Analisis Penerapan Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada Teras Angkringan Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro

Dina Silvi Khoerotunnisak, Dwi Riyana Wati, Haidzaroh Fa’iqotul Muna, Nabilla Aliya Nur R

Abstract


abstrak-Perusahaan dikatakan berhasil dan sukses dalam bersaing dengan perusahaan sejenis lain nya, jika perusahaan dapat menerapkan strategi bauran pemasaran secara efektif dan dapat dibuktikan dengan tingkat penjualan yang signifikan dalam suatu periode tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui penerapan bauran pemasaran dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan bauran pemasaran di Teras angkringan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dijual di Teras Angkringan berupa sate-satean olahan ikan dan ayam serta minuman beraneka ragam, harga yang ditawarkan cukup terjangkau, lokasi yang digunakan cukup strategis, dan promosi yang dilakukan menggunakan teknik personal selling dan menyerbarkan informasi melalui media sosial. Adapun faktor pendukungnya adalah  kemajuan teknologi, pelayanan yang baik, dukungan dari masyarakat sedangkan faktor penghambatnya adalah sering kali didatangi oleh seorang pengamen dan pengemis, karena tempatnya yang terbuka sehingga menggaggu ketenangan dan kenyamanan pengunjung. Selain itu juga kestabilan wifi yang kadang membuat kecepatan internet menurun bila terlalu banyak pemakainya. Serta sudah banyak pesaing warung angkringan yang saat ini semakin melesat diluaran. Sehingga penerapan bauran yang ada di Teras Angkringan dapat meningkat penjualan.

Kata kunci- Strategi, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran.

 

 

Abstract- The company is said to be successful and successful in competing with other similar companies, if the company can implement the marketing mix strategy effectively and can be proven by a significant level of sales in a certain period. The purpose of this study was to determine the application of the marketing mix and to determine the supporting and inhibiting factors in implementing the marketing mix at Teras angkringan. This study uses a qualitative method. The results of this study indicate that the products sold at Teras Angkringan are fish and chicken skewers and various kinds of drinks, the price offered is quite affordable, the location used is quite strategic, and the promotion is carried out using personal selling techniques and disseminating information through social media. The supporting factors are technological progress, good service, support from the community, while the inhibiting factor is that buskers and beggars often visit them, because the place is open so it disturbs the peace and comfort of visitors. Apart from that, the stability of the wifi sometimes makes the internet speed decrease if there are too many users. And there are already many competitors to the angkringan stalls which are currently racing outside. So that the application of the existing mix at Teras Angkringan can increase sales.

Keywords- Strategy, Marketing Strategy, Marketing Mix.

Keywords


Strategy, Marketing Strategy, Marketing Mix.

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha. (2004). Managemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, penerbit :BPFE, Yogyakarta.

Felisa W. Mamonto, Willem J. F. A. Tumbuan, Mirah H. Rogi. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podo Moro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (EMBA). Doi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/33281

Irdha Yanti Musyawarah1, D. I. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2. Doihttps://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/83

Kotler. Philip. (2005). Managemen Pemasaran.Jilid 1 dan II. Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Nabilla S. Beu, Silcyljeova Moniharapon, Reitty L. Samadi. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (EMBA) Volume 09, No. 3. Doihttps://ejornal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35821

Riski Putri Anjayani, Intan Rike Febriyanti. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan penjualan (Studi Pada UMKM YJS Sukabumi). Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) Volume 2, No 9. Doihttps://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/1175

Sofyan, Riyanto. (2012). Prospek Bisnis Jajanan.

Swatha. (2013). Management Pemasaran Jasa, selemba lima.

Tjiptoni. (2011). Metode penelitian kuantittif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabert.

Wardani, Aris Triyono. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Budi Utama. Doihttps://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/view/8042


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.