Memanfaatkan Media Sosial sebagai Sarana Meningkatkan Kegiatan Belajar Generasi Milenial

Khoirul Junianto, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak Generasi milenial merupakan masyarakat yang sudah beradaptasi dengan kemajuan teknologi salah satunya kemajuan teknologi dibidang komunikasi. Dengan hadirnya kemajuan teknologi di bidang komunikasi sekarang memudahkan para masyarakat dapat berkomunikasi satu sama lain melalu media sosial. Hingga pada akhirnya media sosial memiliki peran penting sebagai media komunikasi dengan masyarakat lain melalui dunia virtual. Selain kemajuan teknologi di bidang komunikasi kemajuan teknologi ini juga memiliki peran penting dibidang pendidikan. Dengan hadirnya kemajuan teknologi dibidang pendidikan sekarang memudahkan kegiatan belajar yang dulunya kegiatan belajar hanya bisa dilakukan secara tatap muka, sekarang dengan adanya kemajuan teknologi kegiatan belajar dapat dilakukan secara daring. Metode penelitian yang di digunakan adalah studi pustaka yang sumbernya diperoleh dari buku dan internet. Pembahasan yang diperoleh adalah mengenai aplikasi yang dapat digunakan untuk membatu meningkatkan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini agar generasi milenial mampu meningkatkan kegiatan belajar di tengah kemajuan teknologi.

Kata kunci—Generasi Milenial, Media Sosial, Kegiatan Belajar

 

 

Abstract— The millennial generation is a society that has adapted to technological advances, one of which is technological advances in the field of communication. With the presence of technological advances in the field of communication, it is now easier for people to communicate with each other through social media. Until finally social media has an important role as a medium of communication with other people through the virtual world. In addition to technological advances in the field of communication, technological advances also have an important role in the field of education. With the presence of technological advancements in the field of education, it is now facilitating learning activities that previously could only be carried out face-to-face, now with advances in technology, learning activities can be carried out online. The research method used is literature study whose sources are obtained from books and the internet. The discussion obtained is regarding applications that can be used to help improve learning activities. The purpose of this research is for the millennial generation to be able to improve learning activities in the midst of technological advances.

Keywords— Millennial Generation, Social Media, Learning Activities


Keywords


Millennial Generation, Social Media, Learning Activities

Full Text:

PDF

References


Cahyono, S.A, (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157. http://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.

Fatramawati, E. (2017). Dampak media sosial terhadap perpustakaan. Jurnal Perpustakaan, 5(1), 1-28. http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i1.2250.

Fitriani, I. (2015). Membudidayakan iklim semangat belajar kepada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Sekolah Dasar, 2(1), 115-124. http://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1286.

Hidayatullah S., Waris A, & Devianti C.R., Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go- Food. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 6(2), 240-249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.256.

Irman. (2019). Pengaruh permainan kelompok dalam konseling terhadap pembentukan karakter anak mualaf. Jurnal Sosial Keagamaan 3(1), 52-62. http://dx.doi.org/10.31958/jsk.v3i1.1585.

Iskandar J. &., Syueb, S. (2017). Pengaruh komunikasi internasional dan komunikasi kelompok terhadap supporter persebaya korwil suramadu. Jurnal Ilmu Komunikasi. 9(2), 90-109. http://doi.org/10.31937/ultimacomm.v9i2.812.

Jayul A, &., Irwanto E. (2020). Model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan belajar pendidikan jasmani di tengah pandemi covid-19, Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. 6(2), 192-199. http://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.

Juliana, S. (2022). Komunikasi internasional Indonesia sebagai presidensi G-20 Indonesia 2022 di tinjau dari persepeksi diplomatik. Jurnal Ilmu Komunikasi. 8(1), 8-17. http://doi.org/10.31479/jcn.v8i1.57.

Leonita E, &., Jalinus, N. (2018). Peran media sosial dalam upaya promosi kesehatan. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(2), 25-34. http://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.261.

Oktari D, &., Dewi A. D., (2021). Pemicu lunturnya nilai pancasila pada generasi milenial. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 93-103. http://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1170.

Pramesti, Y.D, &., Kwusuma, D. (2018). Kepemimpinan ideal pada era generasi milenial. Jurnal Manajemen Pemerintah, 10(1), 73-84. https://doi.org/10.33701/jt.v10i1.413.

Rohmawati, M. (2012). Penggunaan education game untuk meningkatkan hasil belajar ipa biologi konsep klarifikasi makhluk hidup. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 1(1), 76-81. http://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2017.

Saputra, D.H., Ismed, F.& Andrizal. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-29. http://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168.

Septiani, M. (2015). Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dalam memfasilitasi masyarakat belajar sepanjang hayat. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 10(2), 67-76. http://doi.org/10.21009/JIV.1002.1.

Suherman, A. (2018). Penguatan karakter bagi generasi milenial berbasis kearifan lokal. Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 107-113. http://doi.org/10.17509/jlb.v9i2.15678.

Tanjung, F.R., Neviryani & Dimana. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa STIKIP PGRI Sumatra Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2), 115-164. http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3937.

Utomo, P. A &., Mariana, M. (2010). Analisis tata kelola teknologi informasi pada bidang akademik dengan cobit frame work studi kasus pada universitas stikubang Semarang. Jurnal Teknologi Informasi, 16(2), 139-149. http://doi.org/10.35315/dinamik.v16i2.361.

Watie Setya, E.D., (2011). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Masangger, 3(2), 69-75. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270.

Widiyawati, A. (2004). Metode mengajar sebagai strategi dalam mencapai tujuan belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1), 66-71. http://doi.org/10.21831/jpai.v3i1.836.

Wirantaka A, & Wahyono, T. (2022). Pelatihan parenting mengenal generasi milenial. LPM UMY, 1(5), 424-428. https://doi.org/10.18196/ppm.52.1043.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.