Anggapan Siswa Tentang Pelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan

Anisa Vitriana Indofah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan pada semua tingkat pendidikan. Meskipun demikian, matematika masih dianggap mata pelajaran yang sulit dan menakutkan karena tidak menarik dan membosankan. Oleh karena itu semua pendidik khususnya pengajar pelajaran matematika harus mampu mengubah pola pikir tersebut dengan memberikan motivasi dan mengajar menggunakan metode belajar matematika yang menarik dan menyenangkan.

Kata kunci— anggapan, matematika, sulit

  

Abstract— Mathematics is a subject taught at all levels of education. Even so, mathematics is still considered a difficult and frightening subject because it is uninteresting and boring. Therefore all educators, especially mathematics teachers, must be able to change this mindset by providing motivation and teaching using interesting and fun mathematics learning methods.

Keywords— presumption, mathematics, difficult


Full Text:

PDF

References


Fitriana, D. N., & Aprilia, A. (2021). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan. PEDIR: Journal of Elementary Education, 1(2), 28-40.

Hasratuddin, H. (2008). Permasalahan pembelajaran matematika sekolah dan alternatif pemecahannya. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1).

Hasratuddin. 2006.Aspek Aspek Domain Afektif siswa SMP se Kota Medan. Laporan Penelitian. Medan: Universitas Negeri Medan.

Soedjadi, R. 2001. Nilai Nilai dalam Pendidikan Matematika dan Upaya Pembinaan Pribadi Anak Didik. Surabaya: Unesa

Sudarwan Danim. 2015. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabet.

Sukasno. 2019. Problematika Pembelajaran Matematika di SD. Journal Of Mathematics Science And Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.