Pemanfaatan Aplikasi YouTube Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Daring

Tantia Dwi Reni, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrakanak usia dini merupakan kelompok orang yang sedang berada dalam masa tumbuh dan berkembang. dalam penelitian ini memiliki tujuan dalam memanfaatkan aplikasi youtube sebagai motivasi belajar pada anak usia dini. Studi ini memanfaatkan teknik pustaka (library research) yang berarti merupakan teknik yang melibatkan tindakan dalam menghimpun informasi dari berbagai sumber. Data yang dipakai dalam kajian ini adalah data sekunder yang berasal dari buku dan artikel. YouTube merupakan sebuah situs yang memanfaatkan jaringan internet untuk menjalankan fiturnya, memungkinkan para pengguna untuk mengunggah dan menampilkan video, serta dapat diakses secara cuma-cuma oleh pengguna dari seluruh penjuru dunia dan dapat digunakan sebagai sarana pengajaran dalam konteks pembelajaran. Kesimpulan dari pembahasan yang telah ditulisnya, kesimpulan dari pembahasan yang telah ditulisnya, bisa diartikan bahwa youtube adalah platform yang memanfaatkan jaringan internet untuk mengoperasikan fiturnya,memfasilitasi pengguna untuk mengunggah dan menampilkan video, serta berfungsi sebagai alat bantu belajar. Selain itu terdapat langkah-langkah pemanfaatan YouTube sebagai media pembelajaran.

Kata kunciAnak usia dini, Aplikasi youTube, Motivasi belajar

 

 

 

 

 

AbstractEarly childhood is a group of people who are in a period of growth and development. in this study has the goal of utilizing the YouTube application as motivation to learn in early childhood. This study utilizes library research, which means that it is a technique that involves actions in gathering information  from  various  sources. The data used in this study is secondary data derived from books and articles. YouTube is a site that utilizes the internet network to run its features, allows users to upload and display videos, and can be accessed free of charge by users from all over the world and can be used as a teaching tool in a learning context. The conclusion from the discussion he has written, the conclusion from the discussion he has written, can be interpreted that YouTube is a platform that utilizes the internet network to operate its features, facilitates users to upload and display videos, and functions as a learning aid. In addition, there are steps to use YouTube as a learning medium.

Keywords Early childhood, YouTube app, Motivation for learning


Keywords


Early childhood, YouTube app, Motivation for learning

Full Text:

PDF

References


Arham, M. (2020). Efektivitas penggunaan youtube sebagai media pembelajaran. Academia Education, 1(1), 1-13.Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=manfaat+youtube+sebagai+media+pembelajaran &oq=manfaat+youtube#d=gs_qabs&t=1685453742678&u=%23p%3DszpvgLUO4cAJ

Lestari, F. M., & Behrozi, I. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Berbasis Youtube Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 di Masa Pandemi Covid-19. PEDIR: Journal of Elementary Education, 1(1), 11-22.Retieved from http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/article/view/2h

Mahendra, M. R. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran. Vocational Education of Building Construction, University of Jakarta, Jakarta, May, 1-4.Retieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kelebihan+media+youtub&btnG=#d=gs_qabs&t=1685369810922&u=%23p%3DZGlzmJ0KDikJ

Mansur, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Sejarah melalui Media Youtube. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya, 4(1), 60-76.Retieved from https://scholar.google.com/scholar?start=20&q=kekurangan+media+youtube&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1685374304835&u=%23p%3DAq1OQfiXI04J

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya , 5 (1), 34-45. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v5i1.64

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.588

Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97.http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.

Nanuru, R. F. (2017).YOUTUBE: Seni berwawasan teknologi modern. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2.C5&q=pengertian+youtube&oq=pengertian+you#d=gs_qabs&t=1685367263629&u=%23p%3D1JcmghhBB9UJ

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11. 10.31004/obsesi.v1i1.26

Priyanto, A. (2014). pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2).Retieved from https://scholar.google.com/scholar?start=0&q=pengertian+anak+usia+dini&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1685426518788&u=%23p%3Dl1GvAS7iGz4J 27-36.https://scholar.google.com/scholar?q=related:zH2VlzLMy0QJ:scholar.google.com/&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1685425799222&u=%23p%3DZMNGMdG-Q24J

Putra, G. L. A. K. (2019, February). Pemanfaatan animasi promosi dalam media youtube. In SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknologi) (Vol. 2, pp. 259-265).https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+youtube&oq=pengertian+you#d=gs_qabs&t=1685366827103&u=%23p%3DdIUgKzyfoKoJ

Rahmasari, H. (2020). Penggunaan media YouTube sebagai solusi media pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 23-41.https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11362

Rangkuti, H., & Sit, M. (2023). Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Islam Al Khairiyah Delitua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3757-3762.Retieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/6237

RASMAN, R. (2021). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris pada Masa Pandemi Covid 19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 118-126.https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.44

Salsabila, U. H., Rahmanti, N., Kasanah, I. N., & Kurniawan, D. S. (2022). Optimalisasi Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 92-114.https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.223

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Coins: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=upaya+menumbuhkan+motivasi+belajar &btnG=#d=gs_qabs&t=1685413244844&u=%23p%3DFlXNd-vOow4J

Suryana, D. (2014). Hakikat anak usia dini. Dasar-dasar pendidikan TK, 1, 5-10.Retieved from https://scholar.google.com/scholar?start=40&q=pengertian+anak+usia+dini&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1685362372065&u=%23p%3D-FKm269K6_cJ

Tampubolon, M. (2016). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Sabilal Rasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 1(1).Retieved from http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/52

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+motivasi &btnG=#d=gs_qabs&t=1685404587140&u=%23p%3DpD56sXqov3U

Wahidin, W. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(1).Retieved from http://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291

Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat media pembelajaran youtube terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538-545.https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.