Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Power Point Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023

Amaliah Mirta Khayatunnufus Khamila, Masnu'atul Hawa, Moh Fuadul Matin

Abstract


abstrak—Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil tes keterampilan menulis karya ilmiah siswa khususnya dalam menulis maklah yaitu 65,75. Rata-rata nilai tersebut masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Hal ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi menulis karya ilmiah khususnya berupa makalah. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif dengan tipe Numbered Head Together (NHT). Selain penggunaan metode pembelajaran, upaya peningkatan juga harus dibantu menggunakan media pembelajaran seperti media Power Point yang digunakan sebagai alat menjelaskan materi kepada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan penggunaan metode dan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus, dan mengetahui peningkatan proses pembelajaran di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro melalui penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dan media Power Point pada materi menulis karya ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). enelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dan media Power Point, dan wawancara guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari peningkatan hasil keterampilan menulis siswa yang diperoleh dari hasil tes dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) dan media Power Point. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) penggunaan metode Numbered Head Together (NHT) dan media Power Point dalam materi menulis karya ilmiah berupa makalah berkategori sangat baik, 2) hasil belajar siswa dalam materi menulis karya ilmiah berupa makalah setiap siklus mengalami peningkatan di atas nilai KKM yaitu 70, setelah diterapkan metode Numbered Head Together (NHT) dan media Power Point. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 73,63 dengan peningkatan hasil tes sebesar 7,88. Hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,41 dengan peningkatan hasil tes sebesar 8,78. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan prasiklus, siklus I dan II, 3) hasil kinerja guru dan keaktifan siswa melalui penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dan media Power Point pada materi menulis karya ilmiah berupa makalah dengan nilai rata-rata 91,66% dan 94,44% termasuk dalam katagori sangat tinggi. Penggunaan metode Numbered Head Together (NHT) dan media Power Point dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, dan dapat membantu siswa agar tetap terfokus dan siap siaga dalam berbagai situasi pembelajaran yang sedang terjadi sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar yang maksimal.

Kata kunci—keterampilan menulis, karya ilmiah, Numbered Head Together

   (NHT), Media Power Point

 

abstract— Classroom Action Research on class XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro background from initial observations which showed low student learning outcomes, it can be seen based on the average score of students' writing skills test results, especially in writing papers, namely 65.75. The average value is still below the minimum completeness criteria (KKM) set by the school, which is 75. This shows that student learning outcomes are still low in material for writing scientific papers, especially in the form of papers. Therefore, a learning method that can improve student learning outcomes is a cooperative learning model with the Numbered Head Together (NHT) type. In addition to using learning methods, improvement efforts must also be assisted by using learning media such as media Power Point which are used as a tool to explain material to students. The purpose of this study was to determine the application of the use of learning methods and media in improving student learning outcomes in each cycle, and to find out the improvement of the learning process in class XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro through the application of the Numbered Head Together (NHT) method and Power Point media on scientific paper writing material. The research method used is Classroom Action Research (CAR). The research was carried out in three cycles, each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. The subject of this research was conducted in class XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro, which consisted of 36 students. The collection of data used in this research is qualitative and quantitative data. Qualitative data in the form of observation sheets on the application of the Numbered Head Together (NHT) method and Power Point media, and teacher and student interviews. Meanwhile, quantitative data is in the form of data obtained from improving the results of students' writing skills obtained from test results using the Numbered Head Together (NHT) method and Power Point media. The results obtained from this study include: 1) the use of the Numbered Head Together (NHT) method and Power Point media in writing scientific papers in the form of very good category papers, 2) student learning outcomes in writing scientific papers in the form of papers each cycle have increased above the KKM score of 70, after applying the Numbered Head Together (NHT) method and Power Point media. Student learning outcomes in cycle I was 73.63 with an increase in test results of 7.88. Student learning outcomes in cycle II was 82.41 with an increase in test results of 8.78. This shows an increase in pre-cycle activities, cycles I and II, 3) the results of teacher performance and student activity through the application of the Numbered Head Together (NHT) method and Power Point media on scientific writing material in the form of papers with an average value of 91.66 % and 94.44% are included in the very high category. The use of the Numbered Head Together (NHT) method and Power Point media can increase student activity in learning, and can help students to stay focused and alert in various learning situations that are happening so that there is an increase in the completeness of maximum learning outcomes.

Keywords— Writing Skills, Scientific Work, Numbered Head Together (NHT)

  Method, Media Power Point

 


Keywords


Writing Skills, Scientific Work, Numbered Head Together (NHT) Method, Media Power Point

Full Text:

PDF

References


Akhadiyah, Sabarti. 1996. Bahasa Indonesia (hlm. 6-8). Jakarta: Universitas terbuka.

Arifin, Zaenal. 2008. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah (hlm 1). Jakarta: PT Gramedia.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Jakarta: Rosda Karya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembalajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Astika, I Made, dkk. 2017. Pembelajaran Menulis Teks Berita melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas VIII E SMP Negeri 4 Kubutambahan. Jurnal Vol.7 No. 2. Universitas Pendidikan Ganesha, Bali.

Chambers, Robert. 1995. Pembangunan Desa Mulai dari Belakang. Yogyakarta : LP3ES. (Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial).

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (hlm 52). Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007 (Edisi Kedua). Kamus Besar Bahasa Indonesia (hlm. 1180). Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dewanto, dkk. 2007. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.

Doyin, dan Wagiran. 2009. Bahasa Indonesia: Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.

Fachrudin. 1998. Dasar-dasar Keterampilan Menulis (hlm. 8). Jakarta: Depaertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Fathurrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif (hlm. 82). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdani. 2012. Strategi Belajar Mengajar (hal. 2). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hamidjojo. 1998. Dasar-dasar Merancang Kontrak. Jakarta: Gramedia Media Sarana.

Hasyim. 1997. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah (hlm. 8). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (hlm. 245). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hujair, Sanaky AH. 2009. Media Pembelajaran (hlm. 135-136). Yogyakarta: Safriria Insania Press.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran (hlm. 55-56). Yogyakarta: Diva Press.

Ibrahim, dkk. 2008. Pembelajaran Kooperatif (hlm. 28). Surabaya: UNESA-University Press.

Keraf, Gorys. 1994. Eksposisi: Komposisi Lanjutan 2 (hlm. 111-112). Jakarta: PT Grasindo.

Kown, MC. 1949. Audio Visual Aids to Instruction. Amerika Serikat: Universitas Michigan-McGraw-Hill Book Company.

Kurniasih, Imas dan Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran (hlm. 30). Jakarta: Kata Pena.

Kristiani, Rini. 2009. Pembelajaran Menulis di Sekolah Besar Menulis Deskripsi dan Narasi (hlm. 99). Sidoarjo: Media Ilmu.

Lestari, dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika (hlm. 44). Bandung: Refika Aditama.

Linn, dkk (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Longman.

Mardi, dkk. 2007. Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi (hlm. 69). Jakarta: Yudhistira.

Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan: Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan di Sekolah. Malang: UIN-Maliki Press.

Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Pasmiati. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Tulis Ilmiah melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ungaran. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, Unnes, Semarang.

Rofi’udin, Ahmad. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi (hlm. 262). Jakarta: Depdikbud.

Rosana, Edita. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Multimedia Power Point pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Unnes, Semarang.

Rusman, dkk. 2011. Model-model Pembelajaran (hlm. 300). Jakarta: Rajawali Press.

Siddiq, dkk. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD (hlm. 6-12). Jakarta: Dikjendikti.

Sudijono. 2007. Pengantara Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan (hlm. 21). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suparno, dan Mohamad Yunus. 2005. Keterampilan Dasar Menulis (hlm. 26). Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning (hlm. 69). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilo, Mardanu. 2007. Karya Ilmiah (Makalah) (hlm. 1). Dari: http://mrdanu.blogspot.com/2007/06/karya-ilmiah-makalah.html. Diakses pada tanggal 25 November 2022.

Suwarjeni, Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami (hlm 73). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (hlm. 82). Jakarta: Kencana Media Grup.

Wendra, I Wayan. 2009. Penulisan Karya Ilmiah (Buku Ajar) (hlm. 2). Singaraja: Undiksha.

Wiedarti. 2005. Menuju Budaya Menulis Suatu Bunga Rampai (hlm. 21-23). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Power Point Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.