Analisis Pelanggaran Tata Tertib Siswa: Studi Kasus pada Siswa Madrasah

Rizma Lu’lu’ Az-Zahra, Muhammad Jammaludin Al-Ghani, Cahyo Hasanudin

Abstract


    abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pelanggaran yang sering dilakukan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro, faktor penyebab siswa sering melanggar tata tertib sekolah, dan upaya yang dilakukan sekolah, guru bimbingan konseling dan orangtua untuk menekan angka pelanggaran yang dilakukan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro. Dalam penelitian ini, analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data, dan wawancara serta observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan tata tertib sekolah kurang optimal. Menurut temuan penelitian, masih banyak siswa yang melanggar tata tertib sekolah seperti tidak memakai seragam lengkap, tidak masuk sekolah tanpa izin, bolos kelas, dan masih banyak pelanggaran lainnya. 2) Salah satu penyebab siswa sering melakukan pelanggaran tata tertib sekolah yaitu, ketidakpedulian siswa terhadap peraturan tata tertib di sekolah, kurang perhatian dari lingkup keluarga, sanksi yang diberikan kurang tegas, dan sebagainya. 3) Salah satu upaya sekolah yang dilakukan untuk mengurangi pelanggaran tata tertib yakni, memberikan saknsi yang lebih mengarah pada kepentingan pembentukan karakter religius siswa dengan memberi sanksi membaca serta menulis ayat-ayat suci Al-Qur’an.

 Kata kunci—Tata Tertib, siswa.

 

   Abstract—This study aims to describe: the violations that are often committed by students at Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro, the factors that cause students to often violate school rules, and the efforts made by schools, counseling teachers and parents to reduce the number of violations committed by students at Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro. In this study, qualitative descriptive analysis was used to analyze the data, and interviews and observations were used to collect data. The results of this study indicate that: 1) Implementation of school rules is not optimal. According to research findings, there are still many students who violate school rules such as not wearing full uniforms, not attending school without permission, skipping class, and many other violations. 2) One of the causes of students often violating school rules, namely, students' ignorance of school rules, lack of attention from the family circle, sanctions given are not strict, and so on. 3) One of the school's efforts to reduce violations of the rules is to provide sanctions that are more directed to the interests of forming the religious character of students by imposing sanctions on reading and writing the holy verses of the Qur'an.

Keywords—Rules of Conduct, students.


Keywords


Rules of Conduct, students.

Full Text:

PDF

References


Ernawati, R., & Afdal, A. (2018).Peningkatan disiplin siswa dalam menaati tata tertib dengan menggunakan teknik modelling melalui layanan penguasaan konten di SMPN 49 Jakarta pada siswa kelas 8 tahun ajaran 2018-2019. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 1(2), 81-95. https://doi.org/10.33541/sel.v1i2.877

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9. https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9899

Laugi, S. (2019). Penerapan tata tertib sekolah untuk membangun disiplin siswa di SMA Negeri 1 Konawe. Shautut Tarbiyah, 25(2), 239-258. http://dx.doi.org/10.31332/str.v25i2.1549

Mardiana, M., Nugraha, U., & Setiawan, I. B. (2022). Motivasi siswi mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani di SMPN 13 Tanjung Jabung Timur. Score, 2(1), 31-47. Retrieved form https://online-journal.unja.ac.id/score/article/view/17675

Oktasari, D., Yandri, H., & Juliawati, D. (2020). Analisis pelanggaran tata tertib sekolah oleh siswa dan peran guru bimbingan dan konseling di sekolah. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(4), 16-21. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i4.3762

Putra, F. P., & Widyana, R. (2020). Peran penting dukungan sosial orangtua terhadap karakter siswa dalam menghadapi Era Society 5.0. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.816

Ramadhani, W., Astuti, I., & Yuline, Y. (2019). Pelanggaran tata tertib sekolah siswa di SMP Negeri 22 Pontianak beserta bantuannya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.36045

Widodo, PP (2019, November). Rancangan aplikasi tata tertib pelanggaran siswa menengah atas (Studi Kasus: SMA YKPP Dumai). Dalam Seminar Nasional Industri dan Teknologi (hlm. 1-9). Retrieved form http://eprosiding.snit-polbeng.org/index.php/snit/article/view/62


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.