Meningkatkan Minat Siswa dalam Pelajaran Matematika

Viaracahya Marshella, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Matematika merupakan suatu ilmu yang mendasari kehidupan manusia. Untuk meningkatkan minat maka. Tujuan penulis ialah untuk memberikan solusi yang merangsang pertumbuhan minat siswa. Metode yang digunakan oleh penulis yakni studi pustaka (library research) yang merupakan metode dengan cara mengumpulkan beberapa data menggunakan analisis data pokok. Data pokok merupakan data sekunder yang diperoleh dari beberapa artikel dalam jurnal, dsb. Hasil yang diperoleh yaitu mengenal faktor-faktor yang menjadi penyebab rendah minat, riset PISA dalam OECD tentang kemampuan siswa, dan solusi yang diberikan untuk dapat meningkatkan minat. Simpulan penelitian ini adalah minat siswa dapat ditingkatkan menggunakan solusi yang telah disebutkan.

Kata kunci— Matematika, Minat, Minat Siswa.

 

 

Abstract— Mathematics is a science that underlies human life. To increase interest then. The author's goal is to provide solutions that stimulate the growth of student interest. The method used by the author is library research, which is a method by collecting some data using basic data analysis. The main data is secondary data obtained from several articles in journals, etc. The results obtained are recognizing the factors that become factors of interest. The results obtained are recognizing the factors that cause low interest, PISA research in the OECD on student abilities, and solutions provided to be able to increase interest. The conclusion of this study is that student interest can be increased using the solutions mentioned.

Keywords— Mathematics, Interest, Student Interest.


Keywords


Mathematics, Interest, Student Interest.

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., dkk. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Basa, Z. A. & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pembelajaran berani terhadap minat belajar matematika siswa smp pada masa pandemi covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943-950. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461.

Herzamzam, D. A. (2018). Peningkatkan minat belajar matematika melalui pendekatan matematika realistik (PMR) pada siswa sekolah dasar. Visipena, 9(1), 67-80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430.

Murdiastuti, H., dkk. (2021). Perilaku inovatif aparatur sipil negara: sebuah studi pustaka. Jurnal Kepegawaian, 15(2), 69-78. https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/view/332.

Putri, A. E. (2019). Evaluasi program bimbingan dan konseling: sebuah studi pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4 (2), 39-42.

Putri, S. A. K. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, dan Kemahiran Diri Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Pada Bank Ocbc Nisp Cabang R. Soekamto Palembang. http://eprints.polsri.ac.id/6855/.

Savriliana, V., dkk. (2020). Media dakota (dakon matematika) sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160-1166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517.

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran matematika dalam perspektif konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(2), 61-73. http://dx.doi.org/10.30821/niz.v7i2.188.

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Sekolah Dasar Pgsd Fip Unimed, 1(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i2.1323.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750.

Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.

Trygu. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan Hubungannya dengan Minat Belajar Matematika Siswa. Indonesia: Guepedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.