Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Komik Agar Mengidentifikasi Unsur Legenda

Isna Nurhidayati, Cahyo Hasanudin, Nur Rohman

Abstract


Abstrak—Kajian dalam penelitian ini ditunjukkan agar bisa meningkatkan hasil pembelajaran para murid dengan menggunakan model pembelajaran berbasis flipped classroom. Responden atau subjek dalam kajian penelitian ini adalah murid kelas VIII A SMP 2 Randublatung tahun 2022-2023 yang berjumlah 30 murid dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang dilakukan ialah jenis penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua fase. Setiap fase terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Atal instrument yang digunakan adalah observasi dan tes tulis murid. Hasil penelitian menunjukkan jika hasil belajar yang dilakukan murid sebelum fase I adalah 33,3% yang terdiri dari 10 murid, kemudian terjadi peningkatan presentase pada fase I sebesar 66,3% yang terdiri dari 20 murid. Sedangkan pada fase II presentase hasil belajar murid meningkat Kembali menjadi 3% yang terdiri dari 29 murid. Bisa ditarik kesimpulan jika model pembelajaran flipped classroom bisa meningkatkan hasil belajar murid kelas VIII A SMP 2 Randublatung tahun ajaran 2022-2023.

Kata kunci—Pembelajaran Flipped Classroom.

 

Abstract— The study in this research is shown to be able to improve student learning outcomes by using a flipped classroom-based learning model. Respondents or subjects in this research study were class VIII A students of SMP 2 Randublatung in 2022-2023, a total of 30 students in this study. The type of research conducted is a type of classroom action research consisting of two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing, and reflecting. The atal instruments used were observation and students' written tests. The results showed that the learning outcomes of students before the first cycle was 33.3% consisting of 10 students, then there was an increase in the percentage in the first cycle of 66.3% consisting of 20 students. Whereas in cycle II the percentage of student learning outcomes increased again to 3% consisting of 29 students. It can be concluded that the flipped classroom learning model can improve student learning outcomes in class VIII A of SMP 2 Randublatung for the 2022-2023 academic year.

Keywords—Flipped Classroom Learning.


Keywords


Flipped Classroom Learning.

Full Text:

PDF

References


Aisy, R., & Setyadi, A. (2019). Analisis Fungsi Komik sebagai Media Pendidikan Pemakai di Perpustakaan SMK Negeri 1 Kudus. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 311-320. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download /23161/21188

Ariesta, O., & Minawati, R. (2017). Kebudayaan Lokal sebagai Potensi dalam Berkarya Komik. Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 1(1). http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v1i1.28

Hidayah, N. (2019, November). Penggunaan Comic Book Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Pemahaman Bahasa Arab Mahamurid Universitas Kh. A. Wahab Hasbullah Jombang. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 2, No. 1, pp. 165-168). https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/download/685/342

Hidayah, N., & Sumbawati, M. S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Self Regulated Learning dan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMKN 1 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 4(01). https://jurnalmahamurid. unesa.ac.id/index.php/10/article/viewFile/29526/27047

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Smp. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827

Mubarok, A. (2017, May). Model Flipped Classroom dalam Memotivasi Belajar Murid. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar (pp. 184-188). https://core.ac.uk/download/pdf/267023738.pdf

Mujiono, N. F. N. (2021). Flipped Classroom: Sekolah tanpa Pekerjaan Rumah. Jurnal Teknodik,6779.https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/download/457/491

Rahimin, D. N. A. (2019). Mitos Dan Legenda: Di Sebalik Percanggahan Fakta Dalam SejaraAsiaTenggara.JurnalKemanusiaan. https://jurnalkemanusiaan.utm.my/index.php/kemanusiaan/article/download/294/273

Rahman, H. T., Syakir, S., & Murtiyoso, O. (2019). Legenda Baruklinting Sebagai Ide Dalam Berkarya Seni Ilustrasi Dengan Teknik Papercut. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 8(2), 42-56. https://doi.org/10.15294/eduart.v8i2.35126

Rodiah, S. (2018). Kajian Unsur Intrinsik Dan Nilai Budaya Pada Legenda Sang Kuriang Kesiangan Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Smp. Wistara: JurnalPendidikanBahasadanSastra,1(1),67-79. https://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/download/2299/114546ca1cb3.pdf

Simbolon, I., Siahaan, J., & Ginting, H. (2021). Legenda Pulau Malau Di Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 67-74. https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php /BASATAKA/article/download/120/77

Syarifah, U. S. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Jarak Jauh agar Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Anak Tunagrahita. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(7), 917-924. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.180

Utaminingtyas, S., & Evitasari, A. D. (2021). Pendampingan Belajar Blended Learning dengan Model Flipped Classroom Dimasa Pandemi Agar Murid Sekolah Dasar. DEDIKASI: Community Service Reports, 4(1). https://doi.org/10.20961/dedikasi.v4i1.55632

Wibowo, D. E., Mahmudi, A., Pujiastuti, P., & Perdana, M. A. (2021). Persepsi Penggunaan Flipped Classroom di Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 114-126. https://doi.org/10.21831 /jpipfip.v14i2.37920

Wibowo, D. E., Mahmudi, A., Pujiastuti, P., & Perdana, M. A. (2021). Persepsi Penggunaan Flipped Classroom di Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Jurnal PenelitianIlmuPendidikan,14(2),114-126. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/download/37920/16701

Wulandari, H. (2017). Optimalisasi E-learning dengan Menggunakan Metode Flipped Classroom.https://eprints.ummi.ac.id/353/3/31.%20optimalisasi% 20eLearning%20dengan%20menggunakan%20metode%20flipped.pdf

Yuliansyah, H. (2014). ANalisis Visual Ilustrasi Komik Strip “Om Pasikom” Terhadap KarakterJurnalisPadaHarianUmumKompas.JurnalSketsa, 1(2).https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/sketsa/article/viewFile/210/178


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.