Pemanfaatan Aplikasi Noveltoon Sebagai Media Pembelajaran Prosa Untuk Siswa

Shepia Mauradilla Afrida, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Noveltoon merupakan aplikasi yang berguna untuk siswa untuk media pembelajaran prosa. Dan juga dapat meningkatkan  pembelajaran siswa dengan  baik. Maka tujuan dari penelitian ini bahwa  adanya  noveltoon sangat berguna untuk siswa dan dalam pengajaran guru. Penelitian ini memakai Teknik studi pustaka (library research) sebagai metodenya. Sumber data ini dapat diambil dari beberapa artikel dan jurnal (Dalimunthe,2016). Data yang dipakai berasal dari data sekunder. Dari hasil penelitian ini, terbukti bahwa penggunaan aplikasi Noveltoon sebagai alat bantu pembelajaran prosa dalam bentuk paragraf dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Kesimpulan penelitian  ini  bahwa aplikasi Noveltoon dapat menjadi alternatif yang efektif sebagai media pembelajaran prosa bagi siswa. Fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini dapat membantu siswa dalam memahami materi prosa tersebut dengan lebih mudah dan menyenangkan.

 

Abstract-Noveltoon is an application that is useful for students for prose learning media. And also can improve student learning well. So the purpose of this study is that the noveltoon is very useful for students and in teaching teachers. This research uses library research as its method. This data source can be taken from several articles and journals (Dalimunthe, 2016). The data used comes from secondary data. From the results of this study, it is evident that the use of the Noveltoon application as a tool for learning prose in the form of paragraphs can improve student achievement. The conclusion of this study is that the Noveltoon application can be an effective alternative as a prose learning medium for students. The features of this application can help students understand the prose material more easily and pleasantly.

 


Keywords


Noveltoon, instructional Media, & prose

Full Text:

PDF

References


Hermanto. M. D., & Hasanudin . C. (2022). Meningkatkan keterampian menulis cerpen siswa SMA dengan memanfaatkan aplikasi noveltoon. Prosiding senada PBSI, 2(1), 29-37. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1279

Herwaman. D., & Shandy. S. (2019). Pemanfaatan hasil analisis novel seruni karya almas sufeeya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jurnal bahasa,sastra Indonesia dan pengajarannya, 12(1), 11-20. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.125

Istiqlal. A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal kepemimpinan dan pengurus sekolah, 3(2), 139-144. https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp

Kusumawati. H.(2022).Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel islammu adalah maharku karya ario muhammad, PhD. Jurnal pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, 2(2), 172-183. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2022.2.2.172-183

Lafamane. F. (2020). Karya sastra (puisi,prosa, dan drama).

Masitoh. A. (2021). Jenis – Jenis Tanda Dalam Penokohan Cerpen “Syamsyūn Al- Jabbār” Karya Kāmil Kīlani (Kajian Semiotika Charles Sander Pierce), 11(2), 1-17. https://dx.doi.org/10.19305/elha.v11i2.4773

Miftah. M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Mulyaningtyas. R., & Ekafebriyanti. V. (2021). Pemanfaatan Noveltoon Sebagai media pembelajaran Prosa di SMA. Jurnal bahasa sastra dan pengajarannya,2(2), 88-106. https://ejournal,iainsurakarta.ac.id/ndex.php/tabasa

Praningrum. I. H. & Wati. R. (2021). Berbagai topik sastra dalam ranah cyber: dari popularitas hingga komunitas cerita bertopik misteri. Jurnal penelitian bahasa dan satra Indonesia serta pembelajarannya, 5(1), 11-19. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4632

Rustono. R., & Pristiwati. R. (2014). Bentuk dan jenis sastra lisan banyumasan. Jurnal bahasa dan sastra, 10(1), 1-9. https://doi.org/10.15294/lingua.v10i1.2974

Sari. N., & Sarjana . I. M. (2023). Perlindungan hukum mengenai hak cipta karya sastra berbasis digital pada situs online. Jurnal kertha semaya, 11(3), 498-508. https://doi.org/10.24843/KS.2023.v11.i03.p04

Sri. A. (2008). Media pembelajaran. Bandung: Universitas islam negeri gunung djati.

Susanti. S., & Zulfiana. A. (2018). Jenis-jenis media dalam pembelajaran. Sidoarjo: Universitas Muhammdiyah Sidoarjo.

Turama. A. R., Mulyani. S. R., & Ansori. A. (2020). Prosa fiksi,pengantar dan beberapa usaha Menuliskannya.Karanganyar: Sriwijaya university

Wahyuni. S. (2020). Peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX.2 SMP negeri 3 batanghari dengan menggunakan media noveltoon semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Journal Education of Batanghari, 2(8), 103-115. https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/73

Widiyati. S. (2020). Buku ajar kajian prosa fiksi. Sulawesi Tenggara: LPPM Universitas muhammadiyah buton press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.