Analisis Tes Objektif terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Jatirogo Tuban
Abstract
Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa kelas XI-IPA yang dinilai dengan metode wawancara guru fisika dengan tes objektif dan tes subjektif, dengan tes objektif dan tes subjektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan post test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Jatirogo Tuba tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 144 siswa dan sampel dipilih secara acak. Menganalisis materi penelitian dengan teknik analisis deskriptif mendeskripsikan hasil belajar jasmani siswa dengan data yang dikumpulkan penulis menggunakan metode wawancara kepada guru SMAN 1 Jatirogo Tuban. Berdasarkan analisis deskriptif diketahui bahwa rata-rata hasil belajar jasmani siswa yang dinilai dengan tes objektif adalah 28,89 dengan standar deviasi 9,78, sedangkan hasil belajar jasmani siswa yang dinilai dengan tes subjektif rata-rata 31,92. standar deviasi 9.74. Hasil analisis kesimpulan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar fisika siswa yang dinilai dengan tes objektif dan tes subjektif.
Kata kunci— Hasil Belajar, Tes Objektif, Tes Subjektif
Abstract— The outcomes of class XI IPA students' physics education, as determined by the research I conducted. The physics instructor conducts the interviews and uses both objective and subjective assessment tools. Using both objective and subjective measures, we can get a better idea of how well students in physics class XI at IPA SMA Negeri 1 Jatirogo Tuban are grasping course material. My investigation is an experimental study using a post-test only control group design. All 144 eleventh graders at IPA SMA Negeri 1 Jatirogo Tuban for the 2023–2024 school year served as the population for this research. The author employs a de-scriptive analysis methodology on data gathered through the teacher interview method to characterize the physics learning outcomes of students at SMAN 1 Jatirogo Tuban. Student learning outcomes in physics as measured by objective exams averaged 28.89 with a standard deviation of 9.78, whereas those measured by subjective tests averaged 31.92 with a deviation of 9.74, as shown by the descriptive analysis. The inferential analysis found no statistically significant differences between the outcomes of students' learning in physics as measured by objective exams and those measured by subjective assessments.
Keywords— Learning Outcomes, Objective Tests, Subjective Tests
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, sidin dan Khaeruddin. 2012. Evaluasi pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar. https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3180.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi) .Jakarta: PT Bumi Aksara. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3028.
Bastable, Susan.B. 2002. Tes Subjektif dan Objektif: Prinsip-Prinsip Pengajaran dan pembelajaran. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3028.
Basuki, ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2336
Khan, Moeen Uz Zafar dan Badr Muhammad Aljarllah. 2011. Evaluation of Modified Essay Questions (MEQ) and Multiple Choice Questions (MCQ) as a tool for Assessing the Cognitive Skills of Undergraduate Medical Students. International Journal of Health Sciences, Qassim University. Vol 5(1) : 39 –43. http://dx.doi.org/10.30651/st.v14i2.8262.
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2140.
Muhammad, As’Adi. 2010. Bila Otak Kanan dan Otak Kiri Seimbang. Jogjakarta: Diva Pess. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089.
Murti, Wiyanto dan Hartono.2018. Studi Komparasi antara Tes Testlet dan Uraian dalam Mengukur Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gombong.Unnes Physisc Educatioan Jounal. ISSN: 2252-6935. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.54.
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.435.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Rajagrafindo Persada.
Saeed, Ghassan Th et al. 2017. Multiple Choice Questions And Essay Questions In Assessment Of Success Rate In Medical Physiology. Journal Of The Faculty Of Medicine Baghdad. Vol 59 No. 4. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10342.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung. http://dx.doi.org/10.30651/st.v14i2.8262
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susetyo, Budi. 2015. Prosedur Penyusunan & Analisis Tes. Bandung: PT Refika Aditama. Uno, Hamzah B dan Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i1.875.
Yusuf, A.Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendali Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/188.
Zulaiha, Rahmah. 2008. Analisis Soal Secara Manual.Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan. Jakarta: PUSPENDIK. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1780427.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.