Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Musik pada Anak Usia Dini

Fitri Miftahul Huda, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Kemampuan berbicara sebagai dasar anak berkomunikasi kepada orang lain sehingga apa yang mereka sampaikan mudah untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara meningkatkan kemampuan berbicara melalui musik pada anak usia dini. Pengunaan metode pada penelitian kali ini merupakan metode studi Pustaka (Library research). Data yang dihasilkan dari metode tersebut merupakan data sekunder yang didapatkan dari buku dan artikel yang sudah dipublikasikan. Hasil penelitian kali ini menjelaskan tentang cara meningkatkan kemampuan berbicara melalui musik pada anak usia dini. Simpulan dari penelitian Kali ini adalah bernyanyi dan mendengarkan musik dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini.

Kata kunci—Anak usia dini, Kemampuan berbicara, Musik

 

 

Abstract— The ability to speak as a basis for children to communicate with others so that what they convey is easy to understand. This study aims to analyze how to improve speaking skills through music in early childhood. The method used in this research is the library research method. The data generated from this method is secondary data obtained from books and articles that have been published. The results of this study explain how to improve speaking skills through music in early childhood. The conclusion from this.

Keywords— Early childhood, Speaking ability, Music


Keywords


Early childhood, speaking ability, music

Full Text:

PDF

References


Adiebah, R. (2020). Meningkatkan kualitas anak: Optimalisasi kecerdasan IQ, EQ, dan SQ. Tangerang: Rumah Belajar Matematika Indonesia.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394 .

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.

Asri, AS. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2 (1), 1-9 https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793 .

Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47 .

Dhiu, K. D., Laksana, D. N. L., Dopo, F., Ita, E., Natal, Y. R., Jau, M. Y., Ngonu, R. M., Kembo, M. R., Deghe, M., & Wunu, Tawa, O. P. A. (2021). Aspek perkembangan anak usia dini. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Managemen.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. Retrieved from https://core.ac.uk/dowload/pdf/440358389.pdf.

Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026-1036 https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.566.

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). View of Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usi Dini, 4(2) https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.588.

Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Kampu Merdeka untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Ed tama, 10(1), 1-10. https://www.ejurnal.ikippgribojongoro.ac.id/idex.php/JPE/article/view/2868.

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini: Teori dan Pra tik. Jakarta: KENCANA.

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2(2), 1-14 Retrieved from http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12

Khasanah, U., Suparman, M. A., & Wibawa, B. (2022). Model pembelajaran keterampilan berbicara anak usia dini menggunakan big book: Konsep dan aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi metode bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan berbicara anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 402 408 Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/962.

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi metode bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan berbicara anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 402-408 Retrieved From https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/962.

Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik Bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.60.

Nurkholifah, D., & Wiyani, N. A. (2020). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring. PRESCHOOL: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 60-76 Retrieved from https://ejournal.uin malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/9074

Priyanto, S. U. (2013). Pendidikan Musik Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(1), 42-52. https://doi.org/10.26740/jps.v2n1.p42-52.

Rachmi, T. (2013). Kontribusi Musik pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 1-29. Retrieved from https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp content/u loads/pdfmk/PAUD4402-M1.pdf.

Rahmawati, I. Y., Nurlianharkah, R., Hasanudin, C., & Fadlillah, M. (2021). Aktualisasi Whole La guage sebagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 49-60.

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35 http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330 .

Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif seni musik untuk siswa smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 153-164. http://dx.doi.org/10.21831/tp.v1i2.2526.

Santosa, D. A. (2019). Urgensi pembelajaran musik bagi anak usia dini. Jurnal Ikip Veteran, 26(1), 78. Retrieved from https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/877.

Sartika, D. Y., Elly, R., & Harun, M. Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Paud Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). Retrived from https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/5768 .

Satyadarma, M. (2004). Cerdas dengan musik. Jakarta: Puspa Swara.

Subhayni, S., Sa’adiah, D., & Armia. (2017). Keterampilan berbicara. Banda Aceh: Syah Kuala University Press.

Suharyanto, A. (2017). Sejarah Lembaga Pendidikan Musik Klasik Non Formal di Kota Medan. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 1(1), 6-11 Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/GDG/article/view/5967 .

Susanto, A. (2011). Pekembangan anak usia dini: Pengantar dalam berbagai aspek. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syamsuardi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2022). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163-172. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21892.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaandi Ind nesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal P didikan, 10(2), 136-154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093.

Tyasrinestu, F. (2020). Bernyanyilah Anak Indonesia: Lagu sebagai Sarana untuk Membantu Perkembangan Anak. Yogyakarta: PT Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.