Pemanfaatan aplikasi Microsoft Teams sebagai media pembelajaran siswa smp diera society 5.0

Laela Ismaputri Nurqhomari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Society 5.0 sangat berpengaruh penting dengan kemajuan teknologi bagi pendidikan di Indonesia. Teknologi semakin maju dengan munculnya ide-ide baru peneliti. Era society semakin membantu mempermudah seluruh masyarakat dalam mencari bahan materi pelajaran atau informasi dunia. Pengembangan pendidik di era society 5.0 merupakan proses mengembangkan keahlian yang menjadi tanggung jawab pendidik dalam melaksanakan pengajaran pada era society 5.0. Teknologi informasi terus berkembang dan berubah semakin maju sehingga dapat memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan masyarakat. Aplikasi Microsoft teams menjadi salah satu aplikasi yang bertujuan mempermudah komunikasi daring bagi seluruh jajaran yang membutuhkan. Pembelajaran Microsoft Teams for Education sebagai pembelajaran jarak jauh yang interaktif (online). perkembangan aplikasi menjadi sistem manajemen pembelajaran yang mendukung pembelajaran jarak jauh, terutama di era pasca pandemi ini, dan aplikasi yang bisa mendapatkan informasi juga materi yang disampaikan pengajar atau penyampai kepada siswa didik dan terhubung semua disatu tempat. Penulis memaparkan data empiris yang diperoleh dari hasil survey dan observasi langsung yang menggambarkan pemahaman dan kesiapan guru dalam menggunakan Microsoft TEAMS. Manfaat menggunakan Aplikasi Microsoft Teams dimana aplikasi ini memiliki tampilan dan fitur yang menarik, anda tidak akan bosan dan semangat untuk belajar jarak jauh melalui aplikasi Microsoft Teams. Aplikasi ini bisa digunakan bagi seluruh kalangan SD SMP SMA mahasiswa atau lainnya.

Kata kunci— Era society 5.0, media pembelajaran siswa SMP, Microsoft Teams

 

Abstract— Society 5.0 has a very important influence on technological advances for education in Indonesia. Technology is advancing with the emergence of new ideas from researchers. The era of society is increasingly helping to make it easier for the whole community to find study material or world information. The development of educators in the era of society 5.0 is a process of developing expertise which is the responsibility of educators in carrying out teaching and learning in the era of society 5.0. Information technology continues to develop and change more and more advanced so that it can provide many conveniences for people's lives. The Microsoft Teams application is one of the applications that aims to facilitate online communication for all levels who need it. Microsoft Teams for Education learning as interactive (online) distance learning. development of applications into learning management systems that support distance learning, especially in this post-pandemic era, and applications that can get information as well as material delivered by teachers or presenters to students and connected all in one place. The author describes empirical data obtained from the results of surveys and direct observations which describe the understanding and readiness of teachers in using Microsoft TEAMS. The benefits of using the Microsoft Teams Application where this application has an attractive appearance and features, you will not be bored and enthusiastic about learning remotely through the Microsoft Teams application. This application can be used for all elementary, junior high, high school students or others.

Keywords—Era Society 5.0, Learning media for junior high school students, Microsoft Teams


Keywords


Era Society 5.0, Learning media for junior high school students, Microsoft Teams

Full Text:

PDF

References


Afiani, K. D. A., & Faradita., M. N., (2021). Analisis Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms. Teams pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar 9 (1), 16-27.https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.15971

Alfansyur, A., & Mariyani, M., (2020). Penerapan triangulasi Teknik, sumber dan waktupada penelitian Pendidikan sosial. Jurnal kajian, Penelitian dan pengembangan Pendidikan sejarah. 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.

Aryanto, D. E., (2022). Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams dalam Pembelajaran Jarak Jauh Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 13 Depok Tahun Pelajaran 2021/2022. FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64602

Darmalaksana, W., & Ratnasih, T. (2022). Realitas Masyarakat 5.0 Perspektif Pendidikan Modern KH. Zainuddin Fananie. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(12), 1559-1566.https://doi.org/10.53625/jirk.v1i12.2112

Dwikoryanto, M. I. T., Hendrilia, Y., & Anjaya, C. E. (2021). Sekolah Kristen dan Pendidikan Agama Kristen dalam Persiapan Menghadapi Era Society 5.0. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 97-108.https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i2.102

Fatah, A., Purwanto, P., Agrevinna, M., Arimbi, R., & Azzahra, F. (2022). Identifikasi Tantangan Sekolah dan Guru dalam Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(2), 273-277.https://doi.org/10.47841/jsoshum.v3i2.182

Handayani. N, N, L. & Muliastrini. N, K, E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1-14. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.32

Hendarsyah, D., (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 8 (2), 171-184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170

Kirani, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 767-773.https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2391

Muyassaroh, I., dkk., (2022). Urgensi Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Society 5.0. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya 1 (2), 81-90.https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.51

Pratama, H. A. P., & Mansur, H., (2023). Pemanfaatan Microsoft TEAMS Sebagai Learning Management System Untuk Mendukung Pembelajaran Kolaboratif. J-INSTECH 4 (2), 47-57. https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8824

Purwan.to, M. B., Devi, D., & Nuryani, N. (2020, May). Pembelajaran Era Distrutip Menuju Masyarakat 5.0. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., & Haidar, I. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1)1117-1125). Retrieved from: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/424

Ritonga, A. M., Suib, M., & Zaky, A. (2023). Tantangan dan Hambatan: Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(5), 3272-3280.https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i5.11540

Rusmiati, S., Aprillia, R., & Putri, S. F. (2021, July). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Peluang Usaha. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) (Vol. 1, No. 3). Retrieved from: http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/1458.

Situmorang, A. S., (2020). Microsoft teams for education sebagai media pembelajaran interaktif meningkatkan minat belajar. Sepren 2 (1), 30-30.https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.351

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital Dalam Perspektif Society 5.0 (Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective). JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi)22 (2), 175-191. https://doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191

Sutiarso, S. (2019). MENGEMBANGKAN POLA BERPIKIR MATEMATIS SISWA DI ERA SOCIETY 5.0. Retrieved from: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/27881

Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173-184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492

Umro, J. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0. Al-Makrifat: jurnal kajian Islam, 6(2), 107-116. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/4427

Widiyarso, T. H., & Sutama, S., (2021). Efektifitas penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran e-learning bagi guru selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 21 (1). Retrieved from:https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/5283

Zakirman, Z., & Rahayu, C., (2022).Analisis Sikap Mahasiswa terhadap Penggunaan Microsoft Teams sebagai Media Tutorial Webinar (Tuweb). SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7 (1), 84-91. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.12937


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.