Pemanfaatan Aplikasi Socratic sebagai Media Pembelajaran Matematika

Nadya Catur Filla Nauri, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Matematika didefinisikan sebagai mata pelajaran yang bersifat imajiner, maka dari itu memerlukan fasilitas yang mendorong peserta didik dalam berpikir logis. Media pembelajaran dapat diartikan sebagai sarana atau perantara untuk memudahkan proses belajar mengajar yang mampu menyampaikan informasi untuk tujuan tertentu. Kebanyakan dari peserta didik belum mengenal Aplikasi Socratic. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aplikasi socratic kepada khalayak umum terutama peserta didik. Metodologi penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (kepustakaan) atau library research. Data yang digunakan penelitian ini berupa data sekunder yang terkait dengan judul penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data simak bebas libat cakap dan catat. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode distribusional atau metode agih. Sedangkan pada teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber. Aplikasi Socratic merupakan alat edukasi mengesankan yang dilengkapi dengan fitur teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Aplikasi ini menyediakan tiga opsi dalam penyelesaian berbagai bentuk soal, yaitu : mengambil foto, mengetik langsung, dan mendeteksi suara. Memungkinkan pengguna melihat beberapa website, langkah-langkah penjelasan, dan video penelusuran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jika aplikasi socratic sangat relevan menjadi media pembelajaran terutama dalam pelajaran matematika. Selain pelajaran matematika aplikasi ini juga dilengkapi dengan bidang ilmu pengetahuan lain yang bisa diakses peserta didik.

Kata kunci—Matematika, Media Pembelajaran, Socratic

 

 

Abstract—Mathematics is defined as an imaginary subject, therefore it requires facilities that encourage students to think logically. Learning media can be interpreted as a means or intermediary to facilitate the teaching and learning process that is able to convey information for certain purposes. Most of the students are not familiar with the Socratic Application. Based on the formulation of the problem, this study aims to explain the application of Socratic to the general public, especially students. This research methodology uses literature study (library) or literature study. The data used in this study are secondary data related to the research title. This study used data collection techniques, listening freely, speaking and taking notes. In data analysis techniques, researchers use distributional methods or distribution methods. While the data validation technique uses source triangulation. The Socratic app is an impressive educational tool packed with Artificial Intelligence (AI) technology features. This application provides three options in solving various forms of questions, namely: taking photos, typing directly, and detecting voice. Observing users looking at multiple websites, step-by-step explanations, and video walkthroughs. Based on the results of the research, it can be written that the Socrates application is very relevant as a learning medium, especially in mathematics. In addition to math lessons, this application is also equipped with other fields of knowledge that can be accessed by students.

Keywords—Mathematics, Instructional Media, Socratic


Keywords


Mathematics, Instructional Media, Socratic

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., dkk. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Al-haddad, M. R. (2018). Hakikat kurikulum pendidikan islam. Raudhah Bangga Menjadi Profesional: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57-66. http://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/download/23/22

Alfansyur, A. & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432

Alpian, Y., dkk. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Astuti, M. (2022). Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Astuti, N. R. W. & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan IPTEK. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 41-49. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1263

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Ekawati, A. (2016). Penggunaan software geogebra dan microsoft mathematic dalam pembelaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148-153. https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/43/37

Elisa, E. (2018). Pengertian, peranan, dan fungsi kurikulum. Jurnal Curere, 1(02), 1-12. http://portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem%20/index.php/CURERE/article/view/81

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Farikhah, M. & Isnawati, s. (2022). Sosiologi: Kelas X. Jawa Tengah: Pustaka Rumah C1nta.

Frananda, M., dkk. (2023). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868

Habibah, S. (2017). Implikasi filsafat ilmu terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 4(1), 166-180. https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v4i1.693

Hasanah, M., dkk. (2019). Pemahaman wajib belajar 12 tahun di Sekolah Bawang Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1), 15-20. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1672019&val=18136&title=PEMAHAMAN%20WAJIB%20BELAJAR%2012%20TAHUN%20DI%20SEKOLAH%20BAW’NG%20BANJARMASIN

Hasanah, Y. M. & Jabar, C. S. A. (2017). Evaluasi program studi wajib 12 tahun pemerintah daerah Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 228-239. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8546

Hasanudin, C. & Puspita, E. L. (2016). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618

Heryana, P., dkk. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis android microsoft math solver (mms) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 7(2), 73-79. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3467

Hidayatullah, A. (2018). Digital Learning. Surabaya: UM Surabaya Publishing.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18. https://www.neliti.com/publications/177556/kemampuan-komunikasi-matematis-dalam-pembelajaran-matematika

Husamah, dkk. (2019). Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Jaelani, A., dkk. (2020). Penggunaan media online dalam proses kegiatan belajar mengajar pai dimasa pandemi covid-19 (studi pustaka dan observasi online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(1), 12-24. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54

Kaifa, K. (2021). Jurnal Milenial. Indonesia : Guepedia.

Kasiuhe, D. B., dkk.. (2023). Pengembangan desain pembelajaran matematika materi SPLDV dengan teachmint berbantuan microsoft math solver. Jurnal Pendidikan, 6(1), 280-292. Diambil dari https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2941

Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(01), 36-39. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/640

Komariyah, S. & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/523

Kustandi, C. & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20

Mahmudi, A. (2006). Pengembangan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran matematika. Yogyakarta: UNY. https://core.ac.uk/download/pdf/11064816.pdf

Manoy, J. T. & Wijayanti, P. (2014). Strategi pembelajaran matematika. 1-44. http://repository.ut.ac.id/4725/1/PEMA4301-TM.pdf

Manullang, M. M. M. (2014). Manajemen pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 21(2), 208-214. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7532

Margiyanti, I. & Maulia, S. T. (2023). Implementasi kebijakan pendidikan program wajib belajar 12 tahun. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 3(1), 199-208. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/JUPENSI/article/view/1509

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “merdeka belajar” di era society 5.0. Santhet : Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora), 5(1), 66-78. http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317

Mulyani, F. & Haliza, N. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-109. http://www.jpdk.org/index.php/jpdk/article/view/83

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat : CV. Jejak.

Nurhidayat, A. (2022). Penggunaan microsoft math solver untuk menentukan persamaan biaya total marginal cost dan revenue pada mata kuliah matematika ekonomi. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5653-5656. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1933

Pratama, A. A. & Harahap, E. (2021). Pembelajaran matematika online menggunakan aplikasi socratic. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 20(2), 77-85. https://journals.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/1554

Pristiwanti, D., dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498

Rahayu, R., dkk. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D. & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rahman, A. (2022). Tri Pusat Pendidikan Perspektif Tasawuf. Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center.

Rahmawati, C. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan geogebra dan microsoft mathematic di La Royba Islamic School. JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 6(1), 18-30. https://doi.org/10.35968/jsi.v6i1.272

Ramdani, Y. (2004). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 22(1), 1-14. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/198

Rizal, S. U., dkk. (2016). Media pembelajaran. Bekasi : CV. Hati Nurani

Sanajaya, S., dkk. (2021). Kohesi gramatikal dan kohesi leksikal dalam konvensi kumpulan cerpen karya A. Mustofa Bisri. Wacana: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(03), 261-267. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i03.8230

Santoso, S. (2010). Kupas Tuntas Riset Eksperimen. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117

Siswanto, A. (2017). Pelaksanaan program rintisan wajib belajar 12 tahun di sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Bantul. Hanata Widya, 6(7), 55-65. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/view/8561

Sukirman, D., & Nugraha, A. (2016). Fakta Kurikulum. Kurikulum dan bahan ajar TK (PGTK2403/M). Jakarta: Universitas Terbuka .

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I. Jawa Barat: CV. Jejak.

Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133-139. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.741

Waluya, B. (2007). Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: PT. Setia Purna Inves.

Wardani, W. K., dkk. (2015). Pelaksanaan wajib belajar 12 tahun di Provinsi DKI Jakarta (Studi Kota Administrasi Jakarta Timur). Jurnal Studi Politik dan Pemerintahan, 4(2), 371-388. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/8299

Yulianto, dkk. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Malang: Polimena Press.

Zebua, R. S. Y. (2023). Fenomena Artificial Intelligence (AI). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Zulkifli, dkk. (2023). Pengantar Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.