Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Persamaan Linier Kelas X-2 SMA N 1 Kedungadem Bojo-negoro Tahun 2022/2023

Reni Sofianingsih, Dian Ratna Puspananda, Ayu Fitrianingsih

Abstract


Abstrak— Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas X-2 dan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi persamaan linier siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Kedungaden Bojonegoro. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Kedungadem yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan observasi. Penelitian Tindakan kelas ini dilaaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdapat tahapan perencanaan, Tindakan, pengamatan dan refleksi. Refleksi yang dimaksudkan untuk menggali strategi penyusunan alternatif penyempurnaan pada tahap berikutnya. Dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi persamaan linier kelas X-2 SMA Negeri 1 Kedungadem Bojonegoro terjadi peningkatan hasil belajar siswa karena dengan pembelajaran berdiferensiasi siswa belajar sesuai kemauan dan kemampuan siswa sesuai profil belajar mereka dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Peningkatan hasil belajar siswa pada materi persamaan linier sebelun siklus ke siklus I yaitu nilai rata-rata kelas sebelum siklus sebesar 45,5 mengalami peningkatan sebesar 63,8 pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 84,9 pada siklus II. porsentase peningkatan hasil belajar sebesar 40,2% pada siklus I menjadi sebesar 86,4% pada siklus II.

Kata kunci—Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar Siswa, Tindakan Kelas

 

 

Abstract— This class action research aims to find out how to apply differentiated learning in class X-2 and to improve learning outcomes in the material of linear equations for class X-2 students of SMA Negeri 1 Kedungaden Bojonegoro. The subjects of this research were 35 students of class X-2 of SMA Negeri 1 Kedungadem. Collecting data using test and observation techniques. This class action research was carried out in 2 cycles. Each cycle has stages of planning, action, observation and reflection. Reflection intended to explore alternative strategies for improvement at the next stage. By applying differentiated learning to linear equation material for class X-2 SMA Negeri 1 Kedungadem Bojonegoro there was an increase in student learning outcomes because with differentiated learning students learned according to their will and abilities according to their learning profiles with visual learning styles, auditory learning styles and kinesthetic learning styles. The increase in student learning outcomes in the material of linear equations before cycle to cycle I, namely the class average value before the cycle of 45.5 experienced an increase of 63.8 in cycle I and increased again by 84.9 in cycle II. the percentage increase in learning outcomes was 40.2% in cycle I to 86.4% in cycle II.

Keywords— Differentiated Learning, Student Learning Outcomes, Classroom Actions


Keywords


Differentiated Learning, Student Learning Outcomes, Classroom Actions

Full Text:

PDF

References


Ai Muflihah, 2021. Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1).

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto & Suharsimi. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dedi Haryadi.2006. Modul Matematika teknologi, Kesehatan dan Pertanian untuk SMK kelas X. Jakarta: Yudhistira.

Fadillah. (2021). Kegiatan Belajar Mengajar Yang Efektif dengan Melibatkan Siswa Secara Efektif. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/kegiatan-belajar-mengajar-yang-efektif-dengan-melibatkan-siswa-secara-aktif?/.

Hikmah, N. (2016). Peningkatan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui alat peraga mistar bilangan pada siswa kelas iv SDN 005 Samarinda Ulu. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 80-85.

Iskandar Dedi, 2022. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140. http://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48.

Laia, indah Septa Ayu. 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8255.

Purwanto. 2011. Evaluasi dan Hasil Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Sugiono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwartiningsih. (2021). Jurnal Pedidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2797-2879. http://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39.

Wahyuni, Ayu Sri. 2022. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 2621-9166 https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.

Yulianto Hanif Sri. (2022). Pengertian PTK Beserta Tujuan dan Fungsinya https://www.bola.com/ragam/read/5049855/pengertian-ptk-beserta-tujuan-dan-fungsinya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.