Peran Matematika dalam Perkembangan Teknologi di Era Digital
Abstract
Ilmu matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mendasari segala ilmu. Untuk mengetahui bagaimana pentingnya matematika maka. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana pentingnya matematika terhadap perkembangan teknologi. Dengan menggunakan metode studi pustaka dimana data dikumpulkan dan diperoleh dari berbagai sumber. Sumber data menggunakan data sekunder, didapatkan dari artikel jurnal ilmiah yang dipublikasikan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat 3 peran matematika terhadap perkembangan teknologi. Simpulan dari penelitian adalah matematika mempunyai peran penting terhadap perkembangan teknologi di era digital saat ini.
Mathematics is a science that underlies all sciences. To find out how important math is. This research has the aim of knowing how important mathematics is to the development of technology. By using the literature study method where data is collected and obtained from various sources. The data source uses secondary data, obtained from published scientific journal articles. This study found that there are 3 roles of mathematics towards technological development. The conclusion of the research is that mathematics has an important role in the development of technology in today's digital era.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Retrived from https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view2927
Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364-370. Retrived from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19603
Atmaja, I. M. D. (2014). Ethnomatematika Pencipta Lagu dan Kaitannya dengan MateriPembelajaran Matematika: Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 4(1). Retrived from https://scholar.archive.org/work/l2buj7n6t5fvdirwj3oddhrwyy/access/wayback/htp://ojs.unmas.ac.id/index.php/JSP/article/viewFile/58/34
Cahya, I. N., & Ahmadi, M. F. (2020). Keterpaduan Konsep Operasi Bilangan Matematika dalam Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 79-81. Retrived from http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/download/379/354
Dariyadi, M. W. (2019). Pembelajaran bahasa Arab di era digital 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 448-462. Retrived from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/download/514/47Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. Retrived from https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/2656/1370Putri, E. W., Isnaini, R. A., & Tristiana, S. P. (2022, June). Peran Sistem Digital Payment Sebagai Strategi Peningkatan Pendapatan pada Usaha. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE)2,( 2). Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/download/2429/1456
Firdaus, A. A., Nashiroh, P. K., & Djuniadi, D. (2020). Hubungan Nilai Matematika dengan Prestasi Belajar Pemrograman Berorientasi Objek pada Siswa Kelas XII Jurusan RPL SMK Ibu Kartini Semarang. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(1), 32-44. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.22680
Hutomo, C. I. (2019). Layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis teknologi informasi (Equity crowdfunding). Perspektif: Kajian Masalah Hukum dan Pembangunan, 24(2), 65-74. Retrived from https://pdfs.semanticscholar.org/25dc/adb90f73a6eb0e84b2ae5d080800d0cba7pdf
Kurniawan, A. R. (2020). Tantangan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat pada era digital di Indonesia (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Pangalengan). Tornare: Journal of Sustainable and Research, 2(2), 10. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i2.25418
Marto, H. (2020). Perkembangan Guru Matematika Era 4.0. Aksioma: Perkembangan Guru Matematika Era 4.0, 9(1), 13-21. Retrived from https://pdfs.semanticscholar.org/0e85/e7158ffb23a5a4506498d3f89da4b21a5c.pdf
Rahayu, S. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, 9, 1-14. Retrived from https://www.researchgate.net/profile/SriRahayu16/publication/331986261Technological_Pedagogical_Content_Knowlede_TPACK_Integrasi_ICT_dalam_Pembelajaran_IPA_Abad_21/links/5e58522645851l52ce8f4aa1b/Technological-Pedagogical-Content-Knowledge-TPACK-Integrasi-ICTdalam-Pembelajaran-IPA-Abad-21.pdf
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal di Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Romadhoni, B. A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Teknologi Informasi. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 10(1). https://doi.org/10.34001/an.v10i1.741
Ronda, D. (2019). Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Teknologi. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 1-8. Retrived from https://core.ac.uk/download/pdf/296974344.pdf
Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Konsep Dasar Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Retrived from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/197205051998021-RUSMAN/Pengantar_TIK/Konsep_TIK-Rusman.pdf
Sari, D. N., & Armanto, D. (2022). Matematika dalam Filsafat Pendidikan. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 202-209. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa, 2(3), 435-448. Retrived from https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1122
Wahyuni, D. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Sastra Melalui Perkembangan Era Digital. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 7(1). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.18268
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.