Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMP Kurikulum 2013

Aniswatul Ulya, Maya Puspita Sari, Fifi Tri Utami, M. Nurul Yaqin, Muhammad Sholehhudin, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Buku pelajaran merupakan bagian dari perangkat pembelajaran yang sangat penting dan bermakna dalam memacu, memajukan, dan mencerdaskan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII SMP. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi pustaka (library research) yang didukung dari beberapa sumber referensi. Teori yang digunakan oleh penulis yakni teori dari Mary W. George yang memiliki beberapa langkah dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditemukan kelayakan isi pada buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial yang mencakup 1). Keakuratan materi,   2). Materi pendukung dalam pembelajaran, 3). Kesesuaian dengan kurikulum dan 4). Keluasan serta Kedalaman materi.

Kata kunci— Kelayakan isi, buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial, kurikulum 2013

 

 

Abstract— Textbooks are part of a very important and meaningful learning tool in spurring, advancing, and educating students. The purpose of this study was to analyze the Social Science textbooks for class VII SMP. In this study the authors used the method of library research (library research) supported by several reference sources. The theory used by the author is the theory of Mary W. George which has several steps in the research. Based on the results of this study, it can be found that the feasibility of the content in Social Science textbooks includes 1). Material accuracy, 2). Supporting material in learning, 3). Compatibility with the curriculum and 4). Breadth and Depth of the material

Keywords— Content feasibility, Social Science textbook, 2013 curriculum.

 


Keywords


Content feasibility, Social Science textbook, 2013 curriculum.

Full Text:

PDF

References


Asarina, R. (2014). Studi Eksplorasi Kendala-Kendala Guru dalam Pembelajaran IPS di SMP Wilayah Kecamatan Moyudan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang sisdiknas 2003. Jurnal pendidikan, 2(1), 71-85. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.542.

NCSS. 1994. Curriculum Standards for Sosial Studies. Washington D,C,: National Council for the Social Studies.

Numan Sumantri, M. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prihantoro, NA, Warsono, W., & Sunarto, S. (2017). Analisis Isi Buku Teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum 2013 Kelas Vii Smp/Mts. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia, 1 (1), 1–10. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p1-10.

Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan Nilai, Budaya Dan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dasar Pada Sd/Mi. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767.

Suluh, M. (2018). Artikel penelitian /article reviu perspektif pendidikan nasional. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.78.

Supriadi, D. 2000. Anatomi Buku Sekolah di Indonesia: Problematika Penilaian, Penyebaran, dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan, dan Buku Sumber. Yogyakarta: Adicita.

Towaf, Siti Malikhah. 2014. “Pendidikan Karakter Pada Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Ilmu Pendidikan 20(1). http://dx.doi.org/10.17977/jip.v20i1.4380.

Wahyudi, D. (2011). Pembelajaran IPS Berbasis Kecerdasan Intrapersonal Interpersonal dan Eksistensial. 1, 33-45. Retrieved from: http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:vH7e5_arXoUJ:scholar.google.com/&hl=id&as_sdt=0,5&scioq=Pembelajaran+IPS+Berbasis+Kecerdasan+Intrapersonal+Interpersonal+dan+Eksistensia.

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran Ips. Satya Widya, 33(1), 29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36.

World Bank. 1995. Indonesia: Book and Reading Development Project, Staff, Appraisal, May.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.