Analisis Kesalahan Kalimat Sintaksis (SPOK) pada Teks Narasi Ka-rangan Siswa SD Negeri Simo

Aghnina Nuriyana, Ummu Dwi Firlisa, Muhammad Sholehuddin, Abdul Ghoni Asror

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan mengungkap kesalahan berbahasa dalam tataran sintaksis (SPOK) pada narasi karangan siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa dalam tataran sintaksis (SPOK) pada narasi karangan siswa SD meliputi susunan SPOK dengan baik dan benar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa SD dalam menulis teks narasi masih memerlukan bimbingan dan arahan guru secara langsung. Berbagai kesalahan yang ditemukan dalam teks narasi karangan siswa SD menunjukkan bahwa selama ini pembelajaran bahasa belum efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Untuk mengatasi terjadinya masalah ini perlu adanya bumbingan dan arahan dari guru agar siswa mampu menulis narasi sesuai dengan susunan SPOK yang baik dan benar.

Kata kunci—Sintaksis, Teks Narasi, Siswa SD

 

 

Abstract— This study aims to reveal language errors at the syntactic level (SPOK) in narratives written by elementary school students. This research is a qualitative descriptive research method. The results of the study showed that language errors at the syntactic level (SPOK) in the narratives written by elementary school students included the proper and correct composition of SPOK. From the results of the study it can be concluded that elementary students in writing narrative texts still need direct guidance and direction from the teacher. The various errors found in the narrative texts written by elementary school students indicate that so far language learning has not been effective in improving students' language skills. To overcome this problem, guidance and direction from the teacher is needed so that students are able to write narratives according to the good and correct composition of SPOK.

Keywords—Syntax, Narrative Text, Elementary Students


Keywords


Syntax, Narrative Text, Elementary Students

Full Text:

PDF

References


Aciakatura, C, dkk. (2021). Analisis pengembangan minat dan bakat siswa pada siswa sekolah dasar. Cerdika: jurnal ilmiah Indonesia, 1(2), 89-94. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i2.15.

Ansori, Y, Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu disekolah dasar. Jurnal education fkip unma, 6(1), 177-186. Retreieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/308.

Ayudia, dkk. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 4(1), 34-39. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/9972.

Chaer, Abdul. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Depok: Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Indihadi, D., & Dadan Nugraha. (2017). Pengembangan Model pengembangan Menulis Deskripsi bagi Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Teknik " Brain storming" dalam Proses Menulis. The_2 International Conference on Basic Education and Early Childhood. Indonesian University of Education, Serang Campus. Hal 105-111.

Insani, G, N, Dewi, D, A, Furnamasari, Y, F. (2021). Integrasi Pendidikan dalam pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan tambusai, 5(3), 53-60. Retreieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2313.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Oka. I. GN, & Suparno. (1994). Linguistik umum. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud

Rachman, R, Mukminin, A. (2018). Penerapan metode certainty factor pada system pakar penentuan minat dan bakat siswa SD. Jurnal ilmu computer dan informatika, 4(2), 90-97. https://doi.org/10.23917/khif.v4i2.6828.

Rusmilawati. (2020), Narasi Literasi: Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus- Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setyawati, N. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma pustaka.

Soetantyo, S, P. (2013). Peranan dongeng dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-8. Retreieved from http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/355.

Sugono, D. dkk. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Edisi Keempat). Jakarta: Gramedia.

Yulianti, W. (2016). Aptitude testing berbasis case based reasoning dalam system pakar untuk menentukan minat dan bakat siswa sekolah dasar. Jurnal teknologi dan sistem informasi univrab, 1(2), 110-126. https://doi.org/10.36341/rabit.vli2.28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.