Upaya Peningkatan Disiplin pada Tata Tertib Sekolah dengan Menggunakan Teknik Positive Reinforcement pada Siswa di Smp Negeri 1 Bubulan

Kaifiyatika Nur Sayyidah, Jumiati Jumiati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Artikel  ini berdasarkan atas studi kasus dan pengamatan yang terjadi di lapangan yang menunjukkan bahwa ditemukannya fenomena rendahnya kedisiplinan siswa terhadap tata tertib yang berlaku di sekolah khususnya di SMP Negeri 1 Bubulan. Siswa yang kurang mendapatkan perhatian dan kurang mendapat dorongan dari orang tua mengakibatkan siswa akan memiliki kedisiplinan yang rendah. Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan orang tua wali murid bekerja di luar negeri atau menjadi TKW/TKI merupakan hal yang mengakibatkan siswa kurang mendapat dorongan dan perhatian dari orang tua, memang tidak semua orang tua wali murid bekerja di luar negeri tetapi hal tersebut sangat besar pengaruhnya terhadap siswa lain. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan disiplin siswa pada tata tertib sekolah setelah menerapkan teknik positif reinforcement pada siswa SMP Negeri 1 Bubulan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara terhadap guru Bimbingan dan Konseling, observasi pada siswa, dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan teknik positif reinforcement di SMP Negeri 1 Bubulan menunjukan adanya peningkatan disiplin siswa pada tata tertib sekolah.

Kata kunci—Disiplin Siswa, Tata tertib, Teknik positif reinforcement.

 

 

Abstract—This article is based on case studies and observations that occurred in the field which showed that there was a phenomenon of low student discipline towards the rules that apply in schools, especially at Bubulan 1 Public Middle School. Students who do not get enough attention and receive less encouragement from parents will result in students having low self-discipline. Job demands that require parents and guardians to work abroad or to become migrant workers/TKI are things that result in students not getting enough encouragement and attention from their parents. Indeed, not all parents and guardians of students work abroad, but this has a huge impact on students. other. The purpose of this article is to find out whether there is an increase in student discipline in school discipline after applying positive reinforcement techniques to Bubulan 1 Public Middle School students. The data collection method used was the method of interviewing Guidance and Counseling teachers, observation of students, and documentation while the data analysis used was descriptive qualitative analysis. The results of this study indicate that using positive reinforcement techniques at Bubulan 1 Public Middle School shows an increase in student discipline in school discipline.

Keywords— Student Discipline, Rules, Positive reinforcement techniques.


Keywords


Student Discipline, Rules, Positive reinforcement techniques.

Full Text:

PDF

References


Aulina, CN (2013). “Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini”. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Ayatullah Muhammad Al Fath. (2015). PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN, DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 19 BANDA ACEH. Jurnal Visipena , 6 (1), 2-3. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i1.344

Dalimunthe (2017). “Peserta didik dalam perspektif pendidikan islam”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 3(2), 87. Doi: http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v3i2.1326

Faruqi (2018). “Upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa melalui pengelolaan kelas”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 13. Doi http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.80

Fawaid, MM (2017). Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 10-11. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum

Gantina Komalasari, Eka Wahyu, Karsih (2011). “ Teori dan Teknik Konseling”, Jakarta: Permata putri media.

Indonesia. Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 4301

Joko Sumarmo (2011). “Pengaruh Motivasi, Lingkungan, dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas V SDN 19 Banda Aceh” karya Ayatullah Muhammad Al Fath. Jurnal Visipena, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i1.344

Ni Putu Afsari Wulandari, dkk (2018). “ Efektifitas Konseling Behavioral Teknik Modeling dan Teknik Positive Reinforcement terhadap Self Change ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta. Jurnal Bimbingan dan Konseling indonesia, 3(1), 28. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/2948

Sardiman (2010). “ Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: PT Raja GrafindoPersda.

Suharsimi Arikunto (2008). “Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta, Bumi Aksara, p122-134

Sukadji (2002). “Hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 Pone Kabupaten Bone” karya Sultan Hasanudin. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15. DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v1i1.183

Suryosubroto (2004). “Tingkat kontrol diri siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah di SMAN 1 Candung” karya Nikmatul Husna. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 8(1), 62


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.