Pemanfaatan Poster Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkat-kan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa

Firda Kholisotul Ummah, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Menulis adalah aktivitas manusia dalam menyampaikan ide, gagasan, atau pengalaman agar menjadi kalimat-kalimat yang logis sehingga dapat dimengerti oleh orang lain atau pembaca. Tidak semua siswa memiliki keterampilan menulis dengan baik, hampir sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis seperti ketika menyampaikan ide atau gagasan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa menggunakan poster sebagai media pembelajaran. Mengingat masih banyak siswa yang masih lemah dalam pengorganisasian ide atau gagasan ketika menulis teks eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menerapkan metode studi pustaka. Data penelitian ini merupakan data yang berhubungan dengan topik penelitian, yakni keterampilan menulis, teks eksplanasi, media pembelajaran dan poster. Data penelitian yang dicantumkan merupakan data yang berasal dari buku dan artikel jurnal yang telah dipublikasi di google scholar. Hasil penelitian ini yaitu dengan memanfaatkan poster sebagai wadah atau media pembelajaran menulis teks eksplanasi sangatlah memungkinkan, karena siswa dapat mengorganisasikan idenya dengan lebih baik dalam pembuatan teks eksplanasi.

Kata kunci—keterampilan menulis, teks eksplanasi, poster.

 

 

Abstract— Writing is a human activity in conveying ideas, thoughts, or experiences so that they become logical sentences so that other people or readers can understand them. Not all students have good writing skills, almost some students still experience difficulties in writing such as when conveying ideas or ideas. This study aims to improve students' writing explanatory text skills using posters as learning media. Given that there are still many students who are still weak in organizing ideas or ideas when writing explanatory texts. This research is qualitative research using a literature study method. The research data is data related to the research topic, namely writing skills, explanatory texts, instructional media and posters. The research data included is data derived from books and journal articles that have been published on Google Scholar. The results of this study are that using posters as a medium for learning to write explanatory texts is very possible, because students can organize their ideas better in making explanatory texts.

Keywords—writing skills, explanatory text. posters.


Keywords


writing skills, explanatory text. posters.

Full Text:

PDF

References


Adlini, N, M., dkk. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Astuti, W. (2021). The learning cell dalam pembelajaran menulis pantun. Yogyakarta: Deepublish.

Dalman. (2012). Keterampilan menulis. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Desriani, R., Ardila, K., & Pitaloka, A. (2020). Metamorfosis teks eksplanasi dalam kehidupan. Guepedia.

Hatmo, T, K. (2021). Keterampilan menulis bahasa indonesia. Jawa Tengah: Lakeisha.

Hizati, A., Syahrul, R., & Arief, E. (2018). Pengaruh model problem based learning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia, 7(1), 183-190. https://doi.org/10.24036/9560-019883.

Mahmud, H. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal ilmu sosial dan pendidikan, 1(2), 32-46. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v1i2.178.

Misra. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong. Jurnal kreatif online, 1(2), 60-73. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2670.

Munirah. (2015). Pengembangan keterampilan menulis paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Novitasari, H., Sutrimah., & Hasanudin, C. (2020). Analisis keterampilan menulis teks drama dengan pembelajaran quantum. AKSARA: Jurnal ilmu pendidikan nonformal. 6(2), 179-190. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.191-202.2020.

Nurasyidah, I., & Zagita, K. (2022). Semua bisa pintar ulangan harian tematik SD/MI kelas 6. Jakarta Selatan: WahyuMedia.

Nurfadhillah S., & 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tanggerang. (2021). Pengertian media pembelajaran, landasan, fungsi, manfaat, jenis-jenis media pembelajaran, dan cara penggunaan kedudukan media pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak.

Nurmayanti, E., & Hermawan, D. (2021). Penggunaan media poster dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 14(2), 89-101. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i2.731 .

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1). 171- 187 Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/268180802.pdf.

Rinawati, A., Mirnawati, B, L., & Setiawan, F. (2020) Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education jurnal: journal education research and development. 4(2). 85-96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343.

Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal Education, 3(2), 32-34. http://dx.doi.org/10.29210/12017295.

Sari, P, E., Trianto, S., & Utomo, P. (2020). Kesulitan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal ilmiah KORPUS, 4(3), 292-302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100.

Siddik, M. (2016). Dasar-dasar menulis dengan penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Susanti, S., dkk. (2021). Desain media pembelajaran SD/MI. Provinsi Aceh: Muhammad Zaini.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penelitian. Bandung: CV Wacana Prima.

Taofano, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Utami, R., dkk. (2021). Media pembelajaran bahasa arab. Provinsi Aceh: Muhammad Zaini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.