar tidak jenuh dan tidak ribet.

Kata kunciMinat, Pembelajaran Matematika, Belajar

 

AbstractInterest is the desire of every individual to follow what they want and know, an example of interest in mathematics indicates that we like and love mathematics. This research aims to make students who are irritated, lazy, bored, do not like mathematics become students who are engrossed in mathematics. In this study I used the right method, namely using quantitative and qualitative, just wait. is in various ways such as giving gifts, learning mathematics through games, learning through videos and others.In conclusion, it turns out that learning mathematics is fun for teachers and students if we can use the right method so that it is not boring and not complicated

KeywordsInterest, Learning Mathematics, Learning


Keywords


Interest, Learning Mathematics, Learning

Full Text:

PDF

References


Agus, S. 2010. Cooperative learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

David, Y. D.,& Sternberg, R.J. (2004). Motivation, emotion, and cognition: Integrative perspectives on intellectual functioning and development. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Fifko, H. (2017). Meningkatkan minat belajar matematika melalui media dekak multifungsi di Sekolah Dasar. BASIC EDUCATION, 6(3), 215-222. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/6625/6391.

Hasanah, M. N. (2015). Upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika dengan pendekatan contextual teaching and learning siswa kelas VIIIC SMP N 2 Nanggulan Kulon Progo. Universitas PGRI Yogyakarta. http://repository.upy.ac.id/258/1/Artikel%20Melinda%20Nur%20Hasanah%20%2811144100092%29.pdf.

Inawati, M. (2011). Meningkatkan minat mengenal konsep bilangan melalui metode bermain alat manipulative. Diunduh dari situs http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.1-10%20Meningkatkan%20Minat%20Mengenal%20Konsep%20Bilangan%20Manipulatif.pdf pada tanggal 10 Mei 2012.

Irwan. 2022. Jangan Pernah Takut Belajar Matematika Karena Matematika Itu Menyenangkan Loh. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/artikel-jangan-pernah-takut-belajar-matematika-karena-matematika-itu-menyenangkan-loh-oleh-irwan-s-pd-m-pd/.

Levine, M. (2004). Menemukan bakat istimewa anak. Jakarta: Gramedia.

Mardapi, D. 2008. Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta : Mitra Cendikia Offset.

Marisa, M. (2010). Belajar matematika yang menyenangkan melalui metode permainan. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 5(1), 105-110. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/7662.

Marzuki. (2006). Pemutakhiran pembelajaran di Sekolah Dasar melalui teknologi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Pontianak: UNTAN

Munandar, U. (1999). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: Gramedia.

Neelkamal. (2004). Educational psychology. New Delhi: Neelkamal publications PVT.LTD. Edu- cational Publishers.

Putro, W.P.E. (2008). Pendidikan matematika pada anak usia dini. Diakses dari situs http://researchengines.com/widarso0508.html pada tanggal 10 Mei 2012

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237-244. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/16494.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto. 2009. Model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Utami, W. Y. D. (2013). Meningkatkan minat belajar matematika melalui permainan teka-teki. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 8(1), 1-9. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/260125-meningkatkan-minat-belajar-matematika-me-b9ffa37d.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.