Penerapan Metode Open Ended dalam Pembelajaran Matematika

Rhavina Arlica Lutfiyani, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Matematika merupakan ilmu yang di ajarkan dari sekolah dasar hingga sekolah lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa seberapa besar kemampuan yang telah di miliki maupun di kuasai. Metode penelitian yang di gunakan adalah studi Pustaka dengan pengumpulan data yang releven. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan metode open ended dapat mempermudah siswa dalam menemukan seberapa besar kemampuan yang telah di miliki serta dapat melatih mereka untuk berfikir kritis.

 

Abstract— Mathematics is a science that is taught from elementary school to high school. This study aims to Determine the learning outcomes of students how much ability they have or have mastered results. The research method used in this studr is literature study with relevant data collection. The result and discussion show that the application of the open ended method can make it easier for student to find out how much ability they already have and can train them to think critically.


Keywords


mathematics, learning mathematics, open ended

Full Text:

PDF

References


Anggraini,Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415-2422.

https://drive.google.com/drive/foldera/1jYqNRJBzZtz BUhmQ6JNueunf0iFAt3e?usp=sharing.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika.

Mahmudi, A. (2006). Pengembangan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran matematika. https://doi.org/10.32672/si.v13i2.471

Netriwati, M. S. L.,& Lena, M. S. (2018). Media pembelajaran matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Saragih, LM, Tanjung, DS, & Anzelina, D. (2021). Pengaruh model pembelajaran open ended terhadap Hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Jurnal Basicedu, 5 (4), 2644-2652.

Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan pendekatan open ended untuk meningkatkan Kemampuan berfikir kritis siswa pada materi aljabar kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (jurnal pendidikan matematika Indonesia), 1 (1), 20-24.

Semnas matematika dan Pendidikan matematika, 2 (3), 231-234.

Setiana, DS (2016). Komparasi penerapan metode pembelajaran Ctl dan open ended dengan memperhatikan gaya belajar di tinjau dari prestasi belajar matematika. SOSIOHUMANIORA: Jurnal ilmiah ilmu sosial dan humaniora, 2 (2).

Siregar, S. (2019). Penerapan model pembelajaran open ended terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa di tinjau dari pola asuh orang tua. Pasundan journal of mathematics education jurnal Pendidikan matematika, 9 (1), 31-43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.