Peran Media Sosial Youtube dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika bagi Siswa

Heru Arian, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Di abad 21 ini kemajuan teknologi sangat pesat salah satunya di bidang Pendidikan. Untuk meningkatkan pemahaman siswa perlu adanya penunjang media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya youtube bagi siswa dalam belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka (library research) yang merupakan penelitian yang diperoleh dari artikel hasil penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan tentang 4 peran youtube. Simpulan penelitian ini bahwa siswa dan pendidik diharapkan mampu memanfaatkan youtube dengan baik.

Kata kunci— Matematika, Media sosial, Youtube

Abstract— In the 21st century, technological progress is very rapid, one of which is in the field of education. To increase students' understanding, it is necessary to have learning support media. The purpose of this research is to find out how influential YouTube is for students in learning mathematics. The method used in this research is the library research method which is research obtained from research articles that have been published in national journals. The results of this study are to explain the 4 roles of YouTube. The conclusion of this research is that students and educators are expected to be able to use YouTube well.

Keywords— Math, Media social, Youtube


Keywords


Math, Media social, Youtube

Full Text:

PDF

References


Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20966.

Arham, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran. Academia Education, 1(1), 1-13. Retrieved from https://www.academia.edu/download/63960854/Artikel_Mutmainnah_Arham20200719-31533-e13121.pdf.

Ardiansyah, M. A. M., & Nugraha, M. L. (2022, January). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828.

Habibah, S. (2017). Implikasi Filsafat Ilmu terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 166-180. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v4i1.693.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54.

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159. http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.588.

Mulyani, F., & Haliza2, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.83.

Maula, I., Pambudi, A. S., & Rohmah, Z. (2018). Perkembangan Matematika dalam Sejarah Peradaban Islam. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1, 115–119. Retrieved from http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/19.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950.

Simanjuntak, J., Simangunsong, M. I., Tiofanny, S., & Naibaho, T. (2021). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi. SERPEN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 32-39. Retrieved from https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/download/512/222.

Sari, D. P., Isnurani, I., Rahmat, U., & Aditama, R. (2020). Penerapan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari di SMAN 6 Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 2(2), 134-140. http://dx.doi.org/10.35671/jpmm.v2i2.1136.

Yuniani, A., Ardianty, D. I., & Rahmadani, W. A. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Peran Media Sosial dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMA. Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(01), 18-24. https://mail.ejurnalunsam.id/index.php/JPFS/article/view/1727.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.