Pemanfaatan Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika

Rika Wijayanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Langkah awal yang dilakukan dalam proses pembelajaran matematika adalah melakukan pendahuluan. (Anitra, 2021) menyatakan, mata pelajaran matematika adalah materi yang saling berhubungan. Satu sama lain, dan juga sebagai pelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran lainnya di sekolah dasar, hal ini menunjukkan bahwa matematika tidak hanya belajar bagaimana menghitung, tetapi juga dapat di terapkan pada mata pelajaran lainnya. (Handayani, & Solihah, 2022) menyatakan dalam proses belajar, ada empat komponen penting yang mempengaruhi kesuksesan belajar siswa yaitu:  bahan pengajaran, suasana belajar, media belajar, dan sumber belajar, guru sebagai subjek pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (Library Research). Penelitian metode pustaka adalah teknik yang rangakaian kegiatannya berkenan dengan pengumpulan data pustaka (Tahmidaten & Krismanto, 2020). Teknologi zaman sekarang sudah maju, semua negara bergantung pada teknologi, seperti Indonesia juga menggunakan teknologi sebagai bahan acuhan dalam pembelajaran contohnya aplikasi photomath yang dapat digunakan siswa sebagai alat pembelajaran, memudahkan siswa menyelesaikan isu-isu matematika dengan cara memotret di aplikasi photomath.

Kata kunci—Aplikasi Photomath, Pembelajaran, Matematika

 

 

Abstract—The first step taken in the process of learning mathematics is to do an introduction. (Anitra, 2021) stating that mathematics is material that is interconnected. One another, and also as a subject related to other subjects in elementary schools, this shows that mathematics is not only learning how to count, but can also be applied to other subjects. (Handayani, & Solihah, 2022) stating, In the learning process, there are four important components that influence student learning success, namely: teaching materials, learning atmosphere, learning media, and learning resources, the teacher as a learning subject. This research uses the method of library research (Library Research). Library method research is a technique whose activities are concerned with collecting library data (Tahmidaten & Krismanto, 2020). Today's technology is advanced, all countries depend on technology, for example Indonesia also uses technology as a reference material in learning, for example the photomath application that students can use as a learning tool, making it easier for students to solve mathematical issues by taking pictures in the photomath application.

Keywords—Applications of Photomath, Learning, Mathematics  


Keywords


Applications of Photomath, Learning, Mathematics

Full Text:

PDF

References


Anitra, R. (2021). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pembelajaran+kooperatif+tipe+jigsaw+dalam+pembelajaran+matematika+di+sekolah+dasar&btnG=#d=gs_qabs&t=1687796499172&u=%23p%3DO7J6EjOknxYJ

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v5i2.4747.

Dewi, I. W. D. P., & Handayani, I. G. A. (2022). Peranan aplikasi photomath dalam pembelajaran matematika di era literasi digital (kajian pustaka). Suluh Pendidikan, 20(1), 94-101. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v20i1.411.

Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. http://doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868.

Handayani, S. D., & Solihah, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi PhotoMath dan Aplikasi YHomework pada Pembelajaran Matematika. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.30998/kapas.v1i1.1208.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.