Pemanfaatan Aplikasi Powtoon untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Menengah Atas dalam Membuat Video Animasi

Redita Cahyani, Cahyo Hasanudin

Abstract


Powtoon merupakan aplikasi untuk membuat video animasi sebagai bahan ajar berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk  membuat video animasi  dengan menggunakan aplikasi Powtoon. Jenis penelitian yang dipakai penulis yakni library research atau dikatakan sebagai studi pustaka. Data pada penelitian ini bersumber dari data sekunder yang berhubungan pada topik pembahasan seperti siswa SMA, kreativitas, dan aplikasi Powtoon. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa simak bebas libat cakap. Teknik analisis data yang dipakai penulis adalah metode agih. Teknik validasi data pada penelitian ini berupa teknik triangulasi. Ada lima langkah dalam pembuatan Powtoon: 1). Buka google, lalu ketik www.Powtoon.com pada kolom search. 2). Masukkan akun. 3). Pilihlah template yang tersedia. 4). Mulailah untuk mengedit video. 5). Simpan video.  Aplikasi Powtoon memiliki beberapa fitur menarik, sehingga siswa dapat meningkatkan kreativitas mereka. Dengan Powtoon, peserta didik dapat bersemangat dalam belajar. Dengan demikian, Powtoon dapat dijadikan pendidik sebagai media pembelajaran kreatif pada masa kini.

Powtoon is an application for making animated videos as digital-based teaching materials. This study aims to make animated videos using the Powtoon application. The type of research used by the author is library research or it is said to be a literature study. The data in this study comes from secondary data related to topics of discussion such as senior high school students, creativity, and the Powtoon application. This study used a data collection technique in the form observation and note taking technique. The data analysis technique used by the author is the distribution method. The data validation technique in this study is a triangulation technique. There are five steps in creating Powtoon: 1). Open Google, then type www.Powtoon.com in the search field. 2). Enter account. 3). Choose an available template. 4). Start to edit videos. 5). Save videos. The Powtoon application has several interesting features, so that students can increase their creativity. With Powtoon, students can be passionate about learning. Thus, Powtoon can be used as an educator as a medium for creative learning today.


Keywords


Powtoon, Creativity, Senior High School

Full Text:

PDF

References


Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno, S. (2021). Pemicu kegagalan pada pembelajaran di sekolah selama pandemi di Indonesia (Suatu Studi Pustaka). Research and Development Journal of Education, 7(2), 464-473. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10568.

Anggita, Z. (2020). Penggunaan powtoon sebagai solusi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jurnal Konfiks, 7(2), 44-52. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538.

Astika, R. Y., Anggoro, B.S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85-96. Retrieved from https://journal.rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/214.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio-visual powtoon tentang konsep diri dalam bimbingan kelompok untuk peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104-114. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/950.

Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868.

Harahap, M. (2016). Esensi peserta didik dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140-155. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625.

Khasanah, U. (2020). Pengantar Microteaching. Sleman: Deepublish.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893.

Lubis, R.F. (2019). Kemampuan guru menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 152-175. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/18.

Lusita, J., & Hasanudin, C. (2022). Penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMA di era milenial. Prosiding Senada PBSI, 2(1), 923-928. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1438/pdf.

Maarif, R.A., & Prasetyo, T. (2020). Efektifitas penggunaan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning berbantuan media gambar terhadap kreativitas pada pembelajaran tematik siswa kelas 5 SD Negeri Tingkir Tengah 01 Tahun 2019/2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 528-534. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1577.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from https://www.ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115.

Mahmudi, A. (2007). Meningkatkan kreativitas siswa melalui problem posing. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 43-50. https://doi.org/10.21831/pg.v3i1.641.

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F.D., & Sudarwanto, T. (2018). Penyegaran kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran melalui aplikasi powtoon dan screencast o matic. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(2), 204-223. doi.org/10.21009/JPMM.002.2.4.

Mascita, D.E. (2021). Mendesain bahan ajar cetak dan digital. Bandung: Media Sains Indonesia.

Paramitha, N., & Yunianta, T.N.H. (2017). Analisis proses berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika materi aritmatika sosial siswa smp berkemampuan tinggi. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(10), 983-994. Retrieved from http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/213.

Purwanti, E. (2022). Pembelajaran kontekstual media objek langsung dalam menulis puisi. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Purwanto, A., Risdianto, E., Putri, D. H., Masito, F., & Oka, I. G. A. A. M. (2021). Pemanfaatan aplikasi Powtoon dalam pembuatan media pembelajaran bagi guru SMAN 4 Kepahiang. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian dalam Penerbangan, 1(2), 114-120. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.23.

Puteri, A.O., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi ruang guru untuk pembelajaran tambahan siswa guna menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Prosiding Senada PBSI, 2(1), 96-109. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1209/pdf.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Ramadhana, N.H., & Prastowo, A. (2021). Pengembangan model pembelajaran berbasis web Powtoon untuk merangsang minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas 3 MI. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 879-894. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1162.

Rohenan, R. (2021). Pemanfaatan media Powtoon untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMA NEGERI 6 Tebo. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 1(1), 46-53. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.348.

Rusman, R. (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: KENCANA.

Salsabila, S.M., Dewi, R., & Sakdiah, H. (2023). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon pada materi gerak lurus kelas VIII SMP/MTS. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(2), 111-120. https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.5677.

Saputra, I.A., Hamdani, M.I.I., & Arifin, I.F. (2022). Implementasi media Powtoon untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI di SMA ISLAM AL-HIDAYAH. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya, 3(2), 27-34. Retrieved from http://jurnal.unipar.ac.id/index.php/sandhyakala/article/view/924.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.

Setiono, P., & Sari, E.P. (2016). Penggunaan media pembelajaran berbasis visual untuk meningkatkan perhatian siswa pada mata pelajaran IPS siswa sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(2), 215-238. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i2.7114.

Subkan, A., & Winarno, W. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika melalui aplikasi Powtoon di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahut Thulab Brambang Karangawen. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 6(2), 178-194. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.6129.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1-4.http://dx.doi.org/10.29210/3003205000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.