Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Abstrak—Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan untuk mendidik dan mengembangkan potensi peseta didik dalam membangun karakter agar dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Untuk bisa mencapai pendidikan karakter perlu adanya penguatan karakter. Metode yang digunakan penelitian ini adalah library reseach atau metode pustaka merupakan penelitian dengan cara menganalisis sumber data. Sehingga sumber data yang digunakan adalah data sekunder didapat melalui artikel dan buku yang sudah dipublikasi dalam jurnal maupun buku nasional. Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan dan memberikan contoh 9 penerapan pendidikan karakter menurut kebijakan Kemendikbud yang akan dikembangkan kepada peseta didik. Simpulan dari penelitian ini bahwa penerapan kebijakan penguatan pendidikan karakter terhadap peserta didik sangat penting untuk dikembangkan dan diterapkan.
Abstract— Character education is an education system to educate and develop the potential of students in building character so that they can become individuals who are beneficial to themselves and others. To be able to achieve character education, it is necessary to strengthen character. The method used in this research is library research or library research, which is research by analyzing data sources. So that the data source used is secondary data obtained through articles and books that have been published in national journals and books. The results of this study are to explain and provide examples of 9 applications of character education according to the Ministry of Education and Culture policies that will be developed for students. The conclusion from this research is that the application of policies to strengthen character education for students is very important to develop and implement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, N.M., Dinda, H.A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, J.S. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1). 975-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Afidah, N.N., Syihabuddin., & Liswati, N.K., Rizkyanfi W.M. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1527-1536. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2717.
Agung, I. (2017). Peran fasilitator guru dalam penguatan pendidikan karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2). 106-119. https://doi.org/10.21009/PIP.312.6.
Ahmadi, Z.M., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah. Jurnal Phinisi Integration Review. 3(2), 305-315. https://doi.org/10.26858/v3i2.14971.
Ariandy, M. (2019). Kebijakan kurikulum dan dinamika penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 3(2), 137-168. https://doi.org/10.32533/03201.2019.
Fadli, R.M. (2021). Memahami desainmetode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1). 33-54. https://core.ac.uk/download/pdf/440358389.pdf.
Hasanudin, C., Supriyanto, T.M.R., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk selfdevelopment siswa mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Jurnal Integelnsia, 8(2), 85-97. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i2.1414.
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Islam, 2(2), 190-204. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291.
Hurit, U.R., Tahrim, T., Putri, R., Darmanto., Yanti, S., Prapnuwati, P.L.N., & Ali, R. (2021). Administrasi pendidikan. Pasaman Barat: Azka Pustaka
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Y.Q. (2020). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388.
Marwiyah, S. (2012). Konsep pendidikan berbasis kecakapan hidup. Jurnal Falasifa, 3(1), 75-97. https://www.academia.edu/download/35383158/5-syarifatul-marwiyah-konsep-pendidikan-berbasis-kecakapan-hidup.pdf.
Nugraha, A.S. (2016). Konsep dasar pemikiran karakter. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). 86-105. https://doi.org/10.12345/al-munawwarah.v8i2.3293.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalamdunia pendidikan. Artikel Manager Pendidikan, 9(3), 464-468. https://doi.org/10.33369/mapen.v9i3.1145.
Pratiwi, I.I., Suryanti, I., Cahyo, N.A., & Setiaputra, I.F. (2020). Penguatan pendidikan karakter di sekolah melalui peran guru sebagai fasilitator siswa untuk meningkatkan kompetensi sikap siswa. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2). 100-112. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12837.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R.S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(6). 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.
Putri, E.A. (2019). Evaluasi program bimbingan dan konseling : Sebuah studi pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 39-42. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1645324&val=14788&title=EVALUASI%20PROGRAM%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING%20SEBUAH%20STUDI%20PUSTAKA.
Setiawan, F., Hutami, S.A., Riyadi, S,D., Arista, A.V., & Dani, A,H,Y. (2021). Kebijakan penguatan pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 4(1), 1-22. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809.
Sujana, C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Sulistiyowati, E. (2013). Pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2),311-330. http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.756
Syukur, A.T., & Rafiqoh, S. (2022). Pengantar ilmu pendidikan. Jakarta: Patju Kreasi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.