Pemanfaatan Aplikasi Twitter Sebagai Sarana Edukasi Peningkatan Literasi Baca Pada Siswa Era Society 5.0

Intan Tripuspita Anjarwati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Aplikasi twitter merupakan salahsatu platform penting untuk berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini dapat memberitau tahu kepada pembaca bahawa dengan adanya apikasi Twitter itu sangat bermanfaat, termasuk dalam bidang pendidikan salahsatunya untuk meningkatkan literasi baca pada siswa. Metode penelitian ini memakai metode study pustaka atau (library research) penelitian ini dengan cara menganalisis data yang di pakai adalah data sekunder didapat dari artikel penelitian yang di publikasikan. Hasil penelitian ini memaparkan tentang bagaimana memanfaatkan aplikasi Twitter sebagai sarana agar dapat meningkatkan literasi baca pada siswa di era society 5.0. Simpulan penelitian ini bahwa pemanfaatan aplikasi Twitter sebagai sarana edukasi peningkatan literasi baca pada siswa dapat memberikan banyak manfaat jika dilakukan dengan baik dan bijak. Maka dari itu perlu adanya dukungan dari pihak sekolah atau institusi pendidikan untuk mengembangkan penggunaan Twitter sebagai sarana edukasi yang efektif dan aman bagi siswa.

Kata kunci—Era society 5.0, Aplikasi Twitter, Literasi Baca

 

Abstract— The Twitter application is an important platform for communicating. The purpose of this research is to inform readers that the existence of the Twitter application is very useful, including in the field of education, one of which is to increase reading literacy in students. This research method uses the library research method or (library research) this research by analyzing the data used is secondary data obtained from published research articles. The results of this study describe how to use the Twitter application as a means to increase reading literacy in students in the era of society 5.0. The conclusion of this study is that the use of the Twitter application as an educational tool to increase reading literacy in students can provide many benefits if done properly and wisely. Therefore, it is necessary to have support from schools or educational institutions to develop the use of Twitter as an effective and safe educational tool for students.

Keywords— Era society 5.0, Twitter Application, Reading Literacy

 


Keywords


Era society 5.0, Twitter Application, Reading Literacy

Full Text:

PDF

References


Afghani, R. D., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa-ZsaDilla C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., Septiyanti, N. D., Siswanto, H., (2022)., Budaya literasi membaca di perpustakaan untuk meningkatkan kompetensi holistic bagi siswa sekolah dasar. Jurnal ums., 4(2) 143-152, 2022. https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19185/8234.

Anggreini, N. M., Pemanfaatan media social twitter dikalangan pelajar SMA Negri 5 Samarinda.., Journal Sosiatri-Sosiologi 4 (2 ) 239-251 2016. https://ejournal.ps.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/06/02_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_genap-1%20(06-16-16-07-26-19).pdf.

Chumaidah, M., Jalil, A., Hidayat, C. T.,(2020) Taman baca masyarakat “tholabul ‘ilmi” sebagai sarana meningkatkan literasi desa panduman kecamatan jelbuk., Jurnal of community development., 1(1) 19-24, 2020. https://doi.org/10.47134/comdev.v1i1.4.

Damayanti, T. E.,( 2014). Pemanfaatan aplikasi twitter sebagai media information sharing di perpustakaan .Jurnal universitas Airlangga. 1-9 2014. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/lna3c10283b4full.pdf.

Giovani, A. P., Ardianyah., Haryanti, T., Kurniawati, L., Gata, W.(2020) Analisis sentimen aplikasi. ruang guru di twitter menggunaka algoritma klasifikasi. Jurnal tekmoinfo. 14(2) 116-124, 2020. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/article/view/679/422.

Hendarsyah, D., E-comerce di era industry 4.0 dan era society 5.0. Jurnal ilmiah ekonomi kita. 8(2) 171-184, 2019. https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/170/169.

Hsanudin, C., Fitria, M., Arsanti, M. (2022).Protasis., Jurnal, bahasa , sastra, budaya dan, pengajarannya. 1(2) 91-97, 2022. https://protasis.amikveteran.ac.id/index.php/protasis.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki., Ramadhan, S.,(2019) Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa., Jurnal keilmuan bahasa, sastra, dan pengajarannya., 5(1) 108-118, 2019. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842.

Lubis, S. S.W.,( 2020)., Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal harian., Jurnal pendidikan., 9(1) 127-135, 2020. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/7167/4160.

Malik, M. S., Maemunah.,(2020). Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dasar., Jurnal ilmiah PGMI., 6(2) 195-214, 2020. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.5754.

Ramadhan, W., Nofriadi., Dafriansyah. Masyarakat bijak dalam memanfaatkan social media di era society 0.5. Jurnal pemberdayaan social dan teknologi masyarakat. 1(2) 159-164. 2021.. https://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM/article/view/771/633.

Rokmana, Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., Veniaty, S., (2023)., Peran budaya literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar., Jurnal of student research. 1(1) 129-140, 2023. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/960/763.

Rozi, I. F., Hamdana, E. N., Alfahmi, M. B. I., Pengembangan aplikasi analisis sentiment twitter menggunakan metode naïve bayes classifier. Jurnal informatika polinema.., 4(2) 149-154, 2018. https://doi.org/10.33795/jip.v4i2.164.

Solihin, F., Awaliyah, S., Shofa, A. M. A., (2021). Pemanfaatan Twitter Sebagai Media Penyebaran Informasi Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosia.(13)1 52-58, 2021. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/2813.

Sururudin, M., Husni, M., Jauhari, S., Aziz, A., Ilhami, B. S., 2021., Strategi pendidikan dengan media pembelajaran berbasis multimedia untuk menghadapi era society 5.0., Jurnal didika: wahana ilmiah pendidikan dasar., 7(1) 143-148, 2021. https://jurnal.ustjogja.acid/index.php/sn-pgsd/article/download/12380/5039.

Umro, J.,Tantangan guru pendidikan agama islam dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal al-makrifat., 5(1) 79-95, 2020. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3675/2698.

Wibawa, R.P.,& Agustina, D.R(.2019). (hots) pada tingjat sekolah menengah pertama di era society .5.0., sebagai penentu kemajuan bangsa Indonesia.Jurnal ilmiah ekonomi dan pembelajarannya. 7(2) 137-141 2019. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/4779.

Zukhrufillah, I. (2018). Gejala Media Sosial Twitter Sebagai Media Sosial Alternatif., Jurnal komunikasi dan penyiaran islam., 1(2) 102-109, 2018. https://doi.org/10.31764/jail.v1i2.235


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.