Pengaruh Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro

Eko Budi Utomo, Andika Andika, Ahmad Alwi Shihab

Abstract


Abstrak—Pengguna smartphone di Indonesia mengalami peningkatan lumayan tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan memperoleh data primer mengunakan kuesioner. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Teknik pengambilan sampel mengunakan metode simple random sampling, sampel yang digunakan penelitian sebanyak 67 responden. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana nilai persamaan regresi Y = 0,945 + 0,644 ph, nilai b positif artinya jika persepsi harga berubah maka keputusan pembelian juga berubah nilainya. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,723 diartikan terdapat hubungan kuat antara variabel independen Persepsi Harga terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian. Koefisien determinasi sebesar 0,523 ini menunjukkan besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil uji t menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga diartikan variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai sig. 0,000 < 0,05.  

Kata kunci— Persepsi Harga, Keputusan Pembelian, Smartphone Xiaomi

 

 

Abstract—Smartphone users in Indonesia have increased quite high. This study aims to analyze the effect of price perceptions on Xiaomi smartphone purchasing decisions. This research method is quantitative by obtaining primary data using a questionnaire. The population of this study were students of the Economics Education Study Program, IKIP PGRI Bojonegoro. The sampling technique used simple random samplingmethod, the sample used in this study was 67 respondents. Based on the results of simple linear regression analysis, the value of the regression equation Y = 0.945 + 0.644 ph, the b value is positive, meaning that if the price perception changes, the purchasing decision also changes in value. The correlation coefficient value of 0.723 means that there is a strong relationship between the independent variable Price Perception and the dependent variable Purchase Decision. The coefficient of determination of 0.523 shows the magnitude of the influence of the independent variables on the dependent variable. Based on the results of the test, Ho is rejected and Ha is accepted, so it means that the price perception variable has a positive and significant effect on purchasing decisions because of the sig. 0.000 < 0.05.

Keywords— Price Perception, Purchase Decision, Xiaomi Smartphone


Keywords


Price Perception, Purchase Decision, Xiaomi Smartphone

Full Text:

PDF

References


Abim, M. C., & Maskur, A. (2023). Citra merek, kualitas produk, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 36 – 50. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5386.

Ah’sani, A. F., & Purnomo, H. (2022). Pengaruh citra merek, fitur, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada konsumen smartphone xiaomi) di Kabupaten Lamongan. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 2(2), 136-139. https://doi.org/10.21107/jkim.v2i2.16997.

Amilia, S., & Nst, M. O. A. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1). 660-669. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213.

Anissa, N., Zaini, O.K., & Ramdani, S.H. (2019). Pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone xiaomi (Studi kasus pada konsumen pengguna xiaomi di Kelurahan Harapan Jaya). Jurnal Online Mahasiswa Bidang Manajemen, 4(2), 1-13. https://jom.unpak.ac.id/index.php/ilmumanajemen/article/view/1323.

Darmansah, A., & Yosepha, S.Y. (2020). Pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi shopee di wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen UNSURYA, 1(1), 15-30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2.

Fauzi, A., Murdo, Y., & Pratomo, A. B. (2022). Pengaruh citra merek, fitur dan harga terhadap keputusan pembelian (Studi konsumen pengguna smartphone xiaomi di Kelurahan Bangunkerto Kapanewon Turi Kabupaten Sleman). Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Kewirausahaan, 18(01), 85-98. http://dx.doi.org/10.59112/ekowir.v18i01.205.

Retnowulan, J. (2017). Pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli smartphone xiaomi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 17(2), 139 – 145. https://doi.org/10.31294/jc.v17i2.2541.

Tobing, O. H. L., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh persepsi harga, varian, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi (Survey persepsi mahasiswa IBIK Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2). 95 – 104. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.330.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.