Analisis Buku Paket Bahasa Indonesia Tahun 2017 Kelas VIII Karya E. Kosasih

Aghnina Nuriyana, Aurella Orchitama Puteri, Evi Nabila Romadhon, Ma'rifatul Inayah, Muhammad Sholehuddin, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis dari buku paket bahasa Indonesia tahun 2017 kelas VIII Karya E. Kosasih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian tersebut dipilih untuk menjawab tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan hasil analisis dari buku buku paket bahasa Indonesia tahun 2017 kelas VIII Karya E. Kosasih. Dalam pengambilan data menggunakan triangulasi data menggabungkan dari beberapa hasil penelitian kualitatif. Teknik analilis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan menyatakan bahwa terdapat 4 aspek, yaitu aspek materi yang terdiri dari kelengkapan materi dan keakuratan materi. Aspek kebahasaan meliputi penggunaan bahasa, ilustrasi materi dan judul buku dalam buku tersebut. Selain itu, aspek penyajian materi mengandung penggunaan materi dan materi buku yang disajikan. Aspek yang terakhir yaitu aspek kegrafikaan terdiri dari ukuran format buku, desain bagian kulit, kualitas kertas, kualitas cetakan dan Kualitas Jilid.

Kata kunci—Buku Paket, Bahasa Indonesia, Siswa Kelas VIII

 

 

Abstract— The purpose of this study was to describe the results of the analysis of the buku paket bahasa Indonesia tahun 2017 kelas VIII Karya E. Kosasih. This research is qualitative descriptive research.The research method was chosen to answer the research objectives namely describing the buku paket bahasa Indonesia tahun 2017 kelas VIII Karya E. Kosasih. In collecting data using triangulation data combines from several qualitative research results. Data analysis techniques in this Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan units stating that there are 4 aspects, namely the material aspect which consists of the completeness of the material and the accuracy of the material. Linguistic aspects include the use of language, material illustrations and book titles in the book. In addition, the aspect of presenting the material contains the use of the material and book material presented. The last aspect, namely the graphical aspect, consists of the size, format of the book, design leather section, paper quality, print quality and binding quality.

Keywords—Textbook, Indonesian Language, 8th Grade Students


Keywords


Textbook, Indonesian Language, 8th Grade Students

Full Text:

PDF

References


Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10). Retrieved from https://www.academia.edu/download/34265413/ivan-pengumpulan-analisisdata-kualitatif.pdf.

Anderiyanti, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Buku Paket Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Pada Materi Perubahan Sifat Benda Dikelas III SDN 19/1 Muara Tembesi. Proceedings of the National Academy of Sciences, 3(1). Retrieved from http://www.e-campus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1D109217.pdf.

Anna, H. (2016). Pembelajaran bahasa Indonesia dalam konteks multibudaya. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(2), 74-91. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/231136619.pdf.

Elfika, E., Tandi, H. Y., & Firmansyah, A. (2014). Penggunaan Buku Paket terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Inpres I Tondo. Jurnal Dikdas, 2(2). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ESE/article/view/2828.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/3325/3656.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98. Retrieved from http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/25/21.

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 211-222). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10300.

Kusmiyati, I., & Prabawa, A. H. (2016). Penggunaan Kalimat Efektif Pada Soal Latihan dalam Buku Paket Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Karya Mariati Nugroho dan Sutopo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/42925.

Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP. Judika (Jurnal pendidikan UNSIKA), 2(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/120.

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Di smp katolik Santa Rosa siau Timur kabupaten sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&qsp=1&q=pengertian+siswa+ahli&qst=ib#d=gs_qabs&t=1686278752916&u=%23p%3DZtzCpWj1c7UJc.

Ningsih, P. H. (2015). Pengaruh Penggunaan Modul dan Penggunaan Buku Paket Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Sukabumi 10. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490/5163.

Rezky, M. (2020). Problematika pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 40-47. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/319506/problematika-pembelajaran-bahasa-indonesia-berbasis-teks.

Rostika, A. (2016). Pengaruh penggunaan buku paket terhadap hasil belajar siswa SD. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 55-64. Retrieved from http://www.jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/32.

Sari, R. M., & Rumondang, R. (2020, October). Analisis materi pada kurikulum dan buku paket bahasaindonesia sma. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan. Retrieved from: http://jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/view/1499.

Siki, F. (2019). Problematik Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 71-76. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213.

Sobandi, R. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Pangandaran. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 306-310. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.634.

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57-65. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.93.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.