Penggunaan Media Big Book terhadap Keterampilan Siswa Dasar

Okky Ridwan, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Big Book yaitu media yang mempunyai karakter khusus yang diberikan baik teks maupun gambar, big book juga sangat membantu anak untuk lebih fokus dalam gambar maupun pada teks. Dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi maupun cerpen big book termasuk suatu media yang sangat mendukung dalam hal ini. Big book termasuk termasuk dalam kategori buku bergambar, penggunaan buku bergambar atau big book ini sangat bermanfaat besar bagi para siswa yang sedang belajar keterampilan menulis maupun menggambar. Bisa disimpulkan bahwa penggunaan dari media big book atau buku besar yang isinya terdapat gambar maupun teks dapat menarik minat siswa untuk belajar menulis maupun menggambar.

Kata kunci— Big book, Menulis Puisi, Keterampilan Menulis.

 

 

Abstract— Big books are media that have special characters given both text and pictures, big books are also very helpful for children to focus more on pictures and on text. In improving the skills of writing poetry and short stories, the big book is a medium that is very supportive in this regard. Big books are included in the picture book category, the use of picture books or big books is very beneficial for students who are learning writing and drawing skills. It can be concluded that the use of big book media or big books whose contents contain pictures and text can attract students' interest in learning to write or draw.

Keywords— Big book, Poetry Writing, Writing Skills.


Keywords


Big book, Poetry Writing, Writing Skills.

Full Text:

PDF

References


Adnan, A., Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, (2019). Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963-969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.245

Firmansyah, F., Firmansyah, D., Cibaduyut, S. B. U., & Siliwangi, I. K. I. P. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(4), 585-590.

Hadian, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca kalimat sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212-242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73

Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode storytelling menggunakan media big book. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 1(02). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i02.70

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama).

Latifah, A. L. A. (2020). Pembuatan dan penggunaan media big book untuk membentuk anak usia dini senang membaca. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 141-155. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7310

Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menulis Karangan Eksposisi.

Muawiyah, D., & Herlili, E. (2019). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Puisi Yang Dibaca Pada Siswa Kelas Viii Semester Ganjil Smp Negeri 1 Way Tuba Tahun Pelajaran 2018/2019. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 101-114. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/155

Mustikowati, D., & Wijayanti, E. (2016). Meningkatkan semangat membaca dan menulis siswa sekolah dasar dengan permainan kata bersambut. Briliant: Jurnal riset dan konseptual, 1(1), 39-42. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/5

Nur, M., Burhanuddin, B., & Mannahali, M. (2021). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Jerman. INTERFERENCE Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 64-70. https://ojs.unm.ac.id/public/journals

Oktavia, W., Mudzanatun, M., & Cahyadi, F. (2019, June). ANALISIS KESULITAN MENULIS PUISI BEBAS KELAS V SEMESTER GENAP SD NEGERI 4 JELOBO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. In Seminar Nasional HIMA PGSD 2019.

Solih, A. S. (2018). PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP PEMAHAMAN UNSUR CERITA ANAK DI KELAS RENDAH (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sukabumi). http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/690

Suryaman, M., Wiyatmi, & Pratama, A. (2012). Puisi indonesia. Penerbit Ombak.

Syarifuddin, S. (2016). Mengajarkan membaca dan menulis puisi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10791

Wulansari, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 230-232. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.620


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.