Pemanfaatan Aplikasi Belajar Membaca Lancar sebagai Bahan Ajar Anak Usia Dini

Umul Khoyimah, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Membaca merupakan proses yang dilakukan untuk memahami seluruh informasi yang terdapat dalam bacaan atau teks dan mengembangkan intelektual yang dimiliki pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan siswa dalam melakukan pembelajara.pada penelitian ini penulis menggunakan metode studi pustaka penelitian yang dilakukan dengan cara membaca sumber data seperti buku,majalah dan lainnya. Data yang digunakan adalah data skunder yang di dapat dari penelitian secara tidak langsung.hasil penelitian ini yaitu menjelaskan dalam aplikasi belajar membaca lancar dapat membantu siswa dalam melakukan pembelajaran dan membantu guru dalam proses pembelajaran.pembelajaran menjadi lebih menarik dan membuat siswa tidak gampang bosan.

Kata kunci— Belajar Membaca Lancar.

 

 

Abstract—Reading is a process carried out to understand all the information contained in the reading or text and develop the intellectual property of the reader. This study aims to make it easier for students to do learning. The data used is secondary data obtained from research indirectly. the results of this research are explaining that in the application of learning to read fluently can help students in doing learning and assist teachers in the learning process. learning becomes more interesting and makes students not easily bored.

Keywords— Learn To Read Fluently.


Keywords


Learn To Read Fluently.

Full Text:

PDF

References


Aditama, D., Rosyid, H., & Fahriani, N. (2018). Aplikasi Pembelajaran Alfanumerik Untuk Anak Usia Pra-Sekolah Berbasis Android Menggunakan Metode Tesseract-Ocr. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), 2(1). https://doi.org/10.29303/jcosine.v2i1.128.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaq Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dafit, F. (2017). Implementasi model multiliterasi pada proses pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah dasar. JS (Jurnal Sekolah), 1(2), 53-59. https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7338

Diyah, R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon dalam Materi Membaca Dongeng di Kelas III SDN Cijeruk Kabupaten Serang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 2(1), 447-461. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3746

Eliyanti, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1179

Harini, E. O., & Pujiriyanto, P. (2022). Analisis Manfaat Pengintegrasian Augmented Reality pada Bahan Ajar Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar. Epistema, 3(2), 67-80. https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.50570

Hidayat, N., Kurniawan, D., Prabawa, A. H., Rusnoto, R., & Syafiq, A. N. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Menggunakan Aplikasi Android Belajar Membaca di Dusun Kentengsari Kaliwungu Semarang. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 72-79. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.45

Krisnasari, S., Suhermah, D., & Latifah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi di PAUD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1730-1734. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.635

Lestari, I. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika dengan memanfaatkan GeoGebra untuk meningkatkan pemahaman konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-36. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara, 2(2), 311-326. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+bahan+ajar&oq=#d=gs_qabs&t=1684842205945&u=%23p%3DDborB_Abk0UJ

Musa, M. M., & Atqia, W. (2021, November). Inovasi Pembelajaran Cepat Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar berbasis Media Pembelajaran Interaktif Android. In SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 1, No. 1, pp. 16-38). Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=pengertian+aplikasi+belajar+membaca+lancar&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1684848476486&u=%23p%3DmWIPjO1q6PEJ

Mulyaningtyas, R., & Setyawan, B. W. (2021). Aplikasi Let’s Read Sebagai Media Membaca Nyaring Untuk Anak Usia Dini. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 33-46. https://doi.org/10.36379/estetika.v3i1.150

Pujiasih, E. (2020). Membangun generasi emas dengan variasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42-48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Mustikowati, D., & Wijayanti, E. (2016). Meningkatkan semangat membaca dan menulis siswa sekolah dasar dengan permainan kata bersambut. Briliant: Jurnal riset dan konseptual, 1(1), 39-42. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.5

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 703-712. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.p%25p

Permatasari, D., & Falah, A. (2014). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android (Studi Kasus: Madrasah Ar-Rahman Bandung). Jurnal Teknologi dan Informasi, 4(1), 57-74. https://doi.org/10.34010/jati.v4i1.802

Prasetyo, I. A., Destya, S., & Rizky, R. (2016). Penerapan Konsep Gamifikasi Pada Perancangan Aplikasi Pembelajaran Al-Qur’an. Semnasteknomedia Online, 4(1), 4-8. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=fungsi+aplikasi+belajar+membaca+lancar&btnG=#d=gs_qabs&t=1684853309729&u=%23p%3DP9TL8S7cX8kJ

Taqiyyah, S. A., Subali, B., & Handayani, L. (2017). Implementasi bahan ajar sains berbahasa inggris berbasis metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 224-234. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14859

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Widyowati, F. T., Rahmawati, I., & Priyanto, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Mengeoja Berbasis Aplikasi untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 332-337. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29714


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.