Pemanfaatan Aplikasi Schoology untuk Menunjang Pembelajaran Keterampilan Menulis di Perguruan Tinggi

Riski Alfianti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Perguruan tinggi merupakan lembaga tertinggi sebagai penyalur dalam kehidupan bernegara dan sebagai pengembang sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah bahwa adanya aplikasi Schoology dapat membantu pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. Metode penelitian ini menggunakan metode studi library research penelitian metode pustaka ialah tekhnik kegiatan yang berkenan dengan pengumpulan data pustaka. Sumber data yang di gunakan adalah sumber yang di peroleh dari internet dan buku buku. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang manfaat schoology dalam pembelajaran keterampilan menulis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Schoology dapat menunjang pembelajaran keterampilan menulis di jenjang perguruan tinggi.

Kata kunci— Perguruan Tinggi, Keterampilan Menulis, Schoology.

 

 

Abstract— Higher education is the highest institution as a distributor in the life of the state and as a developer of human resources. The purpose of this study is that the Schoology application can help learning writing skills in tertiary institutions. This research method uses library research study method library research is an activity technique that is concerned with library data collection. The data sources used are sources obtained from the internet and books. The results of this study explain the benefits of schoology in learning writing skills. The conclusion from this study is that Schoology can support the learning of writing skills at the tertiary level.

Keywords— College, Writing Skills, Schoology.


Keywords


College, Writing Skills, Schoology.

Full Text:

PDF

References


Arianti, F. F., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Flipped classroom dan aplikasi schoology: Analisis keterampilan menulis teks biografi. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(2), 165-186. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2591

Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin di perguruan tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1334.

Dalimunthe,D. (2016).Kajian proses islamisasi di Insonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat , 12(1), 115-125. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.4

Dalman. (2015). Penulisan populer. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Harianti, A., Malinda, M., Nur, N., Suwarno, H. L., Margaretha, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 16(3), 214-220. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8598.

Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Penerbit Lakeisha.

Megawati, I., Aminudin, F., Marwanti, E., Hidayat, A. N., Arief, A., & Rahim, A. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Schoology sebagai Asesmen Online di Kelas Bahasa Inggris. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 8(2), 89-97. https://doi.org/10.30738/st.vol8.no2.a12722

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al- Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah, M. (2019). Analisis literasi digital siswa melalui penerapan e-learning berbasis schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9-13. https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.10398

Putri, A. P., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet sebagai Pendukung Gerakan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 959-968). https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.990

Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 137-154. http://dx.doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363.

Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika (Vol. 550259). Cv. Mine.

Tamidaten,L., &Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problemetika dan solusinya). 10(2), 136-154. https://doi.org/lectura.v10i

Tamidaten,L.,&krismanto,W.(2020). Permasalahn budaya membaca di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problemetika &solusinya). Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 10(1),22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v1

Udil, P. A. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Perkuliahan Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Schoology. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 79-91. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.3147

Yulianah, L., Ni’mah, K., & Rahayu, D. V. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berbantuan media schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 39-45. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i1.863


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.