Pemanfaatan Aplikasi Noveltoon Sebagai Media Pembelajaran Prosa Untuk Siswa
Abstract
abstrak—Noveltoon merupakan aplikasi yang berguna untuk siswa untuk media pembelajaran prosa. Dan juga dapat meningkatkan pembelajaran siswa dengan baik. Maka tujuan dari penelitian ini bahwa adanya noveltoon sangat berguna untuk siswa dan dalam pengajaran guru. Penelitian ini memakai Teknik studi pustaka (library research) sebagai metodenya. Sumber data ini dapat diambil dari beberapa artikel dan jurnal (Dalimunthe,2016). Data yang dipakai berasal dari data sekunder. Dari hasil penelitian ini, terbukti bahwa penggunaan aplikasi Noveltoon sebagai alat bantu pembelajaran prosa dalam bentuk paragraf dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini bahwa aplikasi Noveltoon dapat menjadi alternatif yang efektif sebagai media pembelajaran prosa bagi siswa. Fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini dapat membantu siswa dalam memahami materi prosa tersebut dengan lebih mudah dan menyenangkan.
Abstract-Noveltoon is an application that is useful for students for prose learning media. And also can improve student learning well. So the purpose of this study is that the noveltoon is very useful for students and in teaching teachers. This research uses library research as its method. This data source can be taken from several articles and journals (Dalimunthe, 2016). The data used comes from secondary data. From the results of this study, it is evident that the use of the Noveltoon application as a tool for learning prose in the form of paragraphs can improve student achievement. The conclusion of this study is that the Noveltoon application can be an effective alternative as a prose learning medium for students. The features of this application can help students understand the prose material more easily and pleasantly.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hermanto. M. D., & Hasanudin . C. (2022). Meningkatkan keterampian menulis cerpen siswa SMA dengan memanfaatkan aplikasi noveltoon. Prosiding senada PBSI, 2(1), 29-37. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1279
Herwaman. D., & Shandy. S. (2019). Pemanfaatan hasil analisis novel seruni karya almas sufeeya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jurnal bahasa,sastra Indonesia dan pengajarannya, 12(1), 11-20. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.125
Istiqlal. A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal kepemimpinan dan pengurus sekolah, 3(2), 139-144. https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp
Kusumawati. H.(2022).Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel islammu adalah maharku karya ario muhammad, PhD. Jurnal pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, 2(2), 172-183. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2022.2.2.172-183
Lafamane. F. (2020). Karya sastra (puisi,prosa, dan drama).
Masitoh. A. (2021). Jenis – Jenis Tanda Dalam Penokohan Cerpen “Syamsyūn Al- Jabbār” Karya Kāmil Kīlani (Kajian Semiotika Charles Sander Pierce), 11(2), 1-17. https://dx.doi.org/10.19305/elha.v11i2.4773
Miftah. M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105
Mulyaningtyas. R., & Ekafebriyanti. V. (2021). Pemanfaatan Noveltoon Sebagai media pembelajaran Prosa di SMA. Jurnal bahasa sastra dan pengajarannya,2(2), 88-106. https://ejournal,iainsurakarta.ac.id/ndex.php/tabasa
Praningrum. I. H. & Wati. R. (2021). Berbagai topik sastra dalam ranah cyber: dari popularitas hingga komunitas cerita bertopik misteri. Jurnal penelitian bahasa dan satra Indonesia serta pembelajarannya, 5(1), 11-19. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4632
Rustono. R., & Pristiwati. R. (2014). Bentuk dan jenis sastra lisan banyumasan. Jurnal bahasa dan sastra, 10(1), 1-9. https://doi.org/10.15294/lingua.v10i1.2974
Sari. N., & Sarjana . I. M. (2023). Perlindungan hukum mengenai hak cipta karya sastra berbasis digital pada situs online. Jurnal kertha semaya, 11(3), 498-508. https://doi.org/10.24843/KS.2023.v11.i03.p04
Sri. A. (2008). Media pembelajaran. Bandung: Universitas islam negeri gunung djati.
Susanti. S., & Zulfiana. A. (2018). Jenis-jenis media dalam pembelajaran. Sidoarjo: Universitas Muhammdiyah Sidoarjo.
Turama. A. R., Mulyani. S. R., & Ansori. A. (2020). Prosa fiksi,pengantar dan beberapa usaha Menuliskannya.Karanganyar: Sriwijaya university
Wahyuni. S. (2020). Peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX.2 SMP negeri 3 batanghari dengan menggunakan media noveltoon semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Journal Education of Batanghari, 2(8), 103-115. https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/73
Widiyati. S. (2020). Buku ajar kajian prosa fiksi. Sulawesi Tenggara: LPPM Universitas muhammadiyah buton press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.