Pemanfaatan Aplikasi IPusnas Sebagai Media Literasi di Era Society 5.0

Siti Munawaroh, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Literasi merupakan kemampuan dalam memahami suatu informasi saat melakukan aktifitas membaca, menulis, maupun berbicara. pesatnya perkembangan teknologi di zaman sekarang telah menurunkan budaya literasi bagi banyak orang. Penelitian ini bertujuan agar banyak masyarakat terutama kaum milenial dapat memanfaatkan aplikasi iPusnas sebagai salah satu media literasi membaca. Penelitian ini penting dilakukan supaya mampu menarik banyak orang agar memiliki minat literasi membaca yang tinggi. Metode yang digunakan penulis pada penelitian ini yaitu studi pustaka. Pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang berkaitan langsung dengan topik pembahasan yaitu era society 5.0, literasi, dan aplikasi iPusnas. Data yang digunakan penulis bersumber dari buku, artikel, maupun jurnal. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi iPusnas dapat membantu memudahkan seseorang dalam memperoleh informasi dan dapat menambah wawasan dengan banyak literasi membaca khususnya di zaman sekarang.

Kata kunci— Era society 5.0, literasi, aplikasi iPusnas

 

 

Abstract Literacy is the ability to understand information when carrying out reading, writing or speaking activities. The rapid development of technology today has reduced literacy culture for many people. This research aims so that many people, especially millennials, can take advantage of the iPusnas application as a medium for reading literacy. This research is important to do so that it can attract many people to have a high interest in reading literacy. The method used by the author in this research is literature study. This study uses secondary data that is directly related to the topic of discussion, namely the era of society 5.0, literacy, and the iPusnas application. The data used by the author comes from books, articles, and journals. The results of this study are that the iPusnas application can help make it easier for someone to obtain information and can add insight with a lot of reading literacy, especially nowadays.

Keywords Era of society 5.0, literacy, iPusnas application

 


Keywords


Era of society 5.0, literacy, iPusnas application

Full Text:

PDF

References


Anwas, O. M. (2014). Audiobook: Media pembelajaran masyarakat modern. Jurnal Teknodik, 54-62. https://doi.org/10.32550/teknodik.v18i1.111.

Aswita, D., Saputra, S.,Yoestara, M., Fazilla, S., ... Sarah, S. (2022). Pendidikan literasi: Memenuhi kecakapan abad 21. Yogyakarta: K-Media.

Attamimi, H. R., Harahap, K., Damanik, D., Fauzi, H., ... Ansel, M. F. (2023). Metode penelitian. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Bastian, N. (2022). Keterampilan literasi, membaca, dan menulis. Sidoarjo: Nahason Bastian Publishing.

Bawana, T. A., Indiharwati, A., Suharyono, S., Norviansyah, Y., .... Faraby, M. E. (2023). Pemasaran syariah: teori dan aplikasi dalam ekonomi islam. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Caroline, & Mindarti, C. S. (2022). Urgensi literasi digital kabupaten demak. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Semesta.

Fauzan, F., & Suwanto, S. A. (2018). Analisis pemanfaatan aplikasi iPusnas berbasis android di perpustakaan nasional republik indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 11-20. Retrieved from: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/22944/20981.

Fonna, D. (2020). Evaluasi pemanfaatan aplikasi iPusnas terhadap kemudahan akses informasi perkuliahan mahasiswa angkatan 2015 prodi S1 ilmu perpustakaan fakultas adab dan humaniora UIN Ar-Raniry (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12644.

Gani, T. A., Hikmah, N. U., & Wardah, M, W. (2021). Book series perspektif perpustakaan indonesia: Protokol dan resiko layanan perpustakaan di masa pandemi. Bangka Belitung: Syiah Kuala University Press.

Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. In prosiding seminar nasional pembelajaran bahasa dan sastra indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 35-38). FBS Unimed Press. Retrieved from: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41217.

Huda, H., & Rendi, A. W. (2020). Budaya literasi, mencerdaskan anak negeri. JIWAKERTA: jurnal ilmiah wawasan kuliah kerja nyata, 1(2), 30-34. https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v1i2.5011.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal pendidikan dan kebudayaan missio, 10(1), 48-52. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54.

Kurniawan, A. H. (2020). Konsep altmetrics dalam mengukur faktor dampak artikel melalui academic social media dan non-academic Social Media. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 43-49. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art5.

Layaliya, F. N., Haryadi, H., & Setyaningsih, N. H. (2021). Media pembelajaran bahasa dan sastra (studi pustaka). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 81-84. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12392.

Lestari, A. S. (2020). Narasi dan literasi media dalam pemahaman gerakan radikalisme. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Mamik, M. (2015). Metodologi kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Maulana, Y. I. (2018). Evaluasi tingkat kepuasan pengguna perpustakaan digital nasional (iPusnas) dengan kerangka PIECES. Bianglala Informatika, 6(1), 51-55. https://doi.org/10.31294/bi.v6i1.5904.

Nugroho, W. A., Rahmawati, R., Hanisah, L., & Dayu, D. P. K. (2022). Pemanfaatan media aplikasi iPusnas sebagai sumber belajar dalam meningkatkan literasi membaca siswa SD. In Prosiding seminar nasional bahasa, sastra, seni, dan pendidikan dasar (SENSASEDA) (Vol. 2, pp. 13-18). Retrieved from: https://www.stkipbjm.ac.id/mathdidactic/index.php/sensaseda/article/view/1966.

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran literasi dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23-33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11.

Prastiwi, M. A., & Jumino, J. (2018). Efektivitas aplikasi ipusnas sebagai sarana temu balik informasi elektronik perpustakaan nasional republik indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 231-240. Retrieved from: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/22966/21003.

Puspita, G. A., & Irwansyah, I. (2018). Pergeseran budaya baca dan perkembangan industri penerbitan buku di Indonesia: Studi kasus pembaca E-Book melalui aplikasi iPusnas. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 13-20. http://dx.doi.org/10.17977/um008v2i12018p013.

Salsabila, W. A., Kurnia, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Meningkatkan literasi siswa melalui pemanfaatan aplikasi iPusnas. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran), 1(2), 1-8. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2869.

Sejati, V. R. A., Painem, P., Ferdiansyah, F., & Pramusinto, W. (2023). Analisis sentimen ulasan pengguna aplikasi iPusnas pada google play store dengan multinomial naive bayes. In posiding seminar nasional mahasiswa fakultas teknologi informasi (SENAFTI) (Vol. 2, No. 1, pp. 182-190). Retrieved from: http://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/534.

Septiawan, Y., Purandina, I. Y., Tafonao, T., Ramlan, A. M., ... Muvi, M. B. (2016). Strategi dan metode pembelajaran era society 5.0 di perguruan tinggi. Jawa Barat: Goresan Pena.

Silvadari, S., Rasmawati, R., Oktafiani, S., Larassati, D., & Kraugusteeliana, K. (2021). Pengujian indikator cobit 5 menggunakan domain EDM, APO, dan DSS pada sistem informasi perpustakaan digital (Studi Kasus: iPusnas). In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya (Vol. 2, No. 1, pp. 441-448). Retrieved from: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/1427.

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan literasi digital di kalangan usia muda di kota bandung. Pedagogia, 16(2), 146-156. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327.

Subakti, H., Nimmasubhani, N., Laksana, P. Y., Rochmawan, A. E., ... Hasanah, S. U. (2022). Evaluasi pada pembelajaran era society 5.0. Bandung Jawa Barat: CV. Media Sains Indonesia.

Wahid, A. A. (2020). Analisis metode waterfall untuk pengembangan sistem informasi. J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November,1-5. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Aceng-Wahid/publication/346397070_Analisis_Metode_Waterfall_Untuk_Pengembangan_Sistem_Informasi/links/5fbfa91092851c933f5d76b6/Analisis-Metode-Waterfall-Untuk-Pengembangan-Sistem-Informasi.pdf.

Wibowo, H. S. (2021). Panduan literasi informasi: Untuk dosen dan mahasiswa. Semarang: Tiramedia.

Wibowo, S. (2018). Literasi informasi. Lampung: CV. Perahu Litera Group.

Yuswadi, Y., Prabowo, I. A., Alfiah, A., Candra, S. R., ... Asari, A. (2022). Pengantar teknologi informasi. Padang Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Zulfah, S. (2018). Pengaruh perkembangan teknologi informasi lingkungan (studi kasus kelurahan Siti Rejo I Medan). Buletin Utama Teknik, 13(2), 143-149. Retreifed from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/284.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.