Faktor-Faktor Penyebab Siswa Kurang Menggunakan Layanan Bimbingan dan Konseling
Abstract
abstrak—Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktir apa saja yang memoengaruhi kurangnya layanan orientasi dan konseling bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel digunakan dalam emilihan topik penelitian dengan cara mewawancarai tutor, tutor dan pembimbing SMA Negeri 1 Pulokulon. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan guru SMA Negeri 1 Pulokulon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang membuat siswa kurang mmenggunakan layanan konseling adalah pengaruh lingkungan social, teman sebaya dan keluarga.
Kata kunci: Siswa, Bimbingan dan Konseling
Abstract-The purpose of this study is to find out what factors affect the lack of orientation and counseling service for collage student. This study used a qualitative approach using descriptive method. Samples were used in the selection of research topics by interviewing the tutors, tutors and tutors of Public High School 1 Pulokulon. The data collection method use interview techniques with teachers of Public High School 1 Pulokulon. Research result show that the factors that make students less use of counseling service are social, peer and family environmental influences.
Keywords: guidance and counseling, students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiwisastra, M. F., Muhajir, H., & Supriadi, D. (2020). Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website. EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, 8(2).
Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213-5220.
Arianto, K. N., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2015). Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Adab Sopan Santun Siswa Kelas X. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(8).
Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).
Dwiarwati, K. A., & Yeni, I. (2020). PELATIHAN KETERAMPILAN KONSELING GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 4 PENARUKAN, SINGARAJA. Proceeding Senadimas Undiksha, 523.
Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99-112.
Hermawan, A. (2014). Mengetahui Karakteristik Peserta Didik untuk Memaksimalkan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14-25.
Jamilah, S. (2020). Bimbingan Konseling Dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. KREATIF: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(1), 74-83.
Lianawati, A. (2017). Implementasi keterampilan konseling dalam layanan konseling individual. In Seminar & Workshop Nasional Bimbingan dan Konseling: Jambore Konseling (Vol. 3).
Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Di smp katolik Santa Rosa siau Timur kabupaten sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61.
Murtafiah, W. (2017). Profil kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam mengajukan masalah persamaan diferensial. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 73-81.
Nainggolan, V. (2020, Oktober). Peran bimbingan orang tua terhadap kemandirian belajar anak di sekolah dasar. Dalam Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar
Pautina, A. R. (2017). Konsep teknologi informasi dalam bimbingan konseling. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 1-12.
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272.
Prasetiawan, H. (2016). Konseling teman sebaya (peer counseling) untuk mereduksi kecanduan game online. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1-13.
Rahayu, A. S. (2017). Kehidupan sosial ekonomi single mother dalam ranah domestik dan publik. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1), 82-99.
Rahman, F. (2012). Modul ajar Pengembangan dan evaluasi program bk. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.
Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18.
Sarwanti, A., Hasiholan, L. B., & Wulan, H. S. (2017). Pengaruh modal usaha, biaya bahan baku dan tenaga kerja terhadap kinerja usaha industri tahu di kabupaten sukoharjo. Journal of management, 3(3).
Simatupang, R. S. (2019). Aplikasi Teknik-Teknik Konseling Dalam Menangani Pecandu Narkoba di Yayasan Rehabilitasi Rumah Ummi (Doctoral dissertation, Universitas islam Negeri Sumatera Utara).
Sukowati, F. (2018). IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DAN KELOMPOK DALAM MEMINIMALISIR KESULITAN ADAPTASI DAN PERILAKU AGRESIF SISWA SMP NEGERI 3 KARANGMONCOL PURBALINGGA (Disertasi Doktor IAIN).
Susanti, N., Halin, H., & Kurniawan, M. (2017). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH PT. BERLIAN BERSAUDARA PROPERTINDO (Studi Kasus Perumahan Taman Arizona 1 Taman Arizona 2 dan Taman Arizona 3 di Talang Jambi Palembang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Saat Ini , 8 (1), 43-49.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138-146.
Umiyati, D., & Susilo, M. J. (2014). Perbandingan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar antara Siswa Kelas X. 6 dengan Kelas X. 7 pada Mata Pelajaran Biologi Materi Virus (Study Kasus di SMA N 1 Sukagumiwang–Indramayu). Jurnal Penelitian Mahasiswa–Pendidikan Biologi, 1(1), 106-108.
Yuhana, AN, & Aminy, FA (2019). Mengoptimalkan peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi permasalahan belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, [SL] , 7 (1), 79-96.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.