Manfaat Belajar Operasi Hitung Pada Bilangan Bulat Dalam Kehidupan Sehari-hari
Abstract
abstrak—Belajar merupakan kegiatan seseorang yang menghasilkan suatu perubahan dan mempunyai ciri khusus. Dengan belajar akan mendapatkan banyak manfaat. Contohnya, belajar matematika yang tanpa disadari sangat berkaitan dengan kehidupan. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan terkait manfaat belajar operasi hitung bilangan bulat serta menambah minat belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yaitu dengan menganalisis sumber data cara penelitiannya. Penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai sumber data yang diperoleh dari artikel jurnal lain. Hasil dari penelitian ini adalah menjabarkan manfaat-manfaat operasi hitung bilangan bulat dibeberapa bidang dan cara meningkatkan minat belajar operasi hitung. Penelitian ini mempunyai simpulan yaitu operasi hitung pada bilangan bulat memiliki banyak manfaat diberbagai bidang kehidupan sehari-hari maka, dari itu perlu ada peningkatan minat belajar operasi hitung dengan beberapa cara.
Kata kunci—Belajar, Bilangan bulat, Operasi hitung
Abstract—Learning is a person’s activity that produces a change and has special characteristics. By learning, you will get many benefits. For example, learning mathematics which without realizing it is very related to life. So, this research aims to increase knowledge related to the benefits of learning integer counting operations and increase interest in learning math. This research uses the library research method by analyzing the data sources of the research method. This research uses secondary data as a data source obtained from other journal articles. The result of this research is to describe the benefits of integer arithmetic operations in several fields and how to increase interest in learning arithmetic operations. This research has a conclusion that arithmetic operations on integers have many benefits in various fields of daily life, therefore, there is a need to increase interest in learning arithmetic operations with several methods.
Keywords—Learning, Integers, counting operations
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, W. (2020). Konsep dasar bilangan bulat dan pembelajarannya di SD. Semarang: Qahar Publisher.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196-202. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746.
Ermawati, S. E. (2016). Peningkatan menghitung operasi bilangan bulat dengan metode ekspository berbantuan media garis bilangan. Didaktikum, 17(2). http://i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/496.
Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasaj Ibtidaiyah, 1(2), 175-185. http://www.jounalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/85.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1-17. https://www.academia.edu/download/65939887/BELAJAR_DAN_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN.pdf.
Frananda, dkk., (2023). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1). http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868.
Hadi, D. S. (2002). Metodologi research. Yogyakarta: Andi offset.
Mucti, A., Izzatin, M., & Nurmala, R. (2018). Pengembangan media “card 24” pada siswa SD kelas v dalam operasi hitung bilangan bulat. EDU-MAT:Jurnal pendidikan matematika, 6(1). http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5119.
Mulachela, H. (2022, 21 Agustus). Memahami pengertian,operasi hitung, dan contoh soal bilangan bulat. Diakses pada 03 Juni 2023. https://katadata.co.id/agung/berita/62e78ed5538da/memahami-pengertian-operasi-hitung-dan-contoh-soal-bilangan-bulat.
Pratama, L. D., & Setyaningrum, W. (2018). Algoritma berhitung Blij?̂h pada masyarat Madura di Kabupaten Probolinggo: Alternatif pendekatan pembelajaran operasi bilangan. Pythagoras, 13(2). 203-213. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.15931.
Ramadhani, W. P., (2022). Perbedaan penguasaan materi operasi bilangan bulat siswa SMP di desa dan di kota menggunakan teknik berhitung cepat. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(2), 216-222. https://doi.org/10.53769/jai.v2i2.239.
Sam’s, & Rosma H. (2010) . Model penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Teras.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural science: Jurnal penelitian bidang IPA dan pendidikan IPA, 6(1). 41-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.
Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.
Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran matematika dalam kehidupan sosial masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multukulturalisme, 4(3), 77-89. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888.
Suganda, A. (2019). Pentingnya bilangan bulat: Suplemen belajar mandiri siswa SMP/MTs kurikulum 2013. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Yuniarti, A. E. (2022, 02 Februari). 5 manfaat terus belajar, bantu adaptasi disegala perubahan. Diakses pada 02 Juni 2023. https://www.idntimes.com/eva-yuniarti
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.