Konflik Batin Tokoh John Musiciante pada Novel “Brianna Dan Bottomwise” Karya Andrea Hirata serta Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Mohamad Piping, Sutrimah Sutrimah, Fitri Nurdianingsih

Abstract


Abstrak— Penelitian ini berjudul Konflik Batin Tokoh John Musiciante Pada Novel “Brianna Dan Bottomwise” Karya Andrea Hirata Serta Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA di lakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan konflik batin, serta mendeskripsikan dan menjelaskan hubungan novel dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan data secara mendalam, jelas dan sistematis. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan model analisis isi. Objek dari penelitian ini adalah karya sastra berupa novel. Novel “Brianna Dan Bottomwise” Karya Andrea Hirata di pilih sebagai sumber data dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan di lakukan dengan membaca novel berulang-ulang, mencatat indikator-indikator yang sesuai dengan topik penelitian dan studi pustaka. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis isi dan interaktif yang di lakukan dengan merangkum, memilih dan focus pada masalah dan kebutuhan, menyajikan data dengan tabel, dan menyimpulkan. Berdasarakan analisis data yang di temukan dalam penelitian ini adalah satu, unsur intrinsik pada Novel “Brianna Dan Bottomwise” Karya Andrea Hirata yang meliputi tema, alur/plot, latar/setting, tokoh/penokohan dan sudut pandang, dua,konflik batin John Musiciante pada Novel “Brianna Dan Bottomwise” Karya Andrea Hirata, tiga, Novel “Brianna Dan Bottomwise” Karya Andrea Hirata dapat di gunakan sebagai bahan ajar pembelajaan Bahasa Indonesia di SMA kelas XII. Jadi Novel “Brianna Dan Bottomwise” Karya Andrea Hirata mengandung konflik batin dapat di gunakan sebagai pendidikan karakter dan dapat di gunakan sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia yang sudah memenuhi 3 kriteria pemilihan novel, yaitu bahasa, psikologo siswa, dana latar budaya siswa.

Kata kunci— Novel, Psikologi Sastra, Konflik Batin, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

 

 

Abstract— This research, entitled The Inner Conflict of John Musiciante in the Novel “Brianna Dan Bottomwise” by Andrea Hirata and Its Relationship with Indonesian Language Learning in High School, aims to describe and explain inner conflict, as well as describe and explain the relationship between the novel and Indonesian language learning in high school. This research is a qualitative descriptive research that describes the data in depth, clearly and systematically. The analysis technique in this study uses a content analysis model. The object of this research is a literary work in the form of a novel. The novel "Brianna Dan Bottomwise" by Andrea Hirata was chosen as the data source in this study. The collection technique was carried out by reading the novel over and over again, noting indicators that were appropriate to the research topic and literature study. Data analysis techniques using content and interactive analysis are carried out by summarizing, selecting and focusing on problems and needs, presenting data with tables, and concluding. Based on the analysis of the data found in this study, there are one, the intrinsic elements in the novel "Brianna Dan Bottomwise" by Andrea Hirata which include themes, plots, settings, characters/characters and points of view, two, John Musiciante's inner conflict in The novel "Brianna Dan Bottomwise" by Andrea Hirata, three, the novel "Brianna Dan Bottomwise" by Andrea Hirata can be used as teaching material for learning Indonesian in class XII high school. So the novel "Brianna Dan Bottomwise" by Andrea Hirata contains inner conflict that can be used as character education and can be used as teaching material for learning Indonesian which has fulfilled 3 criteria for selecting a novel, namely language, student psychology, and student cultural background.

Keywords— Novel, Literary Psychology, Inner Conflict, Indonesian Language Learning.


Keywords


Novel, Literary Psychology, Inner Conflict, Indonesian Language Learning.

Full Text:

PDF

References


Diana, A. (2016). Analisis konflik batin tokoh utama dalam novel Wanita di Lautan Sunyi karya Nurul Asmayani. Jurnal Pesona, 2(1).

Kurniawan, M. A. (2011). Kritik Sosial dalam Novel Menunggu Matahari Melbourne Karya Ramy Sylado: Tinjauan Sosiologi Sastra. Jurnal Bahastra, 26(1).

Saragih, R. B. (2022). ANTOLOGI RAJAWALI SATU SAYAP KARYA ULFATIN CH SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 11(2), 292-301.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi (Edisi revisi). Garudhawaca.

Wicaksono, A. B., Rakhmawati, A., & Suhita, R. (2018). Naskah Drama Senja dengan Dua Kelelawar Karya Kridjomulyo: Kajian Psikologi Sastra dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Drama di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 6(1), 1-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.