Pemanfaatan Animaker sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika

Henisa Muliasari, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan di jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengan Pertama, dan Sekolah Menengah Atas yang menjadi dasar bagi pelajaran lain dan dapat membantu manusia untuk memahami dan menghadapi masalah-masalah sosial, ekonomi, dan alam. Karena pentingnya matematika dalam kehidupan maka. Tujuan penelitian ini adalah memberi solusi kesulitan belajar matematika siswa, agar diterapkan dan berguna dimasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Data penilitian ini berupa data sekunder yang berkaitan dengan topik bembelajaran menggunakan aplikasi animaker, topik tentang media pembelajaran, dan topik tentang pelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini adalah mengenalkan dan menjelaskan penggunakan animaker dalam kegiatan belajar matematika. Simpulan dari penelitian ini bahwa animaker bisa mempermudah kegiatan belajar matematika para siswa.

 

Abstract— Mathematics is a subject taught at the elementary, junior high and high school levels which forms the basis for other subjects and can help humans to understand and deal with social, economic and natural problems. Because of the importance of mathematics in life then. The purpose of this study is to provide solutions to students' learning difficulties in mathematics, so that they can be applied and useful in society. This research uses the method of library research (library research). This research data is in the form of secondary data related to learning topics using the animaker application, topics about learning media, and topics about mathematics lessons. The result of this research is to introduce and explain the use of animaker in mathematics learning activities. The conclusion from this research is that animaker can facilitate students' mathematics learning activities


Keywords


mathematics, learning media, animaker

Full Text:

PDF

References


Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35. https://www.academia.edu/download/30484693/jiptiain--umarhadini-8584-5-baii.pdf

Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan Media Animaker Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas Iv Sd Ump. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608.

Muhajir, F. F., Tjahjono, B., & ... (2022). Desain pengembangan bahan ajar digital berbantuan aplikasi animaker pada mata kuliah pendidikan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). JTKSI (Jurnal Teknologi …, 5(2), 87–93. http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/jtksi/article/view/1134

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 2.

Rohani, R. (2020). Media pembelajaran. http://repository.uinsu.ac.id/17641/1/Diktat%20Media%20Pembelajaran%20Naik%20Pangkat.pdf

Sidabutar, N. A. L., & Reflina, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SMA dengan Aplikasi Animaker pada Materi Vektor. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1374–1386. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1362

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29–38. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.29


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.