Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa

Eka Putri Mulya Ningrum, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika, yaitu agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah. kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Analisis data dilakukan secara khusus melalui penelitian dan analisis deskriptif Kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika meliputi kemampuan siswa untuk mendefinisikan, mengklasifikasikan, memberi contoh dan bukan contoh, menyajikan konsep dalam representasi matematis yang berbeda, mengembangkan istilah konseptual yang perlu dan cukup, menggunakan dan menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan menerapkan konsep atau algoritma dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hasil pembahasan dapat diartikan bahwa kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika meliputi kemampuan siswa untuk mendefinisikan, mengklasifikasikan, memberikan contoh dan bukan contoh, menyajikan konsep dalam representasi matematis yang berbeda, membentuk syarat perlu dan cukup untuk memahami konsep matematika siswa. Indikator kemampuan pemahaman matematis siswa adalah merepresentasikan konsep, mengklasifikasikan objek menurut konsep tertentu, memberikan contoh dan bukan contoh konsep, menyajikan konsep dalam penyajian matematika yang berbeda, mengembangkan, menggunakan dan memanfaatkan istilah-istilah yang perlu dan cukup untuk konsep tersebut. Indikator kemampuan pemahaman matematis siswa adalah merepresentasikan konsep, mengklasifikasikan objek menurut konsep tertentu, memberikan contoh dan bukan contoh konsep, menyajikan konsep dalam penyajian matematika yang berbeda, mengembangkan, menggunakan dan memanfaatkan istilah-istilah yang perlu dan cukup untuk konsep tersebut. dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan menerapkan konsep atau algoritma untuk memecahkan masalah. dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan menerapkan konsep atau algoritma untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menggunakan metode pengajaran yang tepat untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menggunakan metode pengajaran yang tepat untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika.

Kata kunci— Konsep matematika pada siswa, kemampuan pemahaman

 

 

Abstract— One of the goals in learning mathematics is for students to have the ability to understand mathematical concepts, explain the interrelationships between concepts and apply concepts or algorithms, in a flexible, accurate, efficient and precise way, in solving problems. students' ability to understand mathematical concepts. This study used library research. Data analysis was carried out specifically through research and descriptive analysis. The ability of students to understand mathematical concepts includes the ability of students to define, classify, give examples and non-examples, present concepts in different mathematical representations, develop necessary and sufficient conceptual terms, use and use and choosing certain procedures or operations, and applying concepts or algorithms in solving problems. Based on the results of the discussion, it can be interpreted that students' abilities to understand mathematical concepts include students' abilities to define, classify, provide examples and non-examples, present concepts in different mathematical representations, form necessary and sufficient conditions for understanding students' mathematical concepts. Indicators of students' mathematical understanding ability are representing concepts, classifying objects according to certain concepts, giving examples and non-examples of concepts, presenting concepts in different mathematical presentations, developing, using and utilizing terms that are necessary and sufficient for these concepts. Indicators of students' mathematical understanding ability are representing concepts, classifying objects according to certain concepts, giving examples and non-examples of concepts, presenting concepts in different mathematical presentations, developing, using and utilizing terms that are necessary and sufficient for these concepts. and selecting certain procedures or operations and applying concepts or algorithms to solve problems. and selecting certain procedures or operations and applying concepts or algorithms to solve problems. Therefore, it is important for teachers to use appropriate teaching methods to develop students' ability to understand mathematical concepts. Therefore, it is important for teachers to use appropriate teaching methods to develop students' ability to understand mathematical concepts.

Keywords— Mathematical concepts in students, understanding ability

 


Keywords


Mathematical concepts in students, understanding ability

Full Text:

PDF

References


Herawati, O., D., P., dkk. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI Ipa Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 (1), hal 70-80. https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.312

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. (1), hal 21-32.

Hasan, Alwi. 2007. KBBI, Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Rosmawati, H. 2008. Penggunaan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi: UPI.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 0–7.

Fajri, M. (2017). Kemampuan berpikir matematis dalam konteks pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Lemma, 3(2), 232878. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i2.1884

Siahaan, Yulia S, dan Edy Surya. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP IT Nurul Fadhila Percut Sei Tuan.

Dewan Riset Nasional. (2001). Menambahkannya: Membantu anak-anak belajar matematika. Pers Akademi Nasional.

Hiebert, J., & Grouws, DA (2007). Pengaruh pembelajaran matematika di kelas terhadap hasil belajar siswa. Dalam FK Lester Jr. (Ed.), Second Handbook of Research on Math Learning and Learning (pp. 371-404). Penerbitan Era Informasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.