Manfaat Penggunaan Media Alat Peraga pada Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat

Nurul Septian, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Operasi bilangan bulat adalah perlakuan dalam sebuah bilangan yaitu kegiatan menjumlah, membagi, mengalikan dan mengurangi. Untuk mengatasi kesulitan dalam materi operasi bilangan bulat maka, tujuan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media alat peraga dapat mempermudah dalam pembelajaran operasi bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang mencari sumber dari berbagai sumber data baik artikel, jurnal, maupun buku. Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari artikel maupun buku yang sebelumnya telah di publikasi. Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai 5 manfat media alat peraga dalam pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah dengan adanya manfaat media berupa alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar sehingga dapat menunjang dalam pembelajaran operasi bilangan bulat.

Kata kunci—Media, Alat Peraga, Operasi Bilangan Bulat

 

Abstract— Integer operations are the treatment of a number, namely the activities of adding, dividing, multiplying and subtracting. To overcome difficulties in integer operations material, the purpose of this study is to use teaching aids to facilitate learning of integer operations. This study uses a literature study method that seeks sources from various data sources, both articles, journals and books. The data for this study used secondary data obtained from articles and books that had previously been published. The results of this study are to explain the 5 benefits of visual aids in learning. The conclusion of this study is that the benefits of media in the form of visual aids can improve learning outcomes so that they can support the learning of integer operations.

Keywords— Media, Props, and Integer Operations


Keywords


Media, Props, and Integer Operations

Full Text:

PDF

References


Ajizah, N. (2013). Perbandingan daya nalar matematika antara siswa yang menggunakan tes pilihan ganda dengan tes uraian terstruktur (Studi Kasus di MTsN Cirebon II). Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Retrived from http://repository.syekhnurjati.ac.id/1582/1/NUR%20AJIZAH_58451122_ok.pdf.

Andri, A., Dores, O.J, & Lina, A.H (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa SDN 01 Nanga Kantuk. J-PiMat , 2 (1), 158-167. https://dx.doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.688.

Arifuddin, A., & Arrosyid, R.S. (2017). Pengaruh metode demonstrasi dengan alat peraga jembatan garis bilangan terhadap hasil bilangan matematika materi bilangan bulat. Al ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 156-178. Https://10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834.

Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban , 5(1). Retrived from http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/al-afkar/article/download/108/104.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh tingkat konsentrasi belajar siswa terhadap daya pemahaman materi pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30-33. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33.

Benge, Y., Peni, N., & Meke, K.D.P. (2021). Identitas kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat pada siswa smp kristen tahun pelajaran 2021/2022. Mega: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-99. https://doi.org/10.59098/mega.v2i2.500.

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran minat dan interaksi siswa dengan guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161.

Hermawan, A. (2005). Penelitian bisnis: Paradigma Kuantitatif. Jakarta: PT. Grasindo.

Husna, E. N., Rezani, R. M., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 704-707. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4465.

Ilma, R. (2011). Implementasi alat peraga operasi bilangan bulat bagi guru sekolah dasar (Sd) se kecamatan ilir barat I Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 73-78. https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.823.

Juwairiyah, J. (2013). Alat peraga dan media pembelajaran kimia. Visipena, 4(1), 1-13.

Khotimah, S. H., & Risan, R. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108.

Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat disekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139-1148. https://10.31004/basicedu.v5i3.831.

Musa, S. (2018). Alat Peraga Matematika. Sulawesi Selatan: Aksara Timur.

Muthoharoh, M. (2019). Media powerpoint dalam pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21-32. Retrived from http://www.e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/66.

Nasaruddin. (2015). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Al Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21-30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232.

Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi operasi bilangan cacah siswa sekolah dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 3(1), 171-187. Retrived from https://core.ac.uk/download/pdf/268180802.pdf.

Pratama, G. (2020). Analisis transaksi jual beli online melalui marketplace shoppe sesuai konsep bisnis di masa pandemi. Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/130.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31. http://dx.doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320.

Putri, F.T. (2020). Generasi Hebat Generasi Matematika Matematika. Jawa Tengah: PT. Nosya Ekspanding Management.

Rahadi, K. (2005). Pragmatig: Kesatuan Imperaktif Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Rachmawati, T. N., & Supardi, Z.I. (2021). Analisis model conceptual change dengan pendekatan konflik kognitif untuk mengurangi miskonsepsi fisika dengan library research. Pendipa Journal Of Science Educatio, 5(2), 133-142. Retrived from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/14142.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al- Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. http://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.88.

Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan kreativitas siswa sekolah dasar melalui pembelajaran matematika open-ended. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(02). http://doi.org/10.25273/pe.v3i02.275.

Sidik, G.S., & Wakih, A.A. (2019). Kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar pada operasi hitung bilangan bulat. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 461-470. https://doi.org/10.35568/naturalistik.v4i.633.

Sitanggang, A. (2013). Alat peraga matematika sederhana untuk sekolah dasar. Medan: Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara. https://www.academia.edu/download/37171913/ALAT-PERAGA-SEDERHANA.pdf.

Suprayanti, I., Ayub, S., & Rahayu, S. (2016). Penerapan model pembelajaran discovery dengan bantuan alat peraga sederhana untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 5 Jonggat tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi , 2 (1), 30-35. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.285

Ugi, L.E., Herlawan., & Wulandari, D.S.S. (2021). Pengenalan Konsep Operasi Bilangan Bulat. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Unaenah, E., Khofifaturahmah, M., Padyah, P., & Nurbaiti, L. (2020). Pembelajaran matematika operasi hitung bilangan bulat dengan alat peraga. PENSA, 2(1), 117-124. Retrived from https://www.ejournal.stitpn.ad.id/index.php/pensa.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.