Pemanfaatan Aplikasi TikTok untuk Menumbuhkan Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Era Digital

Kholis Kholis, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Era digital merupakan waktu di mana perkembangan teknologi digital telah berdampak luas pada aspek kehidupan manusia. Pada era ini teknologi telah mengubah cara seseorang belajar dan bertukar informasi. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui tentang manfaat aplikasi TikTok untuk menumbuhkan pembelajaran kreatif dan inovatif di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berbasis literatur atau studi pustaka. Metode studi pustaka merupakan penelitian untuk memahami secara mendalam tentang suatu topik penelitian melalui analisis. Penelitian menggunakan data sekunder, dimana peneliti memanfaatkan buku, jurnal ilmiah, dan artikel dari peneliti terdahulu sebagai bahan rujukan. Pada tahap pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teori dari Marry W George yang dijabarkan sebagai berikut. 1) pemilihan topik yang akan di ulas mengenai pemanfaatan aplikasi TikTok untuk menumbuhkan pembelajaran kreatif dan inovatif di era digital, 2) peneliti dapat menggunakan beberapa kutipan atau referensi dari berbagai sumber, 3) peneliti harus memeriksa data dengan teliti untuk memastikan kesesuaian dengan judul, 4) membuat kesimpulan tentang pemanfaatan aplikasi TikTok untuk menumbuhkan pembelajaran kreatif dan inovatif di era digital. Cara untuk mengakses aplikasi TikTok sangat mudah, pengguna hanya perlu membuat akun untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Simpulan yang diperoleh dari penelitian yaitu, perihal pemanfaatan TikTok dalam pembelajaran dapat menumbuhkan kreatifitas, meningkatkan keahlian dalam multimedia. selain itu TikTok juga dapat dimanfaatkan untuk menciptakan metode pembelajaran yang inovatif.

 Kata kunci—Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, TikTok, Era Digital

 

 

Abstract— The digital era is where the development of digital technology has had a widespread impact on various aspects of human life. In this era, technology has transformed the way people learn and exchange information. The purpose of this writing is to explore the benefits of the TikTok application in fostering creative and innovative learning in the digital era. This research employs a literature-based or desk research method. The literature study method is conducted to gain a deep understanding of a research topic through analysis. The research utilizes secondary data, where the researcher utilizes books, scientific journals, and articles from previous researchers as reference materials. "In the data collection phase, this research employs the theory by Marry W George, which is elaborated as follows: 1) selecting a topic to discuss the utilization of TikTok application in fostering creative and innovative learning in the digital era, 2) researchers can use several quotes or references from various sources, 3) researchers must carefully examine the data to ensure its relevance to the title, 4) drawing conclusions regarding the utilization of TikTok application in fostering creative and innovative learning in the digital era. The method to access the TikTok application is very easy, users only need to create an account to be able to use this application. The conclusions obtained from the research are that the utilization of TikTok in learning can nurture creativity, enhance multimedia skills. Additionally, TikTok can also be utilized to create innovative learning methods.

Keywords— Creative and Innovative Learning, TikTok, Digital Era


Keywords


Creative and Innovative Learning, TikTok, Digital Era

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504.

Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117-129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28.

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., ... & Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). DedikasiMU: Journal of Community Service, 3(4), 1139-1148. http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249.

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 308-318. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciedss/article/view/512.

Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan aplikasi TikTok (Versi Terbaru) dan kreativitas anak. Jurnal Inovasi, 14(1), 1-10.

Devi, A. A. (2021). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-5. https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.40990.

Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan aplikasi tik tok sebagai media pembelajaran mendemonstrasikan teks drama. Indonesian Journal of Education and Humanity, 1(2), 120-128. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19.

Hafiidh, M., Silviana, S., & Sugandi, S. (2023). Penggunaan Aplikasi TikTok sebagai Wadah Aktualisasi Diri Remaja Kota Balikpapan. E-Journal Ilmu Komunikasi, 1, 25-34. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id.

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136-151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161.

Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., & Fauziyyah, N. (2021). Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97-103. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063.

Hikmawati, S. A., & Farida, L. (2021). Pemanfaatan Media Tik Tok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang. AL-ITTISHOL: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i1.215.

Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi peserta didik terhadap pemanfaatan TikTok sebagai media pembelajaran. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1270-1281. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/294.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran: inovatif, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik. Bandung: Pustaka Setia.

Puspitasari, A. C. D. D. (2021). Aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1127-1134. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1317.

Setiani, A., Priansa, D. J., & Kasmanah, A. (2015). Manajemen peserta didik dan model pembelajaran cerdas, kreatif, dan inovatif. Bandung: Pustaka Setia.

Wahyuni, D. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Sastra Melalui Perkembangan Era Digital. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 7(1). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.18268

Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, fungsi bahasa, dan konteks sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1-19. Retrieved from Microsoft Word -BING4214_M1_K2.doc (ut.ac.id).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.