Pembuatan Kisi-Kisi Untuk Mengevaluasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama

Rika Marsita, Rohmatika Rohmatika, Muhammad Sholehuddin, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Sistem pendidikan yang tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003 menyatakan jelas bahwa pendidikan dilaksanakan secara teratur yang menekankan pada potensi peserta didik untuk mencapai satu tujuan yang diharapkan yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Untuk mencapai target tersebut diperlukan metode pembelajaran yang optimal. Faktor yang paling berpengaruh dalam metode pembelajaran adalah guru. Kisis-Kisi adalah format atau matriks yang berisi standar tentang pertanyaan yang dibutuhkan atau yang akan dihasilkan. Kisi-kisi tersebut juga dapat diartikan sebagai cetak biru tes atau tabel spesifikasi yang memuat uraian tentang kompetensi dan materi yang akan diujikan. Bentuknya berupa tabel yang berisi rincian bahan dan perilaku serta proporsi yang diinginkan oleh penilai. Penulisan kisi-kisi soal merupakan kerangka dasar yang digunakan untuk penyusunan soal-soal dalam evaluasi proses pendidikan dan pembelajaran. Dengan panduan soal ini, seorang guru dapat dengan mudah membuat soal evaluasi. Guru hanya perlu mengikuti arahan dan isi yang diharapkan dalam panduan penulisan soal yang bersangkutan. Dengan dilaksanakannya program Pengabdian Kepada Masyarakat melalui pelatihan pembuatan panduan soal diharapkan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan untuk meningkatkan keterampilan pembuatan panduan soal guna tercapainya peningkatan evaluasi pembelajaran untuk pendidikan yang bermutu.

Kata kunci—Kisi-kisi, Evaluasi Pembelajaran , SMP.

 

Abstract— The education system listed in Law No. 20 of 2003 states clearly that education is carried out regularly which emphasizes the potential of students to achieve one expected goal, namely knowledge, skills and attitudes. To achieve this target an optimal learning method is needed. The most influential factor in the learning method is the teacher. The grid is a format or matrix that contains standards about the questions needed or to be produced. The grid can also be interpreted as a test blue-print or table of specifications that contains a description of the competencies and material to be tested. The form is in the form of a table that contains details of the material and behavior as well as the proportions desired by the appraiser. Writing the question grid is the basic framework used for the preparation of questions in the evaluation of the educational and learning process. With this question guide, a teacher can easily make evaluation questions. The teacher only needs to follow the directions and content expected in the question writing guide in question. By implementing the Community Service program through training in making question guides, it is hoped that it can provide benefits and knowledge to improve skills in making question guides to achieve increased learning evaluation for quality education.

           Keywords—Grid, Learning Evaluation, Middle School

 


Keywords


Grid, Learning Evaluation, Middle School

Full Text:

PDF

References


Ainamulyana (2020). Level Kognitif pada Kisi-Kisi Soal. Retrieved from https://www.ainamulyana.com/2018/06/level-kognitif-pada-kisi-kisi-soal.html

Basri, H. (2020). Analisis Kisi-kisi Soal Unan Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xi SMA YLPI Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). Retrieved from http://repository.uir.ac.id/id/eprint/10586

Juneris Aritonang, SST, Keb, M., & Simanjuntak, YTO (2021). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas Disertai Kisi-Kisi Soal Ujian Kompetensi . Terbitkan Dalam-dalam. Retrieved from https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-8715-11_030116_SOF.pdf

Kemendikbud (2018). Panduan Penilaian Tes Tertulis. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/18344/

Kadir. A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 70-81. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al- tadib/article/view/411/396

Mardinal Efendi Harahap (2020). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Jakarta: Prenadamedia Group. Retrieved from https://books.google.com/books/about/Evaluasi_Pembelajaran_Berbasis_Kurikulu.html?id=6WZYEAAAQBAJ

Nofnyandi, N. & Effendi, L. A (2019). Workshop Penyusunan Kisi-kisi Soal Bagi Guru- Guru SMA PGRI Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 1(1), 73- 79 https://doi.org/10.25299/ceej vlil 3667

Parni, P. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyusun Kisi-kisi Penilaian Melalui IN HOUSE TRAINING. TEACHER IN EDUCATIONAL RESEARCH, 2(1), 22-30. http://dx.doi.org/10.33292/ter211.61

Prihatni, Y., Kumaidi, K., & Mundilarto, M. (2016). Pengembangan Instrumen Diagnostik Kognitif pada Mata Pelajaran IPA di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan . 20 (1), 111-125. https://doi.org/10.21831/pep 2011.7524

Permatasari, BURUK & Kristiana, AI (2015). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil, Kadikma, 6 (2) https://doi.org/10.19184/kdma.v612.1990

Rohim. D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436-446. Retrieved from. https://core.ac.uk/download/pdf/296286972.pdf

Siajun (2020). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/18051/1/1.%20Panduan%20Penilaian%20SMP%20-%20Cetakan%20Keempat%202017.pdf

Uswatun Hasanah, dkk. (2018). Sistem Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Media Sains Indonesia. Retrieved from https://books.google.com/books/about/Sistem_Evaluasi_Pembelajaran.html?id=JZ1YEAAAQBAJ

Wulan. A. R. (2007). Pengertian dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, dan Pengukuran. Jurnal, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, 1–12. Retrived from http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/197404171999032-ANA_RATNAWULAN/pengertian_asesmen.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.