Pemanfaatan Tes yang Baik Untuk Mendukung Pembelajaran di Perguruan Tinggi.

Aninda Paramitha Putri, Sintya Meiriska Putri, Muhammad Sholehuddin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


abstrak— Tes yang baik merupakan alat evaluasi yang digunakan untuk menunjang kualitas hasil belajar di tingkat perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini dapat membuat konsep pembelajaran tinggi  dengan memanfaatkan pemanfaatan tes yang baik untuk evaluasi pembelajaran di perguruan tinggi Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research) yaitu teknik mengumpulkan data yang bersumber dari buku-buku serta artikel yang ada di dalam jurnal. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasan, diantaranya pembelajaran , perguruan tinggi, tes yang baik. Data tersebut diperoleh dari buku-buku yang diterbitkan di dalam dan luar negeri, dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional. Hasil penelitian yang dilakukan menjelaskan tentang jenis jenis tes yang baik yang dapat di gunakan untuk dilakukannya tes yang baik di perguruan tinggi.

 Kata kunci— Pembelajaran, Perguruan tinggi, Tes yang baik.

 

 

Abstract— A good test is an evaluation tool used to support the quality of learning outcomes at the tertiary level.  The purpose of this research is to create a higher learning concept by utilizing the use of good tests for evaluating learning in tertiary institutions. The research used in this research is library research, namely the technique of collecting data sourced from books and articles in  journal.  The data used is secondary data related to the topic of discussion, including learning, higher education, good tests.  The data was obtained from books published at home and abroad, as well as research articles published in national and international journals.  The results of the research conducted explain the types of good tests that can be used to carry out good tests in tertiary institutions.

Keywords— Learning, College, Tests are good.


Keywords


Learning, College, Tests are good.

Full Text:

PDF

References


Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. Doi: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31. Doi: https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5.

Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). Analisis butir soal tes kendali mutu kelas XII SMA mata pelajaran ekonomi akuntansi di kota Yogyakarta tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1). Doi: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Doi: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79. Doi: https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Berlandaskan Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152-157. Doi: https://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p152.

Jannah, E. S. N. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran “Active Learning-Small Group Discussion” di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran. FONDATIA, 3(2), 19-34. Retrieved from : https://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem /article /view/47/34.

Jatiyasa, I. W. (2022). Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 di Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu. LAMPUHYANG, 13(1), 30-49. Doi = https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.281.

Kadir, A. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 70-81. Retrieved from : https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/411/396.

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran yang tepat pada sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01). Doi: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v1i01.194.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9. : Doi: https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259.

Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199-217. Retrieved from : http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/almahara/article/view/2139.

Nabila, N. A. (2020). Pembelajaran daring di era covid-19: Jurnal Filsafat Umum, 1(1), Retrieved from : https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pembelajaran+daring+di+era+covid-19+Noor+Anisa+Nabila+PsyArXiv%2C+2020&btnG=#d=gs_qabs&t=1685980283985&u=%23p%3DPsEKMkZee_kJ.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. Doi: https://doi.org/10.24952/fitrah.

Sonia, N. R. (2021). Total Quality Management dalam Lembaga Perguruan Tinggi. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 125-139. Retrieved from : https://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem/article/view/47/34.

Sudjani, D. H., & Gunadi, G. (2020). Thariqah mubasyarah: Metode pembelajaran bahasa Arab pada perguruan tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 39-46. Doi: https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2573.

Toha, S. M. (2018). Pelaksanaan metode active learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 79-93. Doi https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1364.

Wahyudi, N., Nugroho, K. U. Z., & Herawaty, D. (2020). Modifikasi software lisrel dengan membuat teknik analisis konstruksi validitas instrumen tes. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 82-90. Doi: https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10641.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23. Doi: https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.