Strategi Pengembangan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Partisipasif

Devi Febrianti, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Strategi pembelajaran adalah upaya seorang pendidik untuk mempengaruhi siswa agar mencapai tujuan suatu pembelajaran. Jurnal ini dibuat untuk mengeksplorasi strategi pengembangan keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa sekolah dasar melalui pembelajaran partisipatif. Metode penelitian ini menggunakan pengutipan dari jurnal di Google Scholar untuk mendukung analisis dan temuan penelitian. Hasil pengumpulan referensi jurnal menunjukkan bahwa strategi pembelajaran partisipatif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran partisipatif menunjukkan peningkatan kemampuan menulis, kreativitas, dan kepercayaan diri dalam mengekspresikan ide dan gagasan mereka dalam bahasa Indonesia. Pendekatan partisipasif memberi kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis melalui interaksi dan kolaborasi dengan guru dan teman sekelas.

Kata kunci—Strategi pembelajaran, Keterampilan menulis bahasa Indonesia, Strategi pembelajaran Partisipatif

 

 

Abstract—Learning strategy is an educator's effort to influence students to achieve the goals of a lesson. This journal was created to explore strategies for developing Indonesian elementary school students' writing skills through participatory learning. This research method uses excerpts from journals on Google Scholar to support the analysis and research findings. The results of journal reference collection show that participatory learning strategies are effective in improving elementary school students' Indonesian writing skills. Students who take participatory learning show an increase in their writing skills, creativity, and confidence in expressing their ideas and thoughts in Indonesian. The participatory approach provides opportunities for students to actively participate in the learning process in class, so that students can improve their writing skills through interaction and collaboration with teachers and classmates.

Keywords— Learning strategies, Indonesian writing skills, Participatory learning strategies


Keywords


Learning strategies, Indonesian writing skills, Participatory learning strategies

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2007). Strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 1-12. http://repository.ut.ac.id/4033/1/PKOP4301-M1.pdf.

Anggraeni, K. (2017). Efektivitas Model Menulis Kolaborasi Dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.590.

Ardiansyah, D., Pd, H. M., & Suryana, Y. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci di Kelas 5 SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 43-52. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7185.

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/viewFile/3301/5117.

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318). http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciedss/article/view/512.

Dalimunthe, D. (2016). Kajian proses islamisasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 12(1), 115-125. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467.

Dayu, D. P. K., & Anggrasari, L. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Writing terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 9(1), 21-32. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.114.

Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan menulis bahasa Indonesia. Klaten: Lakeisha.

Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). Implementasi proses menulis pada keterampilan menulis teks deskripsi tokoh cerita fiksi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47-57. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v6i1.12689.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2). http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233.

Lubis, E. L. S., & Asy’ari, M. N. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEMATIK. Jurnal Sintaksis, 2(2), 1-8. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/93.

Mirnawati, L. B. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inovatif Dengan Menggunakan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa SD. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 82-92. http://dx.doi.org/10.32528/bb.v4i1.1868.

Nugraha, S. E. (2021). Penerapan Metode Debat Dalam Mata Pelajaran PPKn Untuk Mengembangkan Partisipasi Belajar Peserta Didik. Pijar: Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 1(4), 120-127. https://journal.actual-insight.com/index.php/pijar/article/view/1132.

Rachmawati, T. dan D. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Resnayati, S., Sa’adah, D. N., & Wibowo, Y. T. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Resensi Pada Peserta Didik. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan, 3(3), 118-127. https://www.jurnal.unisa.ac.id/index.php/jfkip/article/view/272.

Sariah, S. (2012). Kegiatan Belajar Partisipatif. An-Nida', 37(1), 45-51. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.312.

Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1). http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i1.867.

Sugiarmin, M. (2005). Pembelajaran menulis bagi siswa berkesulitan belajar.

Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan keterampilan menulis siswa SMAN 1 Semaka melalui web sekolah. Madaniya, 2(3), 283-294. https://doi.org/10.53696/27214834.92.

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84-94. https://doi.org/10.37531/yum.v3i3.828.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis: Sebagai suatu keterampilan berbahasa. Menulis Sebagai Ketrampilan Berbahasa. https://cir.nii.ac.jp/crid/1130282272092933248.

Tayeb, T. (2017). Analisis dan manfaat model pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48-55. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5961.

Titaley, O. (2016). Peningkatan Minat Dan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Penerapan Media Empat Kotak Berorientasi Pendekatan Partisipatif Pada Siswa Kelas IX a SMP Negeri 1 Manokwari. Jurnal Triton Pendidikan, 1(1), 27-34. https://dx.doi.org/10.30862/jtp.v1i1.792.

Wihartini, K. (2019). Analisis manfaat penggunaan model pembelajaran blended learning dalam proses pembelajaran. http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/72.-Kiki-Wihartini.pdf.

Wina, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran menulis di sekolah dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1-6. https://doi.org/10.21009/PIP.311.1.

Zulela, M. S., Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan menulis narasi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112-123. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5359.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.