Pemanfaatan Google Scholar sebagai Media Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca
Abstract
abstrak—Google scholar menjadi pilihan bagi yang membutuhkan referensi atau literatur untuk menulis artikel ilmiah. Google scholar sebagai media literasi. Dengan menggunakan google schoolar sebagai Media Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca, maka dapat memudahkan seorang pembaca untuk mencari atau menemukan berbagai Artikel dan journal. Tujuan yang dapat dicapai dari penelitian ini dengan pemanfaatan Google scholar sebagai media literasi untuk meningkatkan keterampilan membaca adalah membantu seorang pembaca, untuk mencari journal serta memperoleh informasi dalam pencarian yang telah dilakukan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Data penelitian ini berupa data sekunder. Data bersumber dari hasil penelitian pengumpulan data menggunakan teknik catat, peneliti dapat mencatat hal-hal penting kemudian menggabungkan dengan pendapat peneliti untuk menemukan satu kesatuan konsep atau ide. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan metode distribusional, Peneliti mencocokkan ide yang dikembangkan dengan sumber referensi sebuah journal dan buku. Hasil dari penelitian ini adalah Google scholar dapat dimanfaatkan sebagai keterampilan membaca dan memudahkan seorang pembaca dalam mencari journal online.
Kata kunci—Google Scholar, Media Litersi, Membaca.
Abstract—Google scholar is an option for those who need references or literature to write scientific articles, Google scholar is a literacy medium. By using Google Schoolar as Literacy Media to Improve Reading Skills, it can make it easier for a reader to search or find various journal articles. The goal that can be achieved from this research is the use of Google Scholar as a literacy medium to improve reading skills and help readers to search for journals or obtain information in the search that has been carried out. This research uses the method of library research (library research). The research data is in the form of secondary data. Sourced data and results of research data collection using note-taking techniques, researchers can record important things then combine with the opinions of researchers to find a unified concept or idea. While the researcher’s data analysis technique uses the distributional method, the researcher matches the ideas developed with reference sources from journals and books. The results of this study are that Google Scholar can be used as a reading skill and makes it easier for a reader to find online journals.
Keywords—Google Scholar, Media Literacy, Read.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A. (2017). Penerapan permainan Bahasa (katarsis) Untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa kelas IV SD Negeri 01 Metro Pusat. Edu Humniora|Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75-83. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024.
Akhmadi, M. H. (2017). Peran digital repository dalam penelitian bidang keuangan negara. Jurnal Manajemen Keuangan Publik, 1(1), 10-14. https://doi.org/10.31092/jmkp.v1i1.21.
Allo, K. P. (2020). Google Scholar Metrics, Pengaruhnya pada jurnal Ilmiah. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 8(1), 97-104. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a10.
Chonitsa, A., Musa, M. M., Raniasati, R., Febriyanti, A., Adila, A. C., Handoyo, T., & Adinugraha, H. H. (2022). Pelatihan Google Scholar Mahasiswa Cendekia di Pondok Pesantren Alif Lam Mim. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14-17. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2406.
Fauziyyah, S. N., & Rina, N. (2018). Literasi Media digital: efektivitas akun Instagram Terhadap pemenuhan kebutuhan Informasi. MEDIALOG: Journal Ilmu Komunikasi, 3(1), 13-24. https://doi.org/10.35326/MEDIALOG.v3i1.479.
Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam Meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: jurnal riset pedagogik, 4(1), 94-107. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937.
Kandupi, A. A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf dengan Teknik Membaca Intensif di SD Negeri Bambalo. Jurnal paedagogi, 8(2), 241-255. https://doi.org/10.33394/JP.v8i2.3482.
Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8.
Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1). https://DX.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167.
Munawaroh, B., Madyono, S., & Suwarti, S. (2018). Teknik Membaca Sekilas (Skimming) dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Narasi. Wahana Sekolah Dasar, 26(1), 7-12.
Paitung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan Intelektual. Al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-37. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.
Rafika, A. S., Putri, H. Y., & Widiarti, F. D. (2017). Analisis Mesin Pencarian Google Scholar sebagai Sumber Baru untuk Kutipan. Journal Cerita, 3(2), 193 205. https://doi.org/10.33050/cerita.v3i2.657.
Rahardja, U., Tiara, K., & Rosalinda, I. A. (2016). Pemanfaatan Google Scholar Dan Citation Dalam Memenuhi Kebutuhan Pembuatan Skripsi Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 1(1), 95-113. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.28.
Raisa Nurul Qorirah, N. Q. R. (2022). Pengenalan Literasi Media Oleh Orang Tua Kepada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Tiktok di Kecamatan Bangil Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember). http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13509.
Relmasira, S. C. (2018). Literasi Media Guru Sekolah Dasar di Jawa Tengah, Satya Widya, 35(1), 22-32. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p22-32
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72-87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380.
Rianto, P. (2016). Media baru, visi khalayak aktif dan urgensi literasi media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90-96. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i2.54.
Setianingsih, I. S., & Devioleta, N. (2022). Pelatihan Teknik Membaca Scanning dan Skimming untuk Teknisi Pelayanan Darah. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 2(1), 175-181. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i1.71.
Tuginem, H. N. (2023). Penelitian Strategi Pengembangan koleksi di Perpustakaan pada Google Scholar: Sebuah Narrative Literature Review. Jurnal Pustaka Budaya, 10(1), 32-43. https://doi.org/10.31849/pb.v10i1.11275.
Wahidin, U. (2018). Implementasi literasi Media dalam proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti Edukasi Islami: Journal Pendidikan Islam, 7(2), 229-244. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i2.284.
Yunita, Y., Fitri, F., & Zulfahita, Z. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia), 2(1), 12-17 https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.231.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.