Analisis Kesalahan Kalimat pada Teks Eksplanasi Karangan Siswa SMA Muhammadiyah 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2022/2023

Maharani Wahyu Awallianti, Bagiya Bagiya

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan kalimat pada karangan teks eksplanasi siswa SMA Muhmmadiyah 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik dokumentasi. Dalam analisis data digunakan metode agih dengan teknik lesap, teknik sisip dan teknik ganti. Dari hasil penelitian ini ditemukan kesalahan kalimat dalam teks eksposisi karangan siswa SMA Muhammadiyah 1 Wonosobo tahun pelajaran 2022/ 2023 tersebut berupa kesalahan dalam kelugasan, kesalahan dalam ketepatan, kesalahan dalam kejelasan, kesalahan dalam kehematan, dan kesalahan dalam kesejajaran. Selanjutnya, hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.

Kata kunci— Kesalahan Kalimat, Teks Eksplanasi

 

Abstract—This study aims to describe sentence errors in an essay on explanatory text by students of SMA Muhmmadiyah 1 Wonosobo for the 2022/2023 academic year. This type of research is a qualitative research using a descriptive approach. In collecting data used documentation techniques. In data analysis, the distribution method was used with the disappearance technique, insertion technique and replacement technique. From the results of this study, it was found that there were sentence errors in the exposition text written by Muhammadiyah 1 Wonosobo High School students in the 2022/2023 academic year in the form of errors in straightforwardness, errors in accuracy, errors in clarity, errors in thrift, and errors in alignment. Furthermore, the results of data analysis are presented using informal techniques.

Keywords— Sentence Errors, Explanatory Text


Keywords


Sentence Errors, Explanatory Text

Full Text:

PDF

References


Amral, S., Waode, A. D. G. (2017). Kesalahan penggunaan kalimat efektif pada tugas keterampilan menulis karangan eksplanasi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Aksara). 3(1), 76-86. Doi http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v3i1.101.

Dari, S. W., Ellya R., Yulianti R. (2017). Keefektifan kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas VII MTS Diniyah Pandai Sikek. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2), 353-361. Doi https://dx.doi.org/10.24036/8660-019883.

Ghofilah, Bahiya, Suyanu, Mahmudi, E. (2022). Penggunaan kalimat efektif dalam menulis teks eksplanasi siswa. Jurnal Of Classroom Action Research. 4(4), 104-109. Doi https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2244.

Habibah, Nurul, Bagiya, Umi, F. (2015). Analisis kesalahan kebahasaan pada hasil karangan siswa kelas X SMK Tamtama Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 dan skenario pembelajarannya di kelas X SMA. Jurnal Surya Bahtera. 3(28).

Iriany, R., Nuzul T. (2021). Analisis kesalahan penyusunan kalimat efektif dalam karangan deskriptif pada siswa kelas XI SMA Jaya Negara Makassar. Edusimpul Jurnal Pendidikan. 5(1), 627-640. Doi https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2049.

Jiwandi, W. I, Khabib S., Bagiya. (2017). Peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks melalui teks berita dengan metode stand pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Surya Bahtera. 5(46), 423-430. Doi http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1394.

Khusnika, R. M. V., I Nyoman S. (2020). Ketidakefektifan kalimat dalam surat pembaca Bali Post periode Januari—Agustus 2020. Journal of Arts and Humanities (Humanis). 25(3), 367-378. Doi https://doi.org/10.24843/JH.2021.v25.i03.p14.

Listika, M. S., Nafri Y. (2019). Penggunaan kalimat efektif pada artikel Open JournalSystem (OJS) Korpus. Jurnal Ilmiah Korpu. 3(2), 183-190.

Ngulumiyah, H., Bagiya, Joko. (2014). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII SMP dan skenario pembelajarannya di SMK. Jurnal Surya Bahtera. 2(16).

Nurhayatin, T., Feby I., Arifin A. (2018). Analisis keefektifan penggunaan kalimat dalam karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd). 4(1), 102-114. Doi http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2911.

Nuthihar, R., Mursyidin, Wahdaniah. (2020). Karakteristik ragam bahasa hukum dalam persidangan di Pengadilan Negeri Banda Aceh. Jurnal MetamorfosaI. 8(1), 90-104 https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i1.343.

Sari, E. Y., Gifta S. A., Rizqi Q., Chafit U. (2021). Analisis kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada surat edaran Universitas Sebelas Maret semester genap tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (RPP). 4(2), 322-329. Doi https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3115.

Sari, N., Syahriandi, Rani A. P. 2021. Analisis keefektifan kalimat dalam Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Kande). 2(1),151-160). Doi https://doi.org/10.29103/jk.v2i1.4687.

Sulastri, V., Putri A. H., Devi C.H., Dra Inayah H.MPd. (2019). Penggunaan kalimat efektif pada majalah terbitan Persma Kreatif UNIMED. Digital Repository Universitas Negeri Medan. 2(1), 43-49. Doi http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38885.

Tira, V. A., Bambang E. H. C., Dhika P. (2021). Penggunaan preposisi dalam kumpulan dongeng di Aplikasi Kumpulan Dongeng. Widyabastra. 09(2), 41-54. Doi http://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i2.11663.

Trismanto. 2016. Kalimat efektif dalam berkomunikasi. Jurnal Polines. 2(1), 34-39. Doi http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v2i1,%20April.708.

Widwiarti, Yudha. (2020). Analisis kesalahan berbahasa dalam penulisan lamaran pekerjaan. Jurnal Ilmiah Sarasvati. 2(1), 18-33.

Zulfadhli, M., Haris H., Agustin, R L. (2022). Analisis kemampuan penulisan kalimat efektif mahasiswa di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra (GERAM Gerakan Aktif Menulis). 10(2), 42-51. Doi https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(2).10650.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.