Mengurangi Dampak Negatif Aplikasi TikTok pada Anak Usia Dini di Era Society 5.0

Amelia Risma Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— TikTok merupakan sebuah aplikasi berbasis video asal Tiongkok yang dapat menghibur masyarakat, namun TikTok dianggap membodohkan sehingga media ini dinilai memiliki dampak negatif. Maka penelitian ini harus dilaksanakan agar tau dampak negatif aplikasi TikTok sehingga dapat dilakukan upaya mengurangi dampak negatif terhadap anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi pustaka (library research) dan menggunakan data sekunder yang berkaitan dengan topik penelitian, data didapat dari buku dan artikel prosiding maupun artikel jurnal yang sudah diterbitkan oleh jurnal nasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik simak dan catat. Hasil yang didapat dari penelitian ini menjelaskan tentang upaya mengurangi dampak negatif dari aplikasi TikTok. Dapat disimpulkan bahwa dampak aplikasi TikTok dapat dikurangi dengan beberapa upaya yang bisa diterapkan oleh orang tua.

Kata kunci—era society 5.0, anak usia dini, aplikasi tiktok

 

 

Abstract— TikTok is a video-based application from China that can entertain the public, but TikTok is considered to be stupid so this media is considered to have a negative impact. So this research must be carried out in order to know the negative impact of the TikTok application so that efforts can be made to reduce the negative impact on early childhood. The method used in this research is the library research method and uses secondary data related to the research topic. The data is obtained from proceeding articles and journal articles that have been published by national journals. Data collection techniques used in the form of observation and note-taking techniques. The results obtained from this study explain efforts to reduce the negative impact of the TikTok application. It can be concluded that the impact of the TikTok application can be reduced by several efforts that can be implemented by parents.

Keywords—era society 5.0, early childood, tiktok app


Keywords


era society 5.0, early childood, tiktok app

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504.

Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31. Retrieved from https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/28/26.

Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh media sosial tiktok terhadap minat belajar siswa MA Miftahul Ishlah Tembelok. ISLAMIKA, 4(3), 421-432. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1977.

Bateobara, M. U. (2020). Aplikasi tik-tok seru-seruan atau kebodohan. Network Media, 3(2), 59-65. https://doi.org/10.46576/jnm.v3i2.849.

Bulele, Y. N., Wibowo, T. (2020). Analisi fenomena sosial media dan kaum milenial: studi kasus tiktok. Conference on business, social sciences and innovation technology, 1(1), 565-572. Retrieved from https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463/963.

Damayanti, E. M., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023). Peran mahasiswa dalam menghadapi Pendidikan di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi, 1(1), 113-120. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1500.

Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian dampak negatif aplikasi berbagi video bagi anak-anak di bawah umur di Indonesia. Communication, 10(1), 1-15. http://dx.doi.org/10.36080/comm.v10i1.809.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share: Social Work Journal, 10(2), 199-208. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443.

Fitria, M., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2022). Strategi meningkatkan literasi digital pada masyarakat di era society 5.0. Protaris: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, & Pengajarannya, 1(2), 91-97. Retrieved from https://protasis.amikveteran.ac.id/index.php/protasis/article/view/52.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di Indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70-80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278.

Hulyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 60-71. Retrieved from https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193/195.

Irfan, M., Armyanto, N. G., Rifqi, R. M., Azka, S. N., & Ghofur, M. A. (202). Pengaruh disruptive innovation terhadap pendidikan di akademi militer pada era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia, 3, 279-290. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.157.

Khadijah, K & Amelia, N. (2020). Asesmen perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68-89. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739.

Magfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di Pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086.

Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis dampak perkembangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 pada perilaku masyarakat ekonomi (e-commerce). JURNAL PILAR TEKNOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 4(2), 55-60. https://doi.org/10.33319/piltek.v4i2.39.

Parwati, N. P. Y., & Pramartha, I. N.B. (2021). Strategi guru sejarah dalam menghadapi tantangan Pendidikan Indonesia di era society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143-158. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1114.

Priyantoko, P., & Hasanudin, C. (2022). Digitalisasi bahan ajar Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan 5C siswa di era society 5.0. Prosiding Senada PBSI (Seminar Nasional Daring), 2(1), 356-365. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1326.

Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi literatur penggunaan media sosial tiktok sebagai sarana literasi digital pada masa pandemi covid-19. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308-319. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248.

Rahmadani, A. (2023). Perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui aplikasi tiktok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2941-2948. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6191/5171.

Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4.

Ramdani, N. S., Hadiapurwa, A., & Nugraha, H. (2021). Potensi pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring. AKADEMIKA: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 425-435. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406.

Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192-209. Retrieved from https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176/121.

Sari, M. & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam penelitian pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dam Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95-105. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/326/100.

Syafitri, E. R., & Nuryono, W. I. R. Y. O. (2020). Studi kepustakaan teori konseling dialectical behavior therapy. Jurnal BK Universitas Negeri Surabaya, 11(1), 53-59. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/31687/28749.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (studi pustaka tentang problematika & solusinya. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1). 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Utami, R. D., & Ikhwana, N. S. (2022). Dampak penggunaan media sosial tiktok terhadap kepribadian anak usia dini. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5864-5871. https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.4085.

Wahono, M. S., Parnowo, A., & Ulfa, S. M. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok untuk sarana promosi kesehatan. Jurnal Peduli Masyarakat, 4(1), 181-188. https://doi.org/10.37287/jpm.v4i1.900.

Widiastuti, R. Y. (2015). Dampak perceraian pada perkembangan sosial dan emosional anak usia 5-6 tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 76-86. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3066.

Windayani, N. L. I., dkk. (2021). Teori dan aplikasi Pendidikan anak usia dini. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.