Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Persepektif Technology Accepetance Model

Siti Amanatus Solikhah, Hajar Rohmadi Kusuma Putra, Melinda Aliana Kartika Wati

Abstract


Abstrak—Dari kemajuan teknologi menyebabkan pola pikir masyarakat dan gaya hidup meningkat, dilihat dari kemudahan serta kemanfaatan adanya e-commerce yang mempengaruhi perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan non-probability sampling, jumlah sampel 55. Hasil hipotesis secara parsial diperoleh persepsi kemudahan e-commerce, persepsi kemanfaatan e-commerce berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Hasil hipotesis secara simultan diperoleh persepsi kemudahan e-commerce, persepsi kemanfaatan e-commerce secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.

 

Abstract—From technological advances causing people’s mindsets and lifestyles to increase, seen from the ease and benefits of e-commerce that affect consumptive behavior. This study aims to determine the effect of perceived convenience and perceived usefulness of e-commerce on student comsumptive behavior. Sampling technique with non- probability sampling, the number of samples is 55. The results of the hypothesis partially obtained the perception of the ease of e-commerce, the perception of the usefulness of e-commerce has a significant effect on student consumptive behavior. The results of the hypothesis simultaneously obtained the perception of the ease of e-commerce, the perception of the usefulness of e-commerce together has a significant effect on student consumptive behavior.


Keywords


perceived convenience, perceived usefulness, consumptive behavior, technology accepetance model

Full Text:

PDF

References


Andrian. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14–24. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430

Annisa S., Z. (2018). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Perempuan Penggemar K-Pop.

Bimaniar, I. M., Mawarni, A., Agushybana, F., dan Dharmawan, Y. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsikemanfaatan Dengan Niat Untuk Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Surveillance Kesehatan Ibu Dan Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Fikri, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Shopeepay Sebagai Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEB USU (Vol. 17, Issue 2).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam IMB SPSS 25 edisi ke-9. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Jannah, M. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif untuk psikologi. UNESA UNIVERSITY PRESS.

Jogiyanto, H. M. (2019). Kajian Topik-Topik Mutakhir dan Agenda Riset ke Depan.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., dan Harlina, D. (2017). JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). 2(2), 1–6. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti

Marcelina, S., dan Restuti, M. (2023). Manfaat E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi: Pendorong Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 8(1), 19–30. https://doi.org/10.29303/jaa.v8i1.226

Minan, K. (2021). Analisis Pendekatan Metode TAM Pada Penggunaan Aplikasi E-Commerce. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1118

Mujahidin, A., dan Pristian Fitri Astuti, R. (2020). Pengaruh Fintech e-wallet Terhadap Perilaku. Jurnal Inovasi Bisnis 8.

Mulyati, S. (2023). Pengaruh Transaksi E-Commerce Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i1

Nurjannah dkk, (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Sebagai Dampak Perkembangan E-Commerce. 11(2). https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p1

Nurmalia, V. D., dan Wijayanti, L. E. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Secara Online.

Oktaviani, M., Sari, I. P., Dan Miftah, Z. (2023). Pengaruh E-Commercedan Financial Technologyterhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Applied Business and Economic.

Rachmat, S. A. (2023). Pengaruh Persepsi Testimoni, Persepsi Kualitas Layanan, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen E-commerce Tokopedia Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Depok, Jawa barat (Vol. 5).

Tasmil, & Herman. (2015). Penerapan Model TAM untuk Menilai Tingkat Penerimaan Nelayan terhadap Penggunaan GPS Fisherman Acceptance of GPS Technology Based on Technology Acceptance Model. In Jurnal Pekommas (Vol. 18, Issue 3).

Utami, M. M., dan Hanum, A. N. (2010). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi word of mouth mahasiswa Unimus. Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Vaicondam, Y. (2020). Hypermarkets‟ E-commerce Adoption among Youth in Puchong, Malaysia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(1), 766–773. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i1/pr200180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.